Home news Bikin Landing Page Murah untuk Meningkatkan Penjualan

Bikin Landing Page Murah untuk Meningkatkan Penjualan

35
0
Landing Page Murah

Jika kalian memiliki website bisnis dan ingin mempromosikannya, maka kalian harus mengetahui cara bikin landing page murah yang menarik agar peluang konversi penjualan lebih besar.

Selain itu, landing page yang menarik juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan traffic ke website bisnis kalian. Oleh karena itu, kalian bisa mendapatkan landing page dengan jasa pembuatan landing page.

Apakah bisa bikin landing page murah tanpa harus mengetahui coding untuk pemula? Jawabanya Bisa, kalian tidak perlu khawatir. Simak artikel ini hingga tuntas!

 

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah halaman yang akan dilihat pengunjung website setelah mereka mengunjungi suatu link, baik secara organik maupun berbayar. Bisa dibilang, halaman inilah yang menjadi tempat pertama kali pengunjung memasuki sebuah website.

Tujuan dari halaman arahan adalah untuk meningkatkan tingkat konversi di saluran penjualan kalian. Tingkat konversi adalah bagaimana pengunjung website kalian menjadi pengguna aktif yang melihat konten dan melakukan transaksi pada produk.

 

Tahapan Membuat Landing Page

Sebelum kita masuk pada pembahasan buat landing page murah, berikul hal yang perlu kalian persiapkan ketika membuat landing page:

  • Web hosting: layanan yang memungkinkan pengguna mempublikasikan situs web atau aplikasi web di internet.
  • Nama domain: alamat yang membawa pengguna ke situs tujuan.

Jika sudah web hosting dan nama domain, kalian perlu menginstall WordPress. Berikut langkah-langkah yang harus kalian kerjakan!

  1. Masuk ke website hosting kalian dan login ke cPanel dengan mengetik “namadomainkamu.com/cpanel” di browser.
  2. Setelah masuk ke cPanel, cari dan buka Softaculous App Installer, sebuah alat yang memudahkan instalasi aplikasi web seperti WordPress.
  3. Di dalam Softaculous, temukan opsi WordPress dan klik tombol “Install Now” untuk memulai proses instalasi.
  4. Pilih domain tempat kalian ingin menginstal WordPress. Jika kalian memiliki beberapa domain, pilih yang relevan.
  5. Masukkan detail nama dan deskripsi website kalian. Ini akan membantu dalam mengidentifikasi situs kalian.
  6. Tentukan username dan password untuk akun WordPress kalian. Pastikan menggunakan kombinasi yang kuat untuk keamanan.
  7. Setelah mengatur semua detail, klik tombol “Install” dan tunggu hingga proses instalasi selesai. Softaculous akan memberi notifikasi ketika instalasi selesai.
  8. Setelah instalasi selesai, kalian dapat verifikasi keberhasilannya dan mengakses dashboard WordPress kalian dengan mengetik “namadomainkamu.com/wp-admin” di browser.

 

Cara Membuat Landing Page di WordPress dengan Elementor

Landing Page murah

Membuat landing page kini lebih mudah tanpa memerlukan keahlian coding, berkat bantuan plugin Elementor yang tersedia gratis di platform WordPress. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat halaman arahan yang menarik:

Install Plugin Elementor Website Builder

Plugin Elementor Website Builder menjadi fondasi utama. Instalasi dimulai dengan membuka dashboard WordPress, kemudian menuju menu “Plugins” dan memilih “Add New”. Cari plugin Elementor, lalu klik “Install Now” dan “Activate” untuk mengaktifkannya.

Buat Landing Page

Setelah mengaktifkan plugin, pilih halaman yang ingin dijadikan landing page dari menu “Pages” dan klik “Edit with Elementor”. Ini membuka dashboard pengeditan visual Elementor.

Tambahkan Elemen di Landing Page

Dashboard Elementor menyediakan beragam elemen yang dapat ditambahkan ke landing page, seperti teks, gambar, video, tombol, dan banyak lagi.

Pengguna dapat memilih dan menarik elemen-elemen ini ke area landing page untuk menyesuaikan struktur dan konten.

Mengatur Tata Letak

Elemen-elemen yang ditambahkan dapat diatur tata letaknya dengan mudah menggunakan fitur drag and drop Elementor.

Ini memungkinkan pengguna untuk menyusun elemen sesuai dengan desain yang diinginkan dan membuat penyesuaian langsung pada teks atau gambar.

Publish Landing Page

Setelah desain dan konten landing page sudah disusun, pengguna dapat memeriksa tampilan pratinjau untuk memastikan semuanya terlihat seperti yang diinginkan. Setelah yakin, klik tombol “Publish” untuk membuat landing page secara resmi dapat diakses oleh pengunjung.

 

Tips Membuat Landing Page Menarik

Setelah landing page kalian siap, pastikan tampilannya menarik agar tingkat konversinya meningkat. Begini caranya:

1. Perhatikan Isi Landing Page

  • Call-to-Action (CTA). CTA harus menonjol dan mengajak pengunjung untuk mengambil tindakan. Gunakan tombol CTA dengan warna kontras dan kata-kata yang menginspirasi aksi.
  • Keuntungan Pelanggan. Jelaskan manfaat produk atau layanan secara meyakinkan. Tampilkan nilai yang diberikan oleh produk sehingga pengunjung merasa sulit untuk menolak.
  • Analisis Pesaing. Amati dan analisis kampanye landing page pesaing. Gunakan penelitian ini sebagai sumber inspirasi untuk meningkatkan atau berinovasi dalam membuat landing page.

2. Optimasi SEO Landing Page

Search Engine Optimization (SEO) penting untuk situs web, termasuk halaman arahan. Berikut beberapa tip SEO untuk halaman arahan.

  • Penggunaan Kata Kunci. Masukkan kata kunci pada judul dan konten landing page. Gunakan frasa kata kunci yang relevan untuk membantu mesin pencari memahami isi halaman.
  • Penggunaan Kata Kunci dalam Teks. Sertakan kata kunci dan frasa dalam teks landing page untuk memberikan informasi yang jelas kepada mesin pencari.
  • Social Share Button. Tambahkan tombol berbagi sosial untuk memudahkan pembagian konten. Hal ini dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat halaman.
  • Penggunaan Meta Tag. Gunakan meta tag yang relevan, termasuk atribut judul, kata kunci, dan deskripsi. Sertakan tag Alt pada gambar untuk memberikan deskripsi yang relevan.