Home news Tips Mengajarkan Bahasa Arab Pada Anak Madrasah Aliyah

Tips Mengajarkan Bahasa Arab Pada Anak Madrasah Aliyah

11
0

Bahasa Arab jadi salah satu bhs asing yang kerap diajarkan di sekolah-sekolah, khususnya Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan terhitung Madrasah. Namun terkecuali masuk ke sekolah umum, anak bisa saja baru akan memperoleh Bahasa Arab di tingkat SMP atau SMA.

Anda sanggup terasa mengajarkan Bahasa Arab sejak dini untuk tingkatkan kecintaan kepada Al Quran. Jika berasal dari dini telah sanggup Bahasa Arab, maka disaat dewasa mereka akan mudah sadar pengetahuan yang lebih dalam.

Berikut ini ada sebagian langkah yang bisa Anda lakukan saat mengajari anak SD belajar Bahasa Arab atau bisa juga kursus arab pare:

Berlatih Mengucapkan Huruf Hijaiyyah
Langkah awal yang mesti dijalankan adalah mengenalkan huruf hijaiyyah. Anak mesti hafal huruf-huruf hijaiyyah sebelum belajar Bahasa Arab.

Tidak ada huruf vokal atau huruf konsonan pada bhs arab. Namun ada harokat yang terhitung mesti dipahami oleh anak.

Saat mengajarkan huruf hijaiyyah, Anda terhitung sanggup mengajarkan sebagian kosa kata Bahasa Arab yang mudah.

Targetkan Minimal Kosa Kata Per Hari
Setelah anak telah sanggup mengucapkan huruf hijaiyyah dengan baik, maka level belajarnya sanggup ditingkatkan. Cobalah menambahkan target pada sistem belajar anak.

Contohnya yakni menambahkan minimal kosa kata yang mesti dipelajari per hari. Paling tidak Si Kecil setiap harinya mesti mempelajari lima kosa kata baru.

Komunikasi dengan Bahasa Arab
Apabila Anda fasih berbahasa Arab, maka sering-seringlah mengajak mereka bicara Bahasa Arab. Mendengar dan mengucapkan secara langsung menunjang mereka lebih cepat sadar Bahasa Arab.

Bukan cuma kala bicara saja, disaat Si Kecil bermain sebaiknya terhitung pakai Bahasa Arab.

Meletakkan Tulisan Di Setiap Kosa Kata
Ingatan anak pada suatu hal lebih mudah hilang dibandingkan orang dewasa. Jika hari ini mereka telah hafal kosa kata tertentu, besok sanggup saja mereka telah lupa.

Untuk memelihara memori anak, Anda sanggup menempel tulisan Bahasa Arab di setiap kosa kata yang mesti mereka hafalkan. Contohnya meja sanggup ditempeli kertas bertuliskan “maktabun”, kursi adalah “kursiyyun”, dan lain sebagainya.

Itulah langkah belajar Bahasa Arab yang sanggup Anda terapkan kepada anak SD. Jika memang Anda idamkan Si Kecil fasih berbahasa Arab, masukkan mereka ke sekolah Islam layaknya Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Madrasah.