Home Uncategorized 5 Kerusakan Pada Kulkas Yang Harus Di Waspadai

5 Kerusakan Pada Kulkas Yang Harus Di Waspadai

19
0
kulkas rusak

Attention untuk Anda semua!!!

Yuk kenalan gejala-gejala kerusakan pada kulkas.Penting banget untuk Anda tahu lho, agar nanti jika ada beberapa gejala yang tidak beres pada kulkas Anda, Anda tidak perlu panik dan tahu harus bagaimana.

Baiklah agar rasa penasaran tidak terlalu lama merundung Anda, maka saya langsung beri tahu saja ya.

Silahkan cek di bawah.Jangan lupa untuk mendalaminya.

 5 Kerusakan Pada Kulkas Yang Harus Di Waspadai

  • “Pintu Yang Tidak Tertutup Rapat” Nyebelin Emang

pintu kulkas

Nah kuncinya di tanda petik itu yang dibelakang tambahan aja.Tapi, emang bener kan kalau pintu kulkas yang tidak tertutup rapat itu memang menyebalkan.Jika biasanya Anda hanya perlu menutup pintu dengan satu kali hentakan, kini Anda harus mengeluarkan tenaga yang lebih ekstra agar bisa tertutup dengan benar.

Kunci masalahnya dimana sih?

Yaitu karet.Benar, pintu yang tidak bisa tertutup dengan rapat biasanya memiliki masalah pada karet pintunya.

Jadi yang perlu Anda lakukan adalah mengganti karet pintu tersebut dengan yang baru.

Ingat ya, harus diganti!

Karena kalau tidak, nanti udara panas dari luar bisa bercampur dengan udara dingin kulkas dan bisa menyebabkan pemborosan listrik.

Tentunya Anda tidak mau bukan biaya listrik rumah Anda bengkak karena masalah sepele ini?

  • Saat “Pendinginan Pada Kulkas Tidak Stabil”

belum dingin

Saat kejadian ini rasanya tuh, gerem bin kezel banget pokonya.Oh ya, yang dimaksud tidak stabil itu jika pendinginan yang tidak merata atau pendinginan yang merata tapi tidak maksimal.

Masalah seperti ini tidak bisa memilih salah satunya, yang terpenting masalah ini punya penyebab sendiri-sendiri, tapi kuncinya sama yaitu di freezer.

(Pendinginan Tidak Merata)

Jika pendinginan pada freezer tidak merata mungkin karena refrigan yang tersumbat, komponen pada kulkas yang kekurangan oli, atau bisa jadi karena kondesor pada kulkas tidak maksimal mengeluarkan udara panas, dan masalah internal lain.

Untuk mengatasinya Anda bisa mengecek pada jalur refrigannya karena jalur ini juga menjadi penyokong kinerja freezer.

(Dingin Merata tapi Tidak Maksimal)

Mungkin masalah seperti ini terjadi karena tingkat kedinginan pada freezer yang tidak maksimal, itu bisa menjadi kunci utama penyebab pendinginan yang tidak maksimal.Ditambah lagi beban yang ada dalam freezer tidak sesuai dengan kapasitas.

Tapi itu bukanlah satu-satunya kunci masalah, tentunya ada beberapa masalah lain yang lebih serius.

  • Masalah Lain “Chiller Yang Tidak Dingin”

chiller tidak dingin

Kunci dari masalah ini dikarenakan timer dan heater yang tidak berfungsi dengan baik, akibat yang ditimbulkan adalah penumpukan sisa makanan atau bunga es.

Penanganan yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan pada saluran udara pengubung antara freezer dan chiller.Agar penumpukan tersebut tidak menimbulkan penyumbatan yang dapat merusak kulkas.

  • Sekarang “Kulkas Yang Sama Sekali Tidak Dingin”

kulkas tidak dingin

Chiller dan kulkas beda lho ya..

Kunci dari permasalahannya saja sudah beda.Kunci dari kulkas yang tiba-tiba tidak dingin biasanya karena kerusakan kompresor, refrigran yang bocor, sampai pada kapasitor yang rusak.

Jika masalah sudah sampai pada tahap-tahap yang serius seperti ini akan lebih baik jika Anda tidak menanganinya sendiri agar dapat menghindari kerusakan yang lebih parah lagi.

  • Paling Merepotkan Jika “Kulkas Mati Total”

kulkas mati total

Jika sudah mendengat kata “total” seperti semuanya itu sudah masuk kedalam tahap final.Penyebabnya adalah aliran listrik yang tidak dapat masuk ke dalam komponen-komponen kulkas.

Untuk penanganannya mungkin Anda bisa mengecek kabel yang terhubung ke kulkas Anda.Dan akan lebih baik lagi jika Anda punya alat berupa ohm meter untuk mengecek kelayakan pada fuse.

Tapi, saran saya akan lebih baik jika Anda menyerahkan hal ini pada yang sudah ahli.Mencegah kerusakan lanjut  lebih baik bukan?

Nah, memang semua masalah di atas terdengar seperti Anda bisa menangainya sendiri.Tapi, ada beberapa masalah yang mengharuskan Anda harus menyerahkan ke tukang service.

Begini saja, agar Anda tidak semakin bingung Anda boleh mengandalakan perbaikan pada jasa service dan perbaikan elektronik dari Elektrindo yang berada di Kota Jakarta.

Baiklah, semoga permasalahan cepat selesai.