Home news Tutorial Landing Page Web dengan Langkah yang Praktis

Tutorial Landing Page Web dengan Langkah yang Praktis

39
0
Landing Page Web

Ingin tahu tutorial landing page web? kalian dapat memahami secara mendalam tutorial pembuatan landing page web, termasuk langkah-langkah praktis dalam proses pembuatannya serta berbagai tips yang dapat meningkatkan efektivitasnya.

 

Pengertian Landing Page

Saat kalian mengunjungi suatu situs, ada dua pilihan yang mungkin kalian buat. Yaitu sekedar membaca atau melakukan sesuatu yang lebih dari itu, misalnya berbelanja. Di sinilah halaman arahan berperan.

Sederhananya, landing page adalah halaman pada website yang dirancang dengan pola pikir pemasaran, dan ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar.

Landing page dapat menjadi peluang emas bagi perusahaan untuk mendapatkan informasi pengunjung. Dimana pengunjung biasanya diminta memasukkan beberapa data seperti nama, email, alamat, nomor telepon, dan lain-lain.

Ada dua fungsi utama landing page berdasarkan jenisnya. Yang pertama digunakan untuk mengumpulkan data tentang pengunjung atau prospek potensial, di mana prospek tersebut dijaga oleh bisnis. Kemudian, di kemudian hari calon pelanggan tersebut diharapkan akan melakukan pembelian.

Kedua, fungsi landing page adalah mempercepat transaksi. Landing page ini bebas dari gangguan menu dan tombol navigasi lainnya, sehingga memberikan cara khusus bagi pengunjung untuk mengakses produk yang ingin dilihat.

 

Cara Membuat Landing Page Web

Membuat landing page wordpress

Setelah mengetahui pengertian Landing page, ikutin cara membuat landing page website di WordPress berikut ini!

1. Masuk WordPress

Cara membuat landing page di WordPress yang pertama adalah dengan login ke WordPress. Jadi, sebelum login pastikan kalian sudah menginstalnya.

2. Buat Halaman Landing Page baru

Kemudian, kalian dapat menggunakan editor atau Elementor default WordPress. Cara membuat landing page dengan Elementor dapat dimulai dengan mengklik tombol Edit with Elementor dan memilih Elementor Canvas. Langkah ini akan memberi kalian halaman kosong untuk mendesain halaman arahan.

3. Buat Kerangka Landing Page

Cara membuat landing page di WordPress selanjutnya adalah dengan membuat template atau halaman landing page baru. Untuk membuat landing page, kalian harus membuat halaman baru yaitu dengan klik Pages dan klik Add New.

4. Masukkan Konten Landing Page

Cara terakhir membuat landing page adalah dengan menyertakan konten! Setelah itu, beri judul halaman baru yang kalian inginkan untuk halaman arahan. Di sana kalian bisa menambahkan konten dan jangan lupa klik Publish.

 

Tips Mengoptimasi Landing Page

Nah, setelah melakukan langkah-langkah di atas, kalian selanjutnya bisa menerapkan tips optimasi landing page berikut ini.

Gunakan Desain Minimalis yang Rapi

Tujuan utama halaman arahan adalah untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan atau prospek. Landing page yang efektif adalah yang menggunakan gambar atau desain yang menarik dan bagus.

Buat Landing Page yang Ramah Seluler

Sebanyak 94% pengguna internet di Indonesia mengakses internet melalui perangkat seluler. Jadi kalian juga harus mempertimbangkan selera konsumen saat membuat landing page. Pastikan landing page dapat diakses dengan baik di mobile atau desktop.

Tunjukkan sinyal kepercayaan

Sinyal kepercayaan adalah testimoni pelanggan, liputan media massa, atau seseorang yang menggunakan jasa kalian. Dengan ini, kalian dapat menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa layanan kalian dapat dipercaya.

Manfaatkan Header untuk Promosi

Kalian bisa menggunakan headline atau header pada halaman website untuk menampilkan sesuatu yang menarik.

Tambahkan CTA

Call to Action merupakan hal yang wajib kalian lakukan sebagai langkah terakhir dalam membuat landing page. Karena CTA akan mengajak pengunjung website kalian untuk melakukan sesuatu yang lebih, seperti “Ayo berlangganan sekarang!”

Bagaimana, mudah bukan cara membuat landing page? Intinya, perhatikan seluruh elemen dan konten yang akan kalian sertakan. Setelah itu jangan lupa untuk selalu mengelolanya dengan optimasi secara berkala.

Kalian tidak hanya membuat landing page secara mandiri, namun kalian juga mempunyai pilihan lain yang tidak kalah menariknya, yaitu dengan menggunakan jasa pembuatan landing page yang tersedia.

Dengan mengandalkan jasa profesional, kalian bisa mendapatkan landing page berkualitas tinggi tanpa harus terlibat langsung dalam proses pembuatannya.

Jasa pembuatan landing page ini biasanya menyediakan paket layanan yang mencakup desain menarik, teknis penerapan yang tepat, dan optimalisasi untuk mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan.