Home news Tips Bisnis Batik Usaha Yang Menghasilkan

Tips Bisnis Batik Usaha Yang Menghasilkan

90
0
tips bisnis batik

Tips Bisnis Batik Usaha-Kain tradisional Indonesia yang sudah terkenal di seluruh tanah air. Batik Indonesia telah diakui sebagai warisan budaya

Saat ini, batik digunakan tidak hanya untuk acara-acara pesta dengan gaya kuno, tetapi juga sebagai pakaian kerja. Batik telah mengambil tampilan yang lebih modern, elegan dan mewah, seperti desain gaun panjang dan sejenisnya.

Semua kalangan sudah memakai batik. Termasuk artis dan tokoh dunia. Batik adalah peluang bisnis yang menguntungkan bahkan untuk rumah tangga atau usaha kecil dan menengah.

Rumah penjualan baju batik bisa mencapai jutaan rupiah sesuai permintaan yang terus meningkat. Berikut beberapa tips memulai usaha batik

Tips Bisnis Batik

1. Menentukan Asal Batik

Batik tak hanya asal berasal Yogyakarta atau Pekalongan, namun juga Solo, Cirebon, serta lainnya. Masing-masing daerah memiliki motif atau corak batik yang tidak selaras menjadi karakteristik khasnya.

Jadi penting buat menentukan batik jenis apa yang hendak dijual. Jika asal Solo, maka jual corak batik Solo saja. Begitupula dengan dari batik lainnya.Jika memang ingin menjual batik asal berbagai wilayah, tak persoalan selagi kamu dapat menjelaskan dari usul batik pada konsumen.

2. Tentukan Target Konsumen

Selanjutnya artinya memilih sasaran konsumen. kamu ingin menjual batik buat siapa, apakah kepada anak-anak, remaja, dewasa, orangtua, mahasiswa, karyawan, PNS, atau pejabat? Beda konsumen yang dibidik, tidak sinkron juga selera batiknya. disparitas ini akan memengaruhi harga batik.

misalnya buat kalangan menengah ke atas menentukan batik tulis yang harganya mulai asal ratusan ribu rupiah. sementara buat kalangan menengah ke bawah, lebih cenderung menginginkan batik harga murah.

umumnya batik printing yang dibanderol mulai dari belasan ribu rupiah saja. sebaiknya tentukan target konsumen terlebih dahulu, supaya konsumen tak merasa batik yang engkau jual kemahalan. serta bisnis batik kamu selalu ramai pembeli.

3. Cari Pemasok Batik

Karena Anda tidak memproduksi batik sendiri, Anda perlu mencari supplier batik yang terpercaya. Supplier yang sudah lama menggeluti bisnis batik memiliki toko, bahkan konveksi atau pabrik batik. Pemasok tersebut bisa jadi relasi, kolega, teman atau keluarga Anda, yang dikenal handal dan selalu menjaga kualitas barang.

Itu sebabnya Anda bisa bertanya kepada teman atau keluarga di aplikasi jurnalistik. Jika Anda tidak memiliki kenalan atau hubungan dengan pemasok, Anda dapat mencari informasi di Internet, misalnya di jejaring sosial, toko online, atau Google. Bandingkan satu penyedia dengan yang lain.

Lihat ulasan atau komentar dan peringkat bintang. Kalau banyak yang komen positif, bisa langsung beli batiknya via DM. Namun di sisi lain, jika penuh dengan review negatif dan review produk yang rendah, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli dari supplier tersebut meskipun harga batik yang ditawarkan murah.

4. Corak Yang Bervariasi

Batik menawarkan beragam corak. Ada pola kabut mega, parang, tujuh yang berbeda dan banyak lagi. Sebaiknya menjual batik dengan corak berbeda agar konsumen bisa memilih sesuai selera. Menjual batik dengan satu corak atau motif yang sama menimbulkan kebosanan pada konsumen.

Pembeli tidak peduli. Pastikan juga motif dan modelnya selalu up to date. Bicaralah dengan pemasok batik Anda sehingga mereka dapat memberi tahu Anda segera setelah Anda memiliki tema baru.

5. Nama Bisnis Atau Toko Yang Mudah Diingat

Membuat toko batik sebagai identitas korporat yang membantu konsumen mengingat tempat berbelanja. Misalnya, jika orang lain bertanya, konsumen bisa menjawab. Hal ini secara tidak langsung meningkatkan omzet.

Pilih nama yang sesuai dan mudah diingat. Itu bisa menggunakan nama depan atau nama belakang. Diskusikan dengan keluarga atau kerabat, karena konon pemilihan nama bisa mempengaruhi kesuksesan bisnis.

Jika bisnis tumbuh sangat cepat sewaktu-waktu, Anda dapat menginvestasikan modal tambahan untuk mendukung perkembangan tersebut.

Sekalipun bisnis tidak berjalan seperti yang diharapkan, itu dapat digunakan sebagai tautan “langsung” untuk membantu bisnis bertahan. kamu juga bisa bisnis batik online