Home news Macam Macam Rumput Untuk Pakan Kambing

Macam Macam Rumput Untuk Pakan Kambing

59
0
Betina Kambing Crossbreed

Pada pemberian pakan untuk ternak, rumput pasti masih menjadi pakan utama untuk keperluan nutrisi dari hewan ternak Anda. Dari isi kandungan nutrisinya yang cukup bermanfaat, mengenyangkan, dan ekonomis tentu menjadi pilihan para peternak. Meskipun begitu, ada banyak jenis rumput pakan ternak yang memiliki kandungan nutrisi berbeda-beda.

Semakin besar kandungannya nutrisinya, maka akan semakin baik pula untuk hewan ternak Anda. Belakangan ini ada 3 jenis rumput yang sering kali direkomendasikan sebagai pakan hewan ternak terbaik, yaitu rumput pakchong, odot, dan raja. Untuk mengetahui lebih jelas tentang ketiga rumput tersebut, yuk simak penjelasannya!

Jenis Rumput Yang Disukai Oleh Kambing

Semua rumput yakni memberikan manfaat yang baik untuk hewan ternak Anda, Tapi tersedia beberapa jenis yang lebih unggul daripada jenis lainnya. Berikut ini adalah jenis rumput pakan ternak terbaik, antara lain:

  1. Rumput Raja

Rumput raja mempunyai isi kandungan nutrisi yang tinggi, seperti protein kasar yang mencapai 11 persen dan serat kasar 25,48 persen. Dengan kandungan protein dan serat yang tinggi, maka rumput raja tentu menjadi pakan yang sangat baik untuk perkembangan ternak dan pencernaannya. Tak hanya itu, rumput  ini jika ditanam juga akan sering panen di mana setelah pemanenan pertama, rumput raja bisa dipaneni 2 sampai 3 minggu sekali.

  1. Rumput Pakchong

Rumput ini merupakan jenis rumput hibrid dari Thailand yang ditanam pertama kali oleh Prof. Dr. Krailas. Digadang-gadangkan sebagai jenis rumput unggul karena mengandung nutrisi yang besar. Setidaknya rumput pakcong mengandung 16,45 persen protein, lebih baik dari rumput taiwan dan rumput gajah. Dengan kandungan protein tinggi maka rumput pakchong tentu juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan ternak Anda.

  1. Rumput Odot

Rumput odot terkenal karena rasanya yang enak, sehingga digemari oleh hewan ternak. Perlu Anda ketahui, ternyata bukan hanya rasanya yang enak namun kandungan nutrisinya yang tinggi, yaitu protein sekitar 11 persen. Dengan kandungan nutrisi tinggi dan rasa yang enak, tak heran jika rumput odot menjadi pakan hijauan primadona untuk hewan ternak.

 

Pakan Ternak Kambing

Pakan hijauan menjadi pakan utama yang harus mempunyai jumlah relatif banyak dibandingkan oleh jumlah jenis pakan yang lain. Walaupun demikian, kambing juga bisa diberikan suplai nutrisi jika kebutuhan pakan utama tersebut ternyata masih belum dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kambing.

Pakan dari hasil sisa pertanian dan industri bisa menjadi pilihan paling tepat bagi hewan ternak yang mempunyai sistem cerna yang komplek macam kambing, dibandingkan pakan untuk binatang yang bukan merupakan jenis ruminansia.

Sementara untuk mencukupi kebutuhan protein untuk kambing, Kalian dapat menambahkan pakan konsentrat dan suplemen yang banyak akan mineral, protein, dan vitamin ternak.

Agar Cepat Gemuk

Pemberian pakan menggunakan konsentrat atau juga pakan dengan isi nutrisi tinggi tentu mempunyai biaya penggunaan yang lebih mahal. Tapi, pakan berupa suplemen atau juga konsentrat tersebut bakalan membantu pertumbuhan dan perkembangan ternak kambing.

Kambing pun bisa menjadi lebih cepat gemuk. Butuh dilihatkan bahwa pakan tambahan tersebut harus dimanfaatkan seefisien mungkin, agar output yang kalian dapatkan juga dapat membalikan biaya inputnya.

Terima kasih bagi anda yang sudah membaca artikel ini, yang membahas tentang apa saja pakan terbaik untuk kambing sampai dengan cara ber usaha ternak kambing yang bener. Untuk anda yang ingin memulai / membuka usaha ternak kambing jangan lupa untuk mengetahui dasar dasar untuk ternak, dan juga jangan lupa terus berdoa dan usaha. Kalau ada salah kata saya mohon maaf sebesar – besarnya. Assalamualaikum wr.wb