Home Kesehatan 5 Tips Singkat Menormalkan Tekanan Darah

5 Tips Singkat Menormalkan Tekanan Darah

8
0
cara menjaga tekanan darah tetap normal

Cara menjaga tekanan darah tetap normal bisa dibilang gampang – gampang susah. Pasalnya penderita harus meninggalkan hal – hal yang cenderung disukainya. Namun demikian, tekanan darah memang harus wajib dijaga agar selalu normal. Karena tekanan darah sangat dapat berpengaruh terhadap berbagai macam penyakit lain seperti penyakit jantung. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi informasi ringan seputar tips mudah menjaga tekanan darah tetap normal. 

  1. Kurangi Asupan Garam 

Bukan hanya asupan garam harian namun juga makanan – makanan dengan rasa asin dan gurih yang berasal dari bumbu – bumbu yang tajam. Hampir semua orang mengetahui bahwa garam sangat berpengaruh terhadap tekanan darah, khususnya bagi mereka yang sudah memiliki tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, cara yang logis, pastinya membatasi asupan garam dapur. 

  1. Istirahat Yang Cukup

Kelelahan atau sering begadang sangat berpengaruh terhadap metabolisme tubuh kita. Hal ini akan berimbas pada tidak normalnya tekanan darah. Kita membutuhkan pola istirahat yang normal untuk menjaga agar tekanan darah dapat terkontrol. Oleh sebab itu, hendaknya mengatur jadwal kerja yang baik agar anda bisa istirahat secara teratur dan cukup. 

  1. Banyak Memakan Buah Dan Sayur

Diet natrium (garam) akan sangat baik apabila diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayuran. Anda bisa mengkonsumsi buah – buahan seperti Apel, Alpukat, dan banyak buah lainnya. Untuk Sayur anda bisa memakan jenis kacang – kacangan dan sayuran yang berwarna hijau. 

  1. Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah dapat diketahui dengan menggunakan alat yang disebut Tensimeter. Apabila anda kerepotan harus pergi ke dokter setiap saat, saya sarankan anda membeli alat ukur tekanan darah sendiri yang bisa anda gunakan sewaktu – waktu. Anda bisa membeli di toko alat kesehatan dekat rumah anda. Dengan begitu, anda akan dengan mudah mengetahui bagaimana kondisi tekanan darah anda saat itu. 

  1. Rutin Meminum Obat Sesuai Petunjuk Dokter

Untuk anda yang menderita tekanan darah tinggi, dokter akan meresepkan anda obat yang akan anda minum secara teratur setiap hari. Agar tekanan darah anda tetap normal, maka anda harus rajin dan rutin meminumnya. 

Nah, itulah tips sederhana dan singkat cara menjaga tekanan darah tetap normal. Tips diatas akan lebih baik lagi apabila diimbangi dengan olahraga secara teratur. Sekian, semoga bermanfaat !