Home bisnis Skill Digital Marketing yang Harus Dikuasai Digital Marketer

Skill Digital Marketing yang Harus Dikuasai Digital Marketer

124
0
Skill digital marketing

Apa saja skill yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang digital marketing? Dengan berkembangnya teknologi yang melesat, para perusahaan kini lebih beralih ke digital marketing daripada pemasaran konvensional.

Karena digital marketing lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional.

Nah, kembali ke pertanyaan awal, skill yang Anda butuhkan untuk menjalankan tugas digital marketer memiliki perbedaan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Namun, terdapat beberapa skill umum yang wajib Anda kuasai jika ingin bekerja di bidang ini.

Baca juga: Kunci Sukses Bisnis Bagi Pemula

Skill Digital Marketing

Berikut ini beberapa skill umum digital marketing yang wajib Anda kuasai untuk bekerja sebagai digital marketer:

1. SEO dan SEM

Skill digital marketing

Dalam dunia SEO, algoritma Google pasti terus berkembang sehingga penggunaan keywords untuk optimasi SEO juga semakin sulit.

Oleh sebab itu, ini pentingnya Anda harus memahami prinsip SEO untuk mendukung pengoptimalan segala bentuk konten yang dijalankan.

Seperti halnya jika Anda ingin mengoptimasi website dengan memanfaatkan iklan, maka, Anda harus menguasai penerapan dari Search Engine Marketing (SEM).

2. Social Media Marketing (SMM)

Skill kedua yang diperlukan di dunia digital marketing yaitu menguasai berbagai platform media sosial yang digunakan oleh perusahaan untuk membangun brand awareness, membagikan konten, serta menarik calon pelanggan.

Sebagai seorang digital marketer, tentunya Anda harus mengelola dan memantau kampanye mana yang secara konsisten dapat menarik perhatian dari audiens, waktu yang pas untuk memposting di media sosial, serta menjalin komunikasi dengan audiens.

3. Paid Advertising Digital Marketing

Tak hanya sekadar memahami fitur-fitur media sosial saja, Anda harus mengetahui bagaimana cara beriklan di media sosial.

Beriklan di media sosial adalah hal penting untuk menjangkau audiens baru secara lebih cepat.

Skill ini mengharuskan Anda untuk memahami dan mengelola dengan baik periklanan media sosial. Misalnya Facebook Ads, Instagram, Tiktok, dan lainnya.

4. Basic Design

Sebagai seorang digital marketer, Anda harus memperhatikan dengan estetika desain visual, terlebih lagi konten visual umumnya memberi lebih banyak terekspos daripada konten tertulis.

Penting untuk setidaknya Anda memahami cara desain dasar dan bisa mengoperasikan beberapa tools, seperti Photoshop, Adobe Illustrator, Canva, dan lain sebagainya.

5. Data Analytics

Skill digital marketing

Skill data analisis sangat diperlukan supaya Anda dapat mengetahui cara mengevaluasi hasil campaign tersebut dengan menggunakan beberapa tools, seperti Google Analytics.

Memahami cara menganalisis data berguna untuk mengoptimasi strategi bisnis kamu di masa depan. Skill ini juga penting untuk melakukan laporan hasil pemasaran ke perusahaan.

6. Writing dan Storytelling

Saat memberikan caption di Instagram, atau menulis tweet di Twitter, bahkan membuat artikel di website, hal yang harus Anda kuasai adalah skill menulis dan storytelling.

Skill ini dapat menjadi sebuah aset bagi seorang digital marketer, terutama untuk mendukung content marketing.

Apabila Anda memiliki kedua skill ini, informasi dan pesan yang Anda sampaikan tentunya lebih mudah diterima audiens.

7. Digital Marketing Planning

Seorang digital marketer mempunyai tugas untuk memikirkan cara meningkatkan penjualan dari layanan atau produk menggunakan strategi marketing.

Untuk mencapai hal tersebut, Anda perlu memiliki perencanaan strategi yang tepat untuk memikirkan konten yang akan dibuat untuk beberapa minggu atau beberapa bulan ke depan.

Demikian artikel tentang skill digital marketing yang harus dikuasai untuk menjadi seorang digital marketer.

Skill ini digunakan untuk melancarkan tugas digital marketer bagi Anda yang berminat menjadi seorang digital marketer.