Home Uncategorized Cara Membuat Kue Kering Choco Chip

Cara Membuat Kue Kering Choco Chip

157
0
Cara Membuat Kue Kering Choco Chip

Halo, bertemu lagi dengan saya di artikel cara membuat kue kering choco chip ini. Langsung saja simak artikelnya.

Cara Membuat Kue Kering Choco Chip

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 30 gram cokelat bubuk
  • 200 gram margarin
  • 150 gram gula halus
  • 3 butir kuning telur
  • Bahan Pelengkap:
  • choco chips secukupnya

Cara Membuat Kue Kering Choco Chip:

  1. Campurkan 300 gram tepung terigu, 25 gram tepung maizena, 30 gram cokelat bubuk, ayak. Sisihkan.
  2. Masukkanlah margarin serta gula halus ke wadah, kocok dengan menggunakan mixer sampai tercampur lembut dan berwarna pucat. Masukkan telur satu per satu sambil tetap terus dikocok.
  3. Masukkan bahan 300 gram tepung terigu, 25 gram tepung maizena, 30 gram cokelat bubuk sedikit demi sedikit ke dalam bahan 200 gram margarin, 150 gram gula halus,3 butir kuning telur, aduk rata dengan spatula.
  4. Siapkan loyang. Panaskan oven. Oles margarin tipis saja. Ambil sejumput dan tekan-tekan di loyang. Beri topping choco chips.
  5. Panggang selama 15 menit atau hingga matang. Keluarkan dari oven, biarkan dingin.
  6. Kemas di dalam wadah toples.
Baca Juga : Cara Bikin Bistik Daging Sapi yang Simple

Fakta Tentang Choco Chips

1. Ditemukan Pertama Kali di Amerika

Melansir dari mentalfloss pertama kali choco chips  ditemukan kurang lebih sekitar pada tahun 1937 oleh seorang wanita bernama Ruth Grave Wakefield. Yang mana beliau merupakan seorang pemilik penginapan bernama Toll House Inn yang ada di Massachusetts, Amerika Serikat.

2. Dibuat Karena Sebuah Kecelakaan

Mengutip dari laman yang sama, dikisahkan jika suatu hari ketika Ruth Wakefield ingin membuat salah satu signature dish andalannya yaitu Butter Drop Do untuk para tamunya, ia kekurangan bahan.

Daripada membuang setengah adonan yang telah jadi, ia mencoba untuk mengganti coklat biasa yang ia gunakan dengan potongan coklat yang kecil-kecil. Ruth Wakefield terkejut ketika mendapati potongan coklat tersebut tidak leleh saat di panggang.

3. Memiliki Warna dan Bentuk yang Unik

Choco chips yang secara umum dijumpai di pasaran ialah memiliki warna coklat dan bentukmya seperti tetesan air. Namun, saat ini bila kita mengunjungi toko roti kita akan mendapati bahwa ada lebih dari satu warna serta bentuk dari choco chips.

Salah satunya ialah bentukmya bulat pipih seperti kancing. Ada yang berwarna putih, coklat bahkan bermacam warna, bahkan ada yang berbentuk seperti hati.

4. Tidak Meleleh Ketika Dipanggang

Hal yang dapt membuat choco chips tidak meleleh saat dipanggang ialah terletak pada bahan utama pembuatannya. Choco chips terbuat dari campuran coklat bubuk serta cocoa butter dengan perbandingan lebih banyak coklat bubuknya daripada cocoa butter.

Mengutip dari joyofbaking tenyata choco chips hanya mengandung 20-30% cocoa butter.

5. Tidak Berubah Warna Saat di Dalam Oven

Tak hanya itu, keunikan lain yang membuat choco chips menarik ialah tidak akan berubah warna saat dipanggang. Hal ini disebabkan dalam choco chips ditambahkan dengan zat penguat alami yang membuatnya dapat tetap mempertahankan bentuk atau pun warna saat proses pemangganggan.

6. Digunakan Sebagai Taburan

Choco chips yang umumnya dijumpai adalah sebagai taburan untuk dessert, cookies  minuman sekalipun. Selain karena rasanya yang memang enak, bentuknya yang berukuran kecil dapat menambah estetika dari hidangan tersebut.

Semoga cara membuat kue kering choco chip dan fakta tentang choco chip ini bermanfaat.

Semoga cara membuat kue kering choco chip dan fakta tentang choco chips dapat bermanfaat. Kunjungi juga Cara Membuat Kacang Coklat Untuk Lebaran Manis.