Home news Siapa Saja yang Terlibat dalam Pemborong Bangunan Jogja?

Siapa Saja yang Terlibat dalam Pemborong Bangunan Jogja?

16
0
Pemborong Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang sering kita sebut Jogja ini merupakan salah satu daerah di Indonesia yang masih mempertahankan konsep tradisional dan Bahasa Jawa. Berpredikat sebagai kota budaya dan pariwisata menjadikan bangunan yang terdapat di Jogja memiliki ciri khas tersendiri.

Seiring perkembangan kota Jogja yang terbilang cepat dan mengkhawatirkan karena bisa menimbulkan dampak negatif yang dapat mengurangi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang pada akhirnya akan menghilangkan karakter kota Jogja itu sendiri.

Namun kita masih bisa mempertahankan bentuk bangunan dengan cara mendesain ulang atau merenovasi bangunan menjadi bangunan yang jogja banget. Tidak usah khawatir, anda bisa meminta bantuan kepada pemborong bangunan jogja untuk merenovasi bangunan yang kita miliki.

Apa itu Pemborong Bangunan?

Pemborong bangunan merupakan penyedia jasa yang melayani layanan pembangunan, dari rumah hingga ruko. Jasa yang ditawarkan hampir sama dengan kontraktor, namun tidak semua proyek bisa dikerjakan oleh pemborong. Contoh proyek yang tidak dapat dikerjakan oleh pemborong bangunan adalah proyek yang memiliki hubungan dengan pemerintahan atau negara.

Perbedaan dengan Kontraktor

Layanan yang diberikan pemborong dengan kontraktor relative sama. Lalu dimana perbedaanya?

Kontraktor Bangunan

Proses perjanjian yang dilakukan oleh kontraktor dilakukan secara tertulis. Terdapat kontrak jelas terkait kerjasama yang akan berlangsung. Orang yang memilih jasa ini akan merasa lebih tenang dan aman, selain itu kontraktor juga dilindungi oleh badan hukum. Ada beberapa pasal undang-undang yang menaungi para pekerja kontraktor, sehingga jika ada kesalahan atau ketidaksesuaian dalam pembangunan, anda dapat menggugat kontraktor

Pemborong Bangunan

Kebalikan dari kontraktor, pemborong tidak memiliki badan hukum dan tidak resmi, jadi jika terdapat masalah akan sulit untuk dibawa ke pengadilan. Perbedaan paling menonjol adalah pemborong bangunan melakukan perjanjian secara lisan, tidak ada dokumen resmi ataupun tanda tangan. Ini cocok untuk pembangunan dengan skala yang kecil.

Siapa Saja Yang Akan Terlibat?

  1. Arsitek

Arsitek akan membantu membuat perencanaan gambar kerja yang akan digunakan sebagai pedoman pemborong bangunan. 

  1. Pemborong Bangunan

Mereka bertugas untuk menjadikan desain perencanaan dari arsitek menjadi bangunan, selain itu mereka juga mengawasi proses pembangunan sehingga tidak terjadi kesalahan atau ketidaksamaan antara bangunan dengan desain

  1. Mandor

Merupakan kepala tukang/ tukang senior yang dapat memberikan contoh pengerjaan kepada tukang.

  1. Tukang

Merekalah yang akan membangun bangunan. Tugas tukang juga beragam mulai dari pengaduk semen sampai tukang cat.

Anda dapat memilih untuk menggunakan jasa pemborong bangunan jika proyek yang akan anda kerjakan berskala kecil seperti pembangunan ruko atau merenovasi rumah, namun jika anda ingin merenovasi sebuah gedung, anda bisa menggunakan jasa kontraktor karena lebih aman.