Home news 2 Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta

2 Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta

5
0

Perbedaan universitas negeri dan perguruan tinggi swasta di Indonesia perlu diketahui oleh calon mahasiswa sehingga mereka tidak keliru di dalam memilih pilihan.

Jika kamu adalah seorang calon mahasiswa, maka kamu perlu memahami perbedaan-perbedaan ini.

Jadwal Masuk Kuliah

Tanggal masuk kuliah untuk tiap-tiap universitas negeri bakal berjalan di dalam saat yang tidak berjauhan disebabkan prosedur pendaftaran dan tes penerimaan yang berjalan serentak. Dengan kata lain, mahasiswa baru tiap-tiap universitas negeri kebanyakan bakal jadi berkuliah pada tanggal yang berdekatan.

Hal ini berlainan bersama universitas swasta yang tiap-tiap menyelenggarakan tes penerimaan sendiri-sendiri, ada yang bahkan lebih dari satu gelombang ujian untuk jurusan tertentu. Dengan demikian, mahasiswa baru tiap-tiap universitas swasta kebanyakan bakal masuk pada tanggal yang mampu saja berlainan jauh.

Dari aspek jam masuk kuliah, mahasiswa universitas negeri kebanyakan kuliah berasal dari pagi hingga sore, Senin hingga Jumat. Adapun mahasiswa universitas swasta jam masuk kuliahnya kebanyakan berasal dari pagi hingga malam, dan ada juga yang masuk kuliah di akhir pekan.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Menyelesaikan Program Pendidikan

Pada 2014 lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan lebih dari satu ketetapan bahwasanya mahasiswa jenjang diploma empat maupun sarjana perlu menyelesaikan program pendidikan di dalam saat empat atau selambat-lambatnya lima tahun.

Demikian yang tercantum di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomer 49 tahun 2014.