Home pendidikan Tips Mengajarkan Anak Menggambar Sesuai Umurnya

Tips Mengajarkan Anak Menggambar Sesuai Umurnya

6
0
Tips Mengajarkan Anak Menggambar Sesuai Umurnya
Tips Mengajarkan Anak Menggambar Sesuai Umurnya

Salah satu hal terpenting yang harus Anda ingat saat mengajari anak Anda cara menggambar adalah memberi mereka ruang dan alat bagi mereka untuk mengeksplorasi seni dan menggambar.

Anak-anak kecil cenderung ingin tahu dan mencoba mengekspresikan diri mereka dengan cara unik yang dapat dengan mudah disalahartikan sebagai ketidakmampuan atau kurangnya keterampilan.

Triknya adalah membuat mereka tetap terlibat dengan aktivitas cukup lama agar berdampak positif. Anda harus menangani ini berdasarkan usia anak Anda.

Anak Umur Dua Tahun – Lima Tahun

Mengajari anak-anak prasekolah cara menggambar mungkin tampak seperti tugas yang sulit, tetapi tujuannya di sini adalah untuk mendorong anak mengeksplorasi apa pun yang dia inginkan melalui media seni dan menggambar. Beberapa tips yang dapat Anda ingat adalah:

  • Gabungkan seni dan gambar ke dalam waktu bermain. Jadikanlah pengalaman yang mengasosiasikan anak Anda dengan kesenangan.
  • Siapkan ruang untuk sukses dengan menghilangkan sumber frustrasi. Siapkan pakaian agar anak Anda bisa kotor dan taruh koran di lantai.
  • Anak Anda akan senang dengan segala hal baru di usia muda ini. Jangan batasi anak Anda hanya pada alat menggambar. Sebaliknya, biarkan dia menggunakan kapur, pasir, dan cat untuk mengekspresikan dirinya dan memahami objek.
  • Jangan ajari anak Anda cara menggambar. Sebaliknya, biarkan dia membuat semua keputusan. Jika dia ingin menggambar dirinya sendiri dengan rambut merah muda, maka jangan perbaiki dia. Sebaliknya, puji usahanya dan bicarakan tentang apa yang telah dia gambar.
  • Gunakan pengamatan untuk mengajukan pertanyaan kepada anak Anda tentang apa yang telah dia gambar. Ini akan membantu anak Anda dengan kemampuan bercerita dan bahkan mungkin merevisi atau menambah gambar.
  • Seni bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi emosi yang sulit diungkapkan atau diproses oleh anak Anda. Jika anak Anda sedang marah, minta dia untuk membuat gambar yang sedang marah.
  • Pamerkan gambarnya untuk mendorong latihannya. Ingat, bukan produk jadi yang kita cari, tetapi untuk membantu mengasosiasikan perasaan yang baik terhadap seni.

Baca juga: Cara Menggambar Hewan dengan Jari

Anak Umur Lima Tahun – Sembilan Tahun

Di usia ini, anak Anda sekarang sudah bisa mulai menggambar berdasarkan observasi. Sampai saat ini, dia akan menggambar berdasarkan interpretasinya sendiri dan pengetahuan sebelumnya. Anda dapat membantu dengan keterampilan pengamatannya berdasarkan tips di bawah ini.

  • Beri anak Anda objek baru untuk mereka gambar. Pilih objek tempat mereka menempel dan memiliki geometri sederhana. Sesuatu seperti cangkir atau mainan sippy favoritnya akan menjadi yang terbaik.
  • Tanyakan kepada anak Anda bentuk apa yang dia amati pada objek yang berbeda. Duduklah bersamanya saat dia menggambar dan diskusikan bentuknya sebelum mulai menggambar.
  • Dorong anak Anda untuk tidak terlalu memandang rendah kertas saat menggambar. Bantu dia menyadari bahwa hasil kurang penting daripada mempelajari teknik yang benar.
  • Seperti sebelumnya, ajukan pertanyaan tentang gambarnya yang akan menuntunnya untuk lebih memikirkan masalah tersebut atau mengamati beberapa hal yang belum pernah dia lihat sebelumnya.
  • Selama usia ini, dorong penggunaan satu media pada satu waktu. Ini akan membuat anak Anda memahami apa yang dia sukai dan jangkauan penuh serta kemungkinan mediumnya.
  • Simpan gambarnya di buku khusus yang bisa dia pertahankan sendiri. Lebih baik lagi, Anda bisa mendorongnya untuk memulai proyek yang menceritakan keseluruhan cerita dalam bentuk buku bergambar.
  • Jangan menggambar di atas kertasnya untuk menjelaskan suatu teknik. Yang terbaik adalah dia mengeksplorasi berbagai opsi sendiri.
  • Jangan memaksanya membuat gambar observasi. Sebagai gantinya, Anda dapat meminta dia membuat satu gambar seperti itu dalam seminggu. Yang penting baginya adalah memahami konsep yang berbeda dari gaya ilustrasi ini.