Home Uncategorized Tips hemat dalam membangun rumah sendiri

Tips hemat dalam membangun rumah sendiri

10
0

Di masa sekarang ini sudah banyak dikembangkannya perumahan yang sudah siap huni. Akan tetapi tentu tak sedikit orang yang ingin membangun sendiri rumah impiannya. Karena jika membangun sendiri tentu sang pemilik bisa mendesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

Namun membangun rumah bukan suatu perkara yang mudah dan murah. Ditambah dengan kebutuhan pokoknya yang harus terpenuhi dan harganya yang selalu naik. Tak hanya budget, membangun rumah sendiri juga memakan waktu dan tenaga ekstra. Jadi harus bersabar dan telaten agar hasilnya pun berkualitas.

Dari yang disebutkan diatas sudah jelas jika banyak orang yang lebih memilih membeli rumah sejenis perumahan karena terkendala biaya untuk membangun rumah sendiri. Namun, bukan berarti jika ingin membangun sendiri rumah yang bagus harus mahal. Berikut adalah tips untuk membangun rumah sendiri dengan hemat biaya.

Anda butuh kusen aluminium dengan kualitas terbaik? Klik di kusen aluminium malang

Perencanaan pembangunan

Langkah awal untuk membangun rumah adalah merencanakan nya. Mulai dari dana, target waktu, ukuran bangunan, dan lain-lain. Rencana disini berfungsi sebagai pengendali berjalannya proses pembangunan, dan untuk berjaga jika ada penyimpangan selama pembangunan. Jika implementasi pembangunan berbeda dari rencana, sudah dapat dipastikan akan berdampak pada biaya lebih yang harus dikeluarkan.

 

Desain rumah minimalis

Saat ini rumah dengan desain minimalis telah menjadi trend disetiap daerah. Mulai dari perumahan dan pembangunan rumah senidiri. Alasan mengapa banyak yang tertarik dan menggunakan desain rumah minimalis adalah karena rumah dengan jenis ini dinilai lebih efisien untuk penggunaan bahan bangunannya. Selain itu meskipun rumah minimalis, namun tetap memiliki tampilan yang modern dan mewah.

 

Bentuk bangunan

Bentuk suatu bangunan juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kesulitan pembuatan bangunan dan biaya yang dibutuhkan untuk bahan bangunannya. Tingkat kesulitan bangunan bersudut dan lengkung memiliki resiko yang lebih tinggi sehingga ditakutkan dapat membuat bentuk suatu bangunan menjadi kurang sempurna. Dan jika suatu bangunan yang tidak sempurna akan sangat berpengaruh terhadap kualitasnya dan jika terdapat kerusakan maka akan membutuhkan waktu dan biaya lebih juga.

 

Riset harga bahan bangunan

Salah satu faktor biaya pembangunan yang besar adalah karena harga bahannya yang semakin tinggi, maka harus benar-benar memperhatikan dan mempertimbangkannya. Karena tentu kita tidak ingin membeli kualitas bahan yang kurang bagus karena akan mempengaruhi kualitas bangunan dalam jangka panjang ataupun jangka pendek. Karena harganya yang tinggi banyak orang yang menunda pembangunan rumahnya.

 

Selektif dalam memilih tukang bangunan

Dalam membangun rumah tentu dibutuhkannya jasa tukang bangunan. Mereka lah yang meracik dan memberikan hasil bangunan yang bagus serta berkualitas. Betapa pentingnya peran tukang maka biaya yang dibutuhkan pun juga besar. Karena kualitas kinerja tukang juga mempengaruhi kualitas bangunan yang dihasilkan. Maka harus sangat selektif dalam memilih seorang tukang.

Ingin melihat harga kusen aluminium termurah dengan kualitas tinggi? Klik di harga kusen aluminium malang sekarang juga

Ruangan multifungsi

Ruang multifungsi cenderung menjadi karakteristik dari rumah minimalis. Memiliki ruangan yang banyak juga akan membutuhkan biaya bahan bangunan yang lebih tinggi juga. Contoh dari ruang multifungsi adalah ruang keluarga yang digabung dengan ruang tamu, kamar dengan kasur tingkat juga akan menghemat ruang.

 

Sekarang anda tidak perlu khawatir untuk membangun rumah sendiri walau dengan biaya yang terbatas. Meski rumah yang anda miliki terbilang sederhana. Namun tetap terkesan dan terlihat modern serta mewah dan megah. Berapapun ukurannya dan bagaimana pun desainnya asal nyaman untuk ditinggali sudah lebih dari cukup dan lebih membahagiakan.