Home Kesehatan Mau Mencuci Masker Kain? Ini 3 Cara yang Bisa Diiikuti

Mau Mencuci Masker Kain? Ini 3 Cara yang Bisa Diiikuti

45
0

Masker kain mendadak menjadi barang primer di tengah pandemi Corona akibat langkahnya masker bedah atau masker N95. Terlebih lagi setelah Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker ketika bepergian, maka secara otomatis kebutuhan akan masker dari kain langsung melonjak. Selain karena masker yang terbuat dari kain tidak langkah dan mudah ditemukan, alasan lainnya mengapa masker tersebut menjadi sangat dibutuhkan adalah karena bisa dipakai berulang-ulang setelah dicuci dengan baik dan benar. Tetapi, tahukah Anda bahwa mencuci masker yang terbuat dari kain tidak boleh asal-asalan?

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membersihkan masker yang terbuat dari kain, salah satunya dengan membersihkannya secara rutin dengan menggunakan mesin cuci. Anda yang ingin membersihkan masker dari kain menggunakan mesin cuci, sebaiknya memasukkan masker tersebut lebih dulu di tas elastis, lalu kemudian masukkan sabun deterjen dan air panas untuk membunuh kuman yang ada di dalamnya. Selepas itu, Anda bisa masukkan masker ke mesin pengering dan jangan lupa untuk membersihkan mesin cuci Anda.

Selain mencucinya di mesin cuci, Anda bisa mencucinya di wastafel atau bak cuci piring. Namun caranya sama, Anda harus mengisi wastafel menggunakan air panas dan sabun, lalu rendam masker tersebut selama lima menit. Selepas itu, Anda bisa mengeringkan masker dan Anda baru bisa memakainya kembali jika masker sudah kering. Tidak hanya melalui mesin cuci atau wastafel, Anda juga bisa membersihkan masker Anda dengan memasukkannya ke dalam microwave dengan cara dry heat. Namun masker Anda harus terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar. Setelah memasukkan masker ke dalam, Anda bisa setting microwave pada suhu 158 derajat Fahrenheit selama kurang lebih 30 menit.