Home news Apa Itu Bisnis Online, Jenis , dan Manfaatnya

Apa Itu Bisnis Online, Jenis , dan Manfaatnya

81
0
Apa Itu Bisnis Online, Jenis , dan Manfaatnya

Apa Itu Bisnis Online, Jenis , dan Manfaatnya. Bisnis online adalah jenis bisnis yang semakin diminati. Bukan hanya karena mendatangkan banyak uang, menjalankan bisnis online tidak begitu sulit.

Apakah Anda juga ingin mencoba? Tapi masih ingin tahu seperti apa e-commerce itu?

Untungnya, Anda datang ke tempat yang tepat! Pada artikel ini, Saya akan menjelaskan apa itu bisnis online. Mulai dari pengertian e-commerce, jenis-jenis e-commerce, hingga manfaat e-commerce. Penasaran kan? Ayo, mari kita mulai!

Seperti namanya, e-commerce adalah kegiatan bisnis melalui internet. Ini berarti kegiatan bisnis seperti pembelian, layanan pelanggan, pemasaran, dll. dilakukan secara daring.

Menariknya, Anda bisa menjual berbagai jenis produk melalui ide bisnis online. Mulai dari barang, jasa, produk digital.

Padahal, tidak ada batasan dari mana calon konsumen produk itu berasal. Memang pembeli produk bisa datang dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Oleh karena itu, dengan bisnis online, Anda tidak perlu membuka toko atau toko layaknya bisnis offline. Yang harus Anda lakukan adalah menjalankan bisnis dengan membuat situs web toko online melalui WooCommerce, media sosial, atau tutorial marketplace.

Anda juga dapat mengelola bisnis Anda dari rumah atau di manapun Anda inginkan.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memulai bisnis online. Nyatanya, ada beberapa bisnis online tanpa modal yang bisa dibuat dan menguntungkan, lho!

Misalnya, bisnis online Anda mungkin termasuk menjual produk orang lain (dropshipping), mendapatkan komisi dengan bergabung dengan afiliasi, dan banyak lagi.

Jadi tidak heran jika banyak orang yang membangun bisnis online secara massal bukan?

Apa Itu Bisnis Online, Jenis , dan Manfaatnya

Jenis Bisnis online

Ada tiga jenis perdagangan online tergantung pada platform yang digunakan penjual, yaitu:

1. Bisnis online di Situs Web

Jenis perdagangan online yang pertama adalah perdagangan online di situs web. Peluang bisnis online ini mengandalkan website sebagai tempat penjualannya.

Nah, seperti toko, tapi versi online. Artinya pengunjung dapat melihat informasi produk langsung dari website, melakukan transaksi, menghubungi penjual, dan lainnya.

Berbisnis online lewat website itu hebat dalam dunia bisnis lho. Hal ini dikarenakan website memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis bisnis online lainnya. Dari branding yang lebih baik, pemasaran yang lebih luas, kebebasan desain, dan banyak lagi.

2. Bisnis Online di Jejaring Sosial

Awalnya, jejaring sosial hanya digunakan sebagai sarana komunikasi sosial. Namun, Anda sekarang dapat memanfaatkan media sosial untuk bisnis.

Anda pasti sering melihat akun yang mempromosikan produknya di feed Anda?

Nah, alasan utama mengapa bisnis online media sosial begitu populer adalah karena sangat mudah untuk memulainya. Anda dapat menggunakan akun pribadi Anda yang sudah ada dan langsung mulai menjual.

Namun, lebih baik menggunakan akun bisnis karena fitur yang tersedia mendukung bisnis online Anda. Misalnya, fitur yang membantu melacak performa bisnis, melihat demografi pembeli, dan lainnya.

Singkatnya, cukup pilih gambar produk terbaik Anda, isi deskripsi singkat dan menarik, tetapkan harga dan… terbitkan!

Jika calon pembeli tertarik, cukup tinggalkan komentar atau kirim pesan pribadi (DM).

Alhasil, banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk menjual produk rumahan atau homemade.

Sayangnya, dibalik segala kemudahannya, social e-commerce juga memiliki kelemahan.

Salah satunya adalah kontrol desain terbatas yang Anda miliki. Seolah-olah toko online Anda terlihat seperti akun pribadi lainnya. Memang untuk sebuah bisnis, tampil stand out atau menonjol adalah hal yang penting, apalagi jika persaingan Anda sedang banyak.

3. Bisnis Online di Market

adalah platform yang bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk transaksi online. Dengan kata lain, pasar online.

Contoh pasar di Indonesia yang perlu Anda ketahui antara lain Tokopedia, Bukalapak dan Blibli.

Memulai bisnis online di marketplace juga sangat populer karena mudah dan gratis. Yang harus Anda lakukan adalah memilih pasar, membuat akun, menginstal produk, dan menunggu pembeli datang dan berdagang.

Selain itu, juga menawarkan berbagai produk lain di pasaran. Mulai dari produk fisik seperti pakaian, elektronik, makanan dan minuman, hingga produk jasa seperti biro perjalanan dan pernikahan.

Namun, Anda harus benar-benar sabar saat memutuskan untuk terjun ke bisnis online jenis ini. Kenapa begitu?

Hal ini karena persaingan di pasar sangat sengit dan terjadi perang harga yang sengit.

Juga, jika produk yang Anda jual cukup umum, seperti fashion atau aksesoris handphone. Ini karena margin keuntungan yang Anda hasilkan akan terlalu ketat.

Baca Juga: Macam – Macam Bisnis Online Ide dan Manfaatnya

Manfaat Bisnis Online

Nah, dengan mengetahui jenis-jenisnya, mari kita lihat beberapa keuntungan bisnis online:

1. Hemat Biaya

Anda bisa memulai bisnis online dengan gratis. Jika harus mengeluarkan uang, jumlahnya tidak terlalu banyak. Untuk apa?

Pertama, bisnis online tidak mengharuskan Anda menyewa ruang atau toko. Anda dapat menggunakan rumah Anda sendiri untuk menyimpan barang. Bahkan, pada beberapa jenis model bisnis online, Anda tidak memerlukan lokasi sama sekali, seperti Dropshipper.

Selain itu, promosi bisnis online juga cenderung lebih murah. Lupakan billboard, iklan cetak atau televisi yang membutuhkan banyak uang.

Dengan bisnis online, Anda bisa beriklan secara gratis, misalnya dengan menulis artikel tentang produk Anda, hingga memanfaatkan Google Adwords yang pembayarannya dikenakan biaya per klik.

2. Fleksibilitas Bisnis online

juga sangat fleksibel untuk dijalankan. Anda dapat menjalankannya dari berbagai belahan dunia selama Anda memiliki koneksi internet dan laptop.

Selain itu, jam buka bisnis online juga sangat fleksibel. Anda bebas mengatur jam buka atau tutup toko, bahkan selama 24 jam berturut-turut.

Demikian pembahasan mengenai artikel Apa Itu Bisnis Online, Jenis , dan Manfaatnya dari saya semoga bermanfaan dan terimakasih.