Home Kesehatan Aneka Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Ampuh dan Aman

Aneka Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Ampuh dan Aman

204
0
bau badan

Biasanya, bau badan muncul saat seseorang banyak berkeringat. Namun, pemicu bau badan ternyata bukan keringat itu sendiri, melainkan bakteri yang ada di kulit. Ketika berkeringat, maka bakteri pada kulit akan memecah protein pada keringat menjadi zat asam. Itulah yang menyebabkan aroma badan menjadi tidak sedap. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau badan?

Inilah 5 Cara Menghilangkan Aroma Badan Tidak Sedap

Mandi secara teratur

Cara paling mudah untuk menghilangkan bau badan adalah mandi secara teratur, yaitu 2 – 3 kali dalam sehari. Cara sederhana ini sangat ampuh untuk membantu menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Saat mandi, pastikan Anda membersihkan arena badan yang sering berkeringat.

Pakai sabun antibakteri

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penyebab bau badan tidak sedap adalah bakteri yang menumpuk di kulit. Maka dari itu, cara menghilangkan bau badan adalah dengan membunuh bakteri itu sendiri. Caranya adalah dngan menggunakan sabun antibakteri.

Keringkan badan setelah mandi

Selesai mandi, Anda harus selalu mengeringkan badan secara benar. Artinya, badan harus benar-benar kering dari sisa air. Terutama pada bagian tubuh yang menghasilkan banyak keringat, seperti ketiak. Caranya yaitu dengan mengusap lembut area tersebut menggunakan handuk sampai kering.

Gunakan pakaian bersih dan menyerap keringat

Untuk menegah bau badan, pastikan Anda menggunakan pakaian yang bersih dan mampu menyerap keringat dengan baik. Apalagi jika akan melakukan aktivitas di luar ruangan yang biasanya menyebabkan tubuh berkeringat. Contoh pakaian yang menyerap keringat adalah terbuat dari katun.

Gunakan deodoran

Bau badan tidak sedap biasanya dikaitkan dengan bau keringat di ketiak. Area tubuh yang satu ini memang dapat mengeluarkan keringat lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya. Untuk mencegah bau ketiak, Anda bisa menggunakan antiperspiran atau deodoran.

Dengan melakukan 5 langkah sederhana di atas, maka Anda akan terhindar dari bau badan yang tidak sedap. Selain itu, jangan lupa gunakan parfum secukupnya agar badan bisa tetap wangi seharian. Memperhatikan asupan makanan juga penting karena ada beberapa makanan yang memicu bau badan.