Home news Apa Itu Digital Marketing: Pengertian dan Manfaatnya

Apa Itu Digital Marketing: Pengertian dan Manfaatnya

82
0

Apa Itu Digital Marketing- Dengan banyaknya media digital di sekitar kita, sudah jelas bahwa pemasaran digital merupakan cara pemasaran yg sangat efektif. Lingkungan pemasaran digital meliputi saluran komunikasi yang tak jarang lagi kita jumpai baik melalui internet juga melalui jaringan lain misalnya telepon dan televisi.

Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing

Dalam bahasa Indonesia, pengertian digital marketing adalah pemasaran online. Strategi ini memungkinkan anda untuk mempromosikan dan menjual produk di berbagai medsos. Pernahkah anda melihat iklan waktu mengunjungi situs web? Atau pernah melihat iklan di TV? Atau bahkan menelepon departemen penjualan perusahaan? Betul, namanya digital marketing.

Lebih lanjut berdasarkan para ahli, pemasaran digital merupakan penggunaan perangkat, didukung teknologi digital dan koneksi internet, untuk mencapai tujuan pemasaran (Rob Thompson menurut Trendjackers). Oleh lantaran itu, definisi pemasaran digital bisa diringkas menjadi aktivitas pemasaran yg memakai jaringan & teknologi digital buat mencapai tujuan pemasaran tertentu.

Kini, beberapa perusahaan sudah mulai menerapkan sistem online untuk menjangkau basis pelanggan yang lebih luas. Pengguna internet yg mencapai 59,5% pada semua global juga mendorong pertumbuhan platform e-commerce & transaksi online lainnya.

Manfaat Digital Marketing

Digital Marketing

1. Orientasi Pasar Yang Lebih Tepat

Dengan menggunakan berbagai alat pemasaran digital yang dirancang sedemikian rupa, Anda bisa mendapatkan informasi akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna di segmen pasar tertentu atau produk dan layanan yang Anda tawarkan. Dari sini Anda bisa menyusun strategi yang paling tepat untuk target pasar Anda sehingga eksekusinya lebih efektif.

2. Evaluasi Strategi Data

Setelah strategi pemasaran digital Anda diterapkan, Anda akan melihat skor dan analisis pemasaran Anda. Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran sebelumnya menggunakan data seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan, dll. Berdasarkan informasi akurat ini, nantinya Anda bisa meningkatkan efektifitas kampanye sehingga angka penjualan meningkat.

3. Bisa Menjangkau Hampir Semua Pasar

Seperti yang anda ketahui, dunia online tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan sepanjang tahun, jaringan digital ini selalu terkoneksi ke berbagai belahan dunia. Jadi, pemasaran digital adalah jalan yang harus ditempuh karena Anda dapat menjangkau dan terhubung dengan pelanggan dari seluruh dunia kapan saja dan di mana saja.

Alhasil, layanan atau produk yang Anda tawarkan selalu tersedia dan dapat dibeli pelanggan kapan saja.

4. Biaya Lebih Rendah

Anggaran yang harus Anda keluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah daripada strategi pemasaran tradisional. Tidak perlu mencetak poster atau membuang uang untuk iklan yang tidak efektif atau tepat sasaran.

Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara organik tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk iklan. Misalnya, jika Anda sudah memiliki situs web atau blog menggunakan WordPress, Anda dapat mencoba meningkatkan peringkat online Anda di Google.

5. Meningkatkan Reputasi Merek

Tentu saja, seiring bertambahnya jumlah pengguna internet dan platform internet, Anda dapat meningkatkan reputasi merek Anda melalui pemasaran digital. Sebagian besar pembeli biasanya terlebih dahulu mencari produk atau layanan secara online sebelum melakukan pembelian.

Dengan pemasaran digital, calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan bisnis Anda dan merasa yakin bahwa merek Anda dapat dipercaya, yang pada akhirnya meningkatkan penjualan online Anda.

Menggunakan jasa digital marketing merupakan salah satu solusi untuk kesuksesan bisnis. Pelayanan yang praktis dan cepat ini memiliki banyak keunggulan. Gunakan jasa pemasaran dalam bisnis Anda untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan masa depan bisnis yang lebih cerah. Mulai pemasaran online sekarang untuk memaksimalkan promosi merek anda. Semoga bermanfaat.