Home Kesehatan Macam Gangguan Kesehatan Yang Sering Dialami Oleh Bayi Prematur

Macam Gangguan Kesehatan Yang Sering Dialami Oleh Bayi Prematur

214
0
gangguan kesehatan pada bayi prematur

Tidak dipungkiri, bayi prematur (kelahiran sebelum usia kelahiran normal) sering mengalami gangguan kesehatan. Namun demikian, ada juga beberapa kasus bayi prematur tanpa gangguan kesehatan yang berarti. Berikut ini, beberapa gangguan kesehatan yang umumnya terjadi pada bayi prematur.

Gangguan Kesehatan Pada Bayi Prematur

1# – Hipotermia

Hipotermia adalah gangguan pada suhu tubuh bayi. Bayi baru lahir dengan kondisi yang normal umumnya secara langsung bisa menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan. Lain halnya dengan bayi yang mengalami gangguan Hiportermia ini. Suhu tubuh bayi tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga suhu bayi turun drastis. Hal ini akan sangat berbahaya apatbila dibiarkan. Salah satu cara penanganan Hipotermia adalah terapi menggunakan alat penghangat bayi atau Infant Warmer.

2# –  Hiperbilirubinemia (Bayi Kuning)

Tentu kita tidak terlalu asing dengan istilah “Bayi Kuning”. Ya, memang penyakit ini sering terjadi pada bayi prematur karena sistem organ yang belum sempurna. Bayi Kuning terjadi karena bilirubin di dalam darah terlalu tinggi. Bilirubin merupakan hasil sisa metabolisme yang seharusnya dihancurkan oleh organ hati. Karena organ hati belum sempurna, maka terjadi penumpukan yang melebihi batas normalnya. Penyakit bayi kuning dengan kondisi ringan bisa ditangani dengan terapi lampu Fototerapi cahaya biru untuk membantu memecah bilirubin.

3# – Gangguan Pernafasan

Karena organ paru – paru nya yang belum sepurna, bayi prematur kerap kali mengalami gangguan pernafasan. Baik ringan hingga berat. Dalam hal ini, mau tidak mau harus menggunakan alat bantu pernafasan entah itu menggunakan CPAP atau Ventilator. Seiring berjalannya waktu, apabila proses pertumbuhanya optimal, bayi tidak lagi berbantung pada alat bantu karena organ pernafasannya sudah berfungsi secara normal.

Tetntunya masih ada lagi ganggan – gangguan yang terjadi pada bayi prematur secara umum. Baik ringan, sedang ataupun berat. Dalam hal ini kita harapkan pihak – pihak terkait seperti rumah sakit secara khusus dan umumnya pemerintah untuk ikut serta dalam mensuport alat – alat untuk penanganan bayi prematur yang mengalami masalah kesehatan. Sekian, sermoga bermanfaat !