Home news Cara Membuat Saus Karamel Gula Merah yang Lezat

Cara Membuat Saus Karamel Gula Merah yang Lezat

13
0
cara membuat saus karamel gula merah

Pasti dari kalian ada yang tidak suka dengan lezatnya karamel? Padahal merupakan salah satu jenis saus populer biasa digunakan untuk cemilan manis atau makanan penutup. Puding, truffle, serta cake jadi lebih lezat dengan lelehan saus ini dan manis-asin bisa dijadikan berbagai jenis cheesecake, kukis, dan biskuit yang menggugah selera. Jangan sepele cara membuat saus karamel gula merah bukan perkara mudah, simak penjelasan singkat berikut.

Karamel dihasilkan dari lelehan gula yang warnanya kecokelatan namun semestinya berwarna kuning sawo yang indah, sebagian orang juga mengatakan kalau warnanya seperti koin tua. Tidak hanya itu, caramel sempurna memiliki kriteria penting yaitu warna dan rasa.

Cara pembuatannya adalah dimasak dulu sampai hampir terbakar, tapi rasanya tetap manis. Karamel basah dibuat dengan memasak air dan gula, saus ini kerap digunakan untuk melumuri apel. Sedangkan karamel kering teksturnya lebih keras yang dibuat dari lelehan gula dan sering dijadikan untuk membuat brittle, flan, dan praline.

Membuat saus karamel membutuhkan latihan, namun tidak perlu khawatir untung gula yang digunakan tidaklah mahal dan kalian bisa mengikuti petunjuk berikut. Kalian juga harus hati-hati tindakan pencegahan perlu dilakukan ketika memasak karamel, karena dapat menyebabkan kulit terbakar.

Cara Membuat Saus Karamel Gula Merah

1. Saus Karamel Butterscotch

cara membuat saus karamel hula merah
Butterscotch Sauce

Bahan-bahan

  • 200 gram gula merah
  • 4 sdm mentega tawar
  • 3 sdt ekstrak vanili
  • 120 ml heavy whipped cream
  • ½ sdt garam halus

Cara Membuat

  1. Siapkan panci lalu Masukkan gula merah, mentega, heavy whipped cream, dan garam halus kemudian aduk-aduk sampai tercampur dengan rata.
  2. Biarkan gula sampai leleh, tapi jangan diaduk. Saat saus karamel sudah mengeluarkan aroma dan warnanya berubah menjadi cokelat kecilkan api
  3. Panaskan lagi sebentar, selama 60 detik tapi panci sedikit diangkat dan digoyang-goyangkan.
  4. Beri vanili lalu diaduk-aduk sampai tercampur dengan Jika sudah, angkat dan matikan kompor.
  5. Jika ingin menyimpan saus karamel, diamkan terlenih dahulu sampai dingin, baru masukkan ke dalam wadah yang kedap udara.

2. Saus Karamel Gula Merah Buttermilk

Bahan-bahan

  • 200 gram gula merah
  • 6 sdt air perasan lemon atau jeruk nipis
  • 4 sdm mentega tawar
  • 100 ml air

Cara Membuat

  1. Taruh panci di atas kompor, kemudian masukkan gula merah dan air. Rebus dengan api berukuran kecil sampai gulanya benar-benar larut.
  2. Beri air perasan lemon atau jeruk nipis, mentega tawar, dan air lalu masak sampai semua bahan-bahan mendidih dan saus mulai
  3. Jika sudah mengental dan warnanya cokelat muda, segera angkat dari kompor. Kemudian dinginkan terlebih dahulu pada suhu ruangan. Simpan di dalam wadah kedap udara seperti toples.

3. Saus Karamel (Salted-Caramel Sauce)

cara membuat saus karamel gula merah
Salted-Caramel Sauce

Bahan-bahan

  • 200 gram gula merah
  • 120 ml heavy whipped cream
  • 4 sdm mentega tawar (butter)
  • ½ sdt garam halus

Cara Membuat

  1. Masukkan gula merah, whipped cream, mentega, dan garam di panci. Aduk sampai tercampur dengan Kemudian panaskan panci di atas kompor dengan api berukuran sedang.
  2. Biarkan gula meleleh dengan sempurna dan jangan pernah Begitu saus karamel mengeluarkan aroma harum dan warnanya berubah menjadi cokelat keemasan segera kecilkan apinya.
  3. Panaskan lagi selama 60 detik dengan panci diangkat sedikit dari kompor lalu goyang-goyangkan supaya karamel tidak gosong.
  4. Jika sudah, segera angkat dan matikan kompor. Kemudian tuangkan karamel ke dalam toples yang tahan panas sebelum ditutup diamkan dulu hingga
  5. Setelah itu simpan saus karamel yang sudah dibuat tadi ke dalam kulkas. Jika ingin menggunakan, panaskan sebentar hingga saus meleleh dan tuangkan.

Peringatan

  • Gula cair sangat panas dan lengket yang bisa menyebabkan kulit melepuh.
  • Perhatikan setiap saat untuk menghindari kecelakaan dan mencegah gula menjadi gosong.
  • Hindari memakai pakaian yang longgar dan jangan memakai perhiasan, karena bisa tersangkut yang mengakibatkan cedera.
  • Jika rambut kalian panjang, ikat ke belakang. Karena apabila rambut panjang yang terurai dapat menutupi pandangan, mengalihkan perhatian, dan juga tersangkut.

Itulah tadi cara mudah untuk membuat saus karamel dari gula merah, untuk lebih jelasnya kalian bisa mengunjungi cara membuat karamel gula merah. Semoga membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba.