Home Travel 9 Fasilitas di Stasiun Kereta Api Tugu untuk Membantu Kenyamanan Anda

9 Fasilitas di Stasiun Kereta Api Tugu untuk Membantu Kenyamanan Anda

17
0

Kereta masih menjadi favorit banyak orang ketika datang ke Yogyakarta. Selain terjangkau, kereta api saat ini dirancang untuk memberikan kenyamanan penuh. Hal-hal yang jauh lebih baik dibandingkan dengan ketika kereta kereta sempit, bau, dan dipenuhi dengan penjaja dan musisi jalanan berjalan di sekitar. Kesadaran penumpang dalam menjaga kebersihan di dalam gerbong juga meningkat.

Stasiun Kereta Api Tugu adalah gerbang utama bagi peredaran wisatawan yang ingin menghabiskan waktu mereka di Yogyakarta. Di sinilah ribuan penumpang kereta naik dan turun untuk berbagai keperluan. Bangunan stasiun kereta ini adalah kenang-kenangan masa lalu bangsa yang jauh – penjajahan Belanda. Memang, bangunan itu adalah warisan dari era penjajahan Belanda. Ini telah menjadi salah satu saksi bisu sejarah Indonesia, yang dilestarikan dalam setiap detail struktural, setiap sudut dan celah dari bagian dalam dan luar stasiun kereta. Stasiun Kereta Tugu dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang akan membuat kunjungan Anda ke Jogja lebih menyenangkan. Beberapa akan membantu wisatawan yang perlu menghabiskan waktu sebelum mereka dapat check in di hotel atau menyelesaikan beberapa pengaturan yang diperlukan untuk melanjutkan ke tujuan berikutnya. Berikut 10 fasilitas yang akan membantu mengakomodasi kebutuhan penumpang.

1. Loker

Di stasiun kereta api, loker terletak tepat di tengah-tengah bangunan, di gang di sebelah pintu masuk ke underpass, menghadap ke timur. Anda dapat memilih antara yang kecil atau yang besar. Yang kecil dipasang di dalam ruangan, sedangkan yang besar dipasang di dalam dan luar ruangan. Yang besar dapat menampung 2 koper besar sementara yang kecil dapat memuat 1 tas travel menengah atau 2-4 ransel. Itu sebabnya Anda dapat berbagi loker dengan teman dan membayarnya secara kolektif. Setelah mendapatkan kwitansi, penumpang dapat langsung memasukkan bagasi mereka ke loker dan menyimpan kuncinya. Biaya penyimpanan biasanya Rp 20.000 per 2 jam. Petugas biasanya tidak akan menagih Anda jika Anda menggunakannya kurang dari satu jam.

Loker ini beroperasi dari jam 6 pagi – 11 malam. Loker Stasiun Kereta Api Tugu benar-benar berfungsi sebagai penyelamat bagi para penumpang yang ingin berjalan-jalan di dalam stasiun kereta api, mencari sesuatu untuk dimakan, melakukan sholat, atau melakukan bisnis mereka di kamar kecil tetapi tidak ingin membawa barang bawaan mereka yang berat di sekitar.

2. Loko Cafe

Loko Cafe adalah restoran yang dikelola oleh anak perusahaan PT KAI. Di sini penumpang dapat menikmati berbagai makanan, mulai dari makanan dari berbagai daerah di negara ini, makanan Asia, hingga masakan barat. Kafe ini beroperasi setiap hari mulai jam 6 pagi – 10 malam. Harga yang ditawarkan di sini terjangkau, mulai dari Rp5.000 untuk makanan dan Rp6.000 untuk minuman. Interiornya rapi dan nyaman. Namun, penumpang harus menanggung suara mekanis kereta dan pengumuman yang tampaknya tak ada habisnya karena kafe ini terletak di pusat Stasiun Kereta Api Tugu.

3. Minimarket

Semua stasiun pasti memiliki toko yang nyaman atau toko kecil yang menjual berbagai makanan ringan dan minuman. Penumpang dapat membeli berbagai makanan atau minuman untuk mengisi ulang energi mereka atau mengisi kembali persediaan yang dibutuhkan untuk perjalanan mereka berikutnya. Anda dapat menemukan toko tersebut di area Stasiun Tugu. Jika Anda perlu mencari toko yang nyaman yang buka selama 24 jam seperti Indomaret atau Alfamart, Anda harus keluar dari stasiun kereta terlebih dahulu. Indomaret terletak di sebelah pintu masuk selatan, sementara Alfamart berada di area parkir Stasiun Kereta Tugu.

4. ATM

Di Stasiun Tugu, ada beberapa ATM untuk mengakomodasi penumpang yang perlu menarik uang tunai atau melakukan pembayaran. Antrian panjang adalah pemandangan langka karena ada lebih dari satu mesin di stasiun kereta. ATM di sini tersedia untuk pelanggan bank berikut: BRI, BNI, BCA, dan ATM Link untuk digunakan bersama. ATM ini terletak di lobi pintu masuk utara, tepat di depan stan Roti Maryam Salman. Mereka selalu siap melayani penumpang yang membutuhkan uang tunai cepat dan praktis. Anda dapat menarik uang kertas IDR 50,000 atau IDR 100,000.

5. Kursi Pijat

Bepergian dengan kereta memang menyenangkan; namun penumpang terkadang harus duduk lama. Beberapa rute perjalanan kereta api memaksa penumpang mereka untuk duduk selama lebih dari 8 jam sebelum mencapai Yogyakarta. Kondisi ini lebih buruk bagi penumpang kelas ekonomi karena ruang antara baris kursi terlalu kecil dan tidak memberikan kebebasan bergerak terlalu banyak untuk kaki mereka. Duduk untuk waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan, terutama bagi mereka yang bermasalah dengan persendian. Berita bagus, penumpang yang turun di Stasiun Tugu tidak perlu khawatir karena mereka dapat menemukan kursi pijat untuk menenangkan otot-otot mereka yang sakit. Sirkulasi darah akan kembali ke keadaan normal dan otot yang sakit akan menemukan obatnya. Penumpang hanya diharuskan membayar Rp 15.000 untuk pijat 10 menit. Kursi-kursi ini akan memberikan kenyamanan bagi kepala, leher, punggung, dan betis penumpang.

6. Playground untuk anak-anak

Membawa anak-anak kita selama perjalanan bisa menyenangkan, tetapi kadang-kadang mereka menolak untuk melakukan apa yang diperintahkan dan cenderung sangat tidak kooperatif. Anak-anak yang lelah sering gagal bersabar ketika mereka harus menunggu lama seperti waktu check-in hotel. Stasiun Kereta Tugu dilengkapi dengan taman bermain untuk membantu orang tua menangani anak-anak mereka yang bosan. Taman bermain ini terletak di depan loker. Itu dihiasi dengan kasur warna-warni dan pagar yang sama-sama ceria. Anak-anak dapat dengan bebas bermain dengan ayunan, seluncuran, dan rumah mainan.

7. Charger di kursi

Stasiun Kereta Tugu menyediakan sudut pengisian yang dilengkapi dengan 4 soket daya. Ini mungkin adalah fasilitas paling populer di stasiun kereta. Sudut ini terletak di depan platform 3 dan tampaknya tidak pernah kehabisan penumpang yang ingin mengisi daya gadget mereka. Penumpang sering menemukan bahwa gadget mereka kehabisan baterai ketika mereka tiba, dan kapan pun mereka melakukannya, mereka akan selalu berusaha menemukan soket daya untuk mengisi ulang ponsel atau tablet mereka.

Selain sudut pengisian daya, Stasiun Kereta Tugu juga dilengkapi dengan fasilitas charger on seat. Fasilitas khusus ini dimaksudkan untuk penumpang yang duduk di kursi tunggu, memungkinkan mereka untuk mengisi daya gadget mereka dari setiap kursi yang tersedia. Fasilitas pengisian daya ini tersedia secara gratis dan dapat digunakan oleh semua penumpang. Namun, juga disarankan untuk menggunakannya dengan bijak karena orang lain mungkin perlu menggunakannya juga.

8. Toko souvenir

Bagi penumpang yang tidak punya waktu untuk mengunjungi toko-toko suvenir selama mereka tinggal di Yogyakarta, mereka masih dapat membeli oleh-oleh di Stasiun Kereta Tugu. Toegoe Resto adalah salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan ketika mereka perlu membeli beberapa hadiah setelah memasuki area stasiun. Meskipun merupakan restoran, Toegoe Resto menawarkan berbagai macam suvenir, pilihan yang sempurna bagi penumpang yang tidak punya waktu untuk melakukan perjalanan jauh untuk mencapai toko-toko suvenir. Bakpia Kurnia Sari adalah salah satu makanan khas Jogja yang dijual di sini. Selain itu, makanan ringan Jogja lainnya juga tersedia untuk Anda beli sebagai hadiah untuk orang yang Anda cintai di rumah.

9. Toilet eksklusif

Toilet di Stasiun Kereta Tugu telah banyak berubah dalam hal penampilan. Sekarang sepertinya Anda akan menemukan di hotel mewah. Selain itu, interior dan suasananya juga telah ditingkatkan. Itu lebih bersih, baunya lebih baik, dan memiliki sirkulasi air yang lebih baik. Dengan peningkatan seperti ini, jumlah pengguna kereta mengeluh tentang kebersihan toilet mulai berkurang. Dengan toilet eksklusif ini, semua penumpang diberikan kenyamanan lebih saat berada di stasiun. Di bagian luar toilet, penumpang akan menemukan monitor layar sentuh yang dilengkapi tiga wajah untuk masing-masing “puas”, “cukup puas” dan “kurang puas”. Jika seorang penumpang menekan wajah “kurang puas”, petugas kebersihan akan melanjutkan ke toilet dan membersihkannya.

Namun untuk berkeliling destinasi wisata yang ingin kalian kunjungi  mungkin anda dapat menggunakan kendaraan umum, kendaraan pribadi, atau rental mobil.