Home Uncategorized Tips agar kamu hemat dalam membangun rumah

Tips agar kamu hemat dalam membangun rumah

149
0

 

Anda punya rencana ingin memiliki rumah sendiri? Baik anda membeli atau membangun rumah, keduanya memiliki persamaan. Banyak pertimbangan yang harus anda perhatikan sebelum anda memberikan keputusan.

Membangun rumah tentu memiliki proses yang lebih rumit daripada membeli rumah. Namun membangun rumah tentu akan menghemat biaya yang dibutuhkan. Akan tetapi anda harus menyiapkan tenaga dan waktu yang lebih lama pula, karena dibutuhkannya proses untuk membangunnya.

 

Tipe sesuai dengan kebutuhan dan anggaran

Sebelum anda membangun rumah tentu anda harus menentukan tipe rumah yang anda inginkan. Akan sangat bagus jika anda memilih tipe sesuai dengan budget dan juga kebutuhan anda.

Untuk menghemat biaya anda tentu harus memilih tipe rumah yang sederhana. Akan tetapi dengan tipe rumah yang sederhana bukan berarti tidak bagus. Jaman sekarang banyak tipe rumah minimalis dengan desain modern, sehingga sangat cocok dengan desain rumah jaman sekarang.

Jika anda ingin membeli tanah atau tipe rumah, anda harus memperhatikan lokasinya juga karena letak sebuah rumah juga akan sangat mempengaruhi harga beli nya juga. Akan lebih murah tanah yang terdapat di tepi kota atau daerah yang agak jauh dari pusat kota.

Anda butuh kusen aluminium? Klik di kusen aluminium malang

Survei harga material

Jika anda hendak membangun rumah, tentu anda membutuhkan material bangunan. Alangkah baiknya jika anda melakukan survei terhadap harga pasar dari bahan-bahan yang dibutuhkan. Karena masing-masing toko tentu memiliki harga sendiri, harga sendiri yang dimaksud bukan berarti setiap toko menjualnya dengan harga sembarangan. Akan tetapi setiap toko tentu memiliki nilai jual material yang berbeda pula.

Maka dari itu anda harus pintar-pintar memilih bahan dan harga nya. Jangan lupa untuk selalu melihat kualitas bahan yang anda beli. Karena jika anda membeli bahan dengan kualitas ringan maka dalam jangka waktu pendek anda tentu harus memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil yang diakibatkan kualitas bahan yang kurang bagus.

Pilih bahan bangunan yang berkualitas

Saat ini banyak bahan yang berkualitas akan tetapi memiliki harga yang murah. Selain itu juga banyak alternatif bahan yang dapat menggantikan bahan lainnya, seperti batako yang dapat menggantikan bata merah. Tetap saja bata merah jelas memiliki kualitas yang jauh dari batako. Akan tetapi batako juga bisa menjadi bahan alternatif untuk material karena harganya yang lebih murah.

Penggunaan bahan bangunan yang berkualitas tentu akan berdampak pada kualitas sebuah bangunan. Penggunaan bahan material yang kurang bagus akan mengakibatkan rumah menjadi cepat rusak dan membutuhkan biaya renov lebih. Hal itu dapat mengakibatkan biaya yang dibutuhkan menjadi lebih banyak.

Bahan yang berkualitas pun akan membuat semua penghuni rumah menjadi lebih nyaman, karena rumah akan terasa sejuk dan tidak lembab. Para penghuni rumah pun tidak perlu khawatir atau takut dengan kekokohan rumah tersebut.

Anda ingin kusen aluminium? Klik kusen aluminium di malang

Desain minimalis

Karena ingin menghemat biaya maka kemungkinan tanah yang dimiliki pun tidak terlalu luas, membuat seluruh penghuni merasa nyaman pun sudah lebih dari cukup pastinya. Dengan terbatasnya lahan tanah anda bisa melakukan pemilihan desain rumah minimalis dengan 2 lantai atau lebih. Selain itu penggunaan ruangan pun juga bisa dijadikan satu seperti ruang tamu yang bisa dijadikan ruang keluarga juga. Penataan ruang akan sangat membantu anda dalam menghemat lahan yang anda punya mengingat biaya yang ingin digunakan cukup terbatas.