Home bisnis Jawaban atas pertanyaan paling umum tentang Riset Pasar untuk Anda

Jawaban atas pertanyaan paling umum tentang Riset Pasar untuk Anda

95
0

Ketika dunia bisnis berubah, semakin banyak pengusaha yang beralih ke riset pasar untuk menemukan informasi penting dan membuat keputusan yang cerdas. Riset pasar membantu perusahaan belajar tentang pelanggan mereka saat ini dan calon pelanggan, menemukan tren dan peluang pasar, dan mencari tahu bagaimana kinerja pesaing mereka. Berikut adalah beberapa jawaban atas pertanyaan yang sering dimiliki orang tentang riset pasar, yang bisa menjadi proses yang rumit.

1. Bagaimana saya memulai?

Langkah pertama adalah belajar sebanyak mungkin tentang perusahaan dan segmen pasar Anda. Berikan perhatian khusus pada faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian pelanggan target Anda. Anda juga dapat menemukan data dari perusahaan riset swasta di berbagai database, seperti Pusat Informasi Bisnis Indonesia.

2. Apa saja jenis penelitian yang saya butuhkan?

Jenis penelitian apa yang Anda lakukan tergantung pada jenis informasi yang Anda inginkan. Sebagian besar riset pasar dilakukan dengan tiga cara: kualitatif, kuantitatif, dan eksperimental. Penelitian kualitatif memberikan gambaran umum tentang pola atau tren di pasar. Misalnya, kelompok fokus adalah cara yang baik untuk mengetahui apa yang dipikirkan calon pelanggan secara umum. Penelitian kuantitatif melihat lebih dekat pada bagian-bagian tertentu dari pasar. Misalnya, survei dapat memberikan informasi tentang bagaimana pelanggan berpikir, merasa, dan bertindak ketika mereka membeli. Eksperimen dilakukan untuk melihat seberapa baik produk, layanan, atau kampanye iklan bekerja.

3. Bagaimana saya memilih perusahaan?

Memilih perusahaan riset pasar yang tepat adalah bagian penting untuk membuat proyek Anda sukses. Mintalah rekomendasi dari pemilik perusahaan dan kelompok industri lain untuk menemukan perusahaan dengan keterampilan dan pengalaman yang tepat. Mintalah perusahaan potensial untuk contoh proyek serupa yang telah mereka kerjakan di masa lalu. Pastikan perusahaan mengetahui perusahaan Anda dan pelanggan ideal Anda dengan baik dan memiliki rencana yang solid untuk melakukan penelitian dan menganalisis data.

Sebagian besar, seorang riset pasar bekerja untuk sebuah agensi, yang kemudian dipekerjakan oleh klien. Ada banyak perusahaan lain di Kota Depok yang membutuhkan seorang yang memiliki kemampuan untuk riset pasar. Anda bisa melihatnya segera di iklan lowongan kerja Depok ini.

4. Berapa biaya untuk melakukan riset pasar?

Berapa biaya untuk melakukan riset pasar tergantung pada jenis studi yang ingin Anda lakukan dan perusahaan yang Anda pilih untuk bekerja. Anda mungkin dapat menemukan beberapa penelitian dasar gratis atau murah tentang bahasa Indonesia. Jika Anda ingin melakukan penelitian yang lebih mendalam, biayanya mulai dari $1.000 hingga $5.000 untuk proyek kecil hingga lebih dari $50.000 untuk studi penelitian besar.