Home Tips Material bangunan yang paling penting

Material bangunan yang paling penting

28
0

 

Saat ini hampir semua orang pasti ada impian untuk memiliki rumah sendiri. Akan tetapi untuk membangun sebuah rumah tentu membutuhkan biaya dan waktu serta bahan-bahan yang hendak digunakan. Maka dari itu, anda harus sangat memperhatikan material bangunan yang akan dipakai untuk membangun atau merenovasinya. Anda tentu harus teliti dan memastikan kalau bahan yang digunakan tersebut berkualitas agar rumah anda bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

1. Batu bata merah

Batu bata merah adalah salah satu bahan bangunan yang sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah. Selain batu bata ada juga batako yang harganya lebih murah dibandingkan batu bata merah. Ada harga ada kualitas, tentu tidak bisa dipungkiri kalau kekuatan bata merah lebih kuat daripada batako.

2. Semen

Semen juga adalah bahan yang sangat penting. Semen berfungsi sebagai perekat antar batu bata agar dinding rumah bisa berdiri kokoh. Selain itu material semen juga berfungsi untuk merekatkan keramik. Sebelum digunakan tentu semen harus dicampur dengan bahan lainnya seperti air dan pasir. Anda harus benar-benar memperhatikan perbandingan bahan-bahan tersebut agar bisa melekat dengan sangat baik seingga rumah berdiri kokoh.

 

Anda membutuhkan kusen aluminium? Klik di kusen aluminium malang

 

3. Pasir

Bahan berikutnya adalah pasir. Pasir berfungsi untuk bahan campuran semen. Pasir pun memiliki kualitas tertentu, biasanya pasir yang bagus memiliki ciri bentuk butirannya yang tajam. Karena akan memperkuat dalam pelekatan pada pondasi dan dinding. Selain itu pasir yang bagus memiliki ciri jika dikepal pasir tersebut menggumpal berarti kualitas pasir tersebut kurang bagus. Untuk memilih pasir hindari pasir yang memiliki kandungan lumpur lebih dari 5%.

4. Besi

Besi dalam material bangunan memiliki fungsi sebagai kerangka untuk konstruksi rumah. Besi juga memiliki ukuran yang berbeda, dan berbeda pula fungsinya. Besi juga memiliki berbagai jenis permukaan seperti ulir, polos, kanal. Untuk pemasangannya kerangka besi akan dimasukkan kedalam pondasi lalu diisi dengan adonan semen dan pasir.

 

Ingin mengetahui berbagai harga kusen? Klik di harga kusen aluminium malang

 

5. Kayu & Triplek

Hingga saat ini kayu masih populer digunakan untuk kerangka rumah. Kayu juga memiliki berbagai jenis dan berbeda kualitas pula. Jika hendak memilih kayu sebaiknya anda memperhatikan kandungan airnya tidak lebih dari 20%. Dan agar kayu tidak mudah lapuk maka perlu dilakukan proses pengovenan.

Selain kayu biasa, triplek juga biasa digunakan dalam membangun rumah. Seperti lapisan luar sebelum proses pengecoran, hal ini dilakukan agar bahan cor tidak tumpah kemana-mana.

6. Genteng

Sebagai penutup atas rumah agar tidak panas dan kehujanan, genteng juga merupakan bahan bangunan yang sangat dibutuhkan. Hingga saat ini banyak genteng yang terbuat dari tanah liat.

7. Paku

Sebagai pelengkap dalam pemasangan kayu-kayu, paku tentu sangat dibutuhkan agar kayu-kayu bisa menyatu antara satu sama lain. Dalam pemasangan keramik paku juga dibutuhkan untuk memasang tali yang berfungsi untuk alat pemandunya.

8. Pipa

Untuk saluran air, pipa tentu sangat diperlukan dalam setiap rumah. Baik itu untuk di kamar mandi, watafel dan saluran air dari PDAM atau sumur. Selain untuk saluran air, pipa juga digunakan dalam saluran pembuangan dari kamar mandi.

9. Keramik

Keramik sangat dibutuhkan dalam membangun rumah. Keramik juga memiliki berbagai jenis dengan kualitas yang berbeda juga tentunya. Anda harus teliti dalam memilih keramik, agar keramik bisa tahan lama dan cocok dengan ruangan yang dibutuhkan. Seperti keramik kasar untuk kamar mandi, hal ini dilakukan agar lantai kamar mandi tidak licin sehingga tidak membahayakan untuk orang yang sudah lansia dan anak-anak.