Home makanan Cara Membuat Makanan dari Jagung mudah dan enak

Cara Membuat Makanan dari Jagung mudah dan enak

91
0
Cara Membuat Makanan dari Jagung

Cara Membuat Makanan dari Jagung – Dari apa kamu bisa membuat jagung? Sebelum menjawab pertanyaan ini, mari kita pelajari dulu tentang jagung manis dan berbagai manfaatnya.

Jagung manis (Zea mays convar. saccharata var. rugosa) merupakan jenis jagung dengan kadar gula lebih tinggi dibandingkan jagung biasa. Varietas jagung ini juga dikenal sebagai jagung manis, jagung manis, jagung manis dalam dunia pertanian.

Berbeda dengan jagung biasa yang tergolong tanaman palawija, jagung manis tergolong sayuran karena memiliki umur simpan yang lebih pendek, artinya mudah rusak seperti sayuran segar.

Jagung manis dipanen saat masih muda (matang), sekitar 18 sampai 22 hari setelah penyerbukan. Rasa manis disebabkan oleh mutasi pada gen yang mengontrol pembentukan rantai polisakarida dan mencegah biji jagung membentuk pati yang cukup.

Jagung manis sebaiknya dipanen saat masih muda karena bijinya akan mengkerut saat dipanen bersamaan dengan jagung biasa. Karena jagung manis tidak memiliki umur simpan, maka tidak dapat disimpan lama. Manisnya hanya disimpan maksimal empat hari, jadi segera buat atau nikmati.

Kandungan Jagung Manis

Situs kesehatan Healthline melaporkan bahwa satu cangkir (164 gram) jagung manis memiliki 177 kalori. 41 gram karbohidrat, 5,4 gram protein, 2,1 gram lemak, 4,6 gram serat, 17% vitamin C harian, 24% vitamin B1 harian, 19% vitamin B9 (folat) harian, 11% kebutuhan magnesium harian, dan 10% kebutuhan kalium harian.

Karena kandungan gizinya yang baik, jagung manis dapat dimakan setiap hari dengan porsi yang wajar. Karena tanaman ini bebas gluten, orang yang makan gluten juga bisa mengkonsumsinya.

Apakah jagung manis aman untuk penderita diabetes? Sebagian besar karbohidrat dalam jagung berasal dari pati yang dapat meningkatkan gula darah dalam jangka pendek jika tidak dikonsumsi dengan benar. Namun, jagung manis juga tinggi serat yang dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

Menurut Bio Wellbeing, jagung manis memiliki indeks glikemik 52. Makanan yang dapat melepaskan glukosa ke dalam darah lebih cepat biasanya memiliki indeks glikemik di atas 70, sehingga jagung manis relatif aman bagi penderita diabetes jika dimakan dalam porsi terbatas.

Cara Membuat Olahan Jagung Manis

Selanjutnya kita akan belajar cara memasak aneka masakan dengan bahan baku jagung manis. Berikut beberapa resep yang bisa Anda tiru di rumah.

1. Bakwan Jagung

Cara Membuat Makanan dari Jagung

Cara membuat perkedel jagung mudah dengan jagung manis sisir dan bumbu sederhana. Resep ini sangat praktis karena yang perlu Anda lakukan hanyalah menyisir jagung.

Cara membuat berondong jagung :

  • Campurkan jagung manis, seledri, bawang merah, bawang putih, wortel, daun bawang, tepung terigu, tepung beras dan telur. Tuangkan air sedikit demi sedikit. Jangan membuat adonan terlalu encer atau terlalu kental.
  • Bumbui pasta bakwan jagung dengan garam dan gula.
  • Ambil sesendok adonan lalu masukkan ke dalam minyak panas. Goreng sampai berwarna keemasan.

Berikut cara membuat kue pipih jagung yang mudah. Sajikan bakwan dengan saus atau sebagai pendamping nasi.

2. Bakwan Jagung Malang ( Dadar Jagung )

Jadikan keripik jagung pedas dengan nasi putih panas sebagai lauk makan malam atau sarapan. Tambahkan temu kunci dan daun jeruk agar rasanya lebih asin. Berikut cara membuat perkedel jagung enak yang bisa Anda praktikkan di dapur.

Cara membuat kentang goreng pedas :

  • Sisir jagung dan haluskan dengan mesin giling jagung. Saat di blender, giling setengah halus untuk tekstur bakwan yang bagus.
  • Campurkan jagung giling dengan bumbu halus, seledri, telur, tepung terigu, kanji dan daun bawang.
  • Bumbui dengan garam dan gula, aduk rata.
  • Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, lalu tuang adonan ke dalam wajan dengan penambahan 2 sendok makan.
  • Goreng bakwan hingga keemasan dan garing.

Sajikan perkedel jagung dengan sayuran dan nasi putih panaS.

3. Jagung Bakar Pedas Manis Keju

Cara membuat Jagung Siap makan yang ketiga adalah membuat Jagung Abon Manis Pedas. Sajikan jagung panas dengan keju cheddar parut agar lebih istimewa.

Cara mengolah jagung bakar yang enak :

  • Kupas jagung dan bersihkan rambut yang masih menempel.
  • Campurkan margarin, madu/susu kental manis, cabai bubuk dan bawang putih tumbuk.
  • Olesi jagung manis dengan bumbu yang telah disiapkan sebelumnya hingga tercampur.
  • Goreng jagung hingga matang, lalu sajikan di atas piring dengan keju cheddar parut.

Inilah cara membuat Jagung Bakar Keju Manis Pedas .

 

Ada banyak cara membuat makanan dari jagung yang lezat, olahan jagung manis biasanya disajikan bersama keluarga agar rasanya lebih nikmat.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.