Home news SEO Lokal untuk Bisnis

SEO Lokal untuk Bisnis

88
0
SEO Lokal untuk Bisnis

SEO Lokal untuk Bisnis  yaitu, earch engine semacam Google untuk pencarian lokal. Kemudian, apa bedanya dengan SEO biasa?

Tujuannya sama dengan SEO atau search engine optimization pterdapat umumnya, yaitu mencapai peringkat pertama pterdapat mesin pencari.

Tetapi, tujuan local SEO lebih spesifik untuk mendapatkan audiens secara lokal. Strategi tersebut tentu cocok jika anda punya bisnis lokal, seperti restoran, toko, dan jenis bisnis lokal lainnya.

Jadi, saat berpikir untuk membuat bisnis lokal, jangan berpikir bahwa kehadiranmu di dunia maya tidak penting.

Local SEO Optimisasi Search Engine untuk Pencarian Lokal

local SEO ialah praktik optimasi search engine atau mesin pencari untuk hasil pencarian lokal.

Di Google, artinya cantuman bisnismu pterdapat pencarian lokal berperingkat lebih tinggi dan lebih sering muncul sebagai tanggapan atas volume pencarian relevan.

Dalam keseharianmu, anda pasti membutuhkan sejumlah hal yang belum tentu anda langsung tahu di mana Perlu mencarinya.

Seperti anda ingin mencari tempat makan siang yang enak, tempat liburan di sekitarmu, atau sekterdapatr mencari ATM terdekat.

Misi Google ialah memberikan jawaban terbaik kepterdapat pencari untuk pertanyaan apa pun.

Saat algoritma Google mendeteksi bahwa niatmu ialah lokal, yaitu anda mencari sesuatu di area sekitar. Hasil Local Pack atau Map Pack akan tersedia pterdapat halaman pertama hasil pencarian.

Local Pack dan Map Pack tersebut ialah sebutan untuk boks peta dan daftar bisnis lokal yang biasa muncul di halaman pertama pencarian. Lebih baik dapat didukung dengan hasil alami mengenai bisnis dan layanan lokal di wilayah tersebut.

Seperti anda ingin makan siang dan mengetik “restoran terdekat”, maka akan muncul daftar bisnis terdekat yang dilengkapi peta. Kemudian di bawahnya berjejer konten organik.

Informasi yang tersedia pterdapat hasil pencarian lokal, terdapat umumnya terdapat nama bisnis, alamat, nomor telepon, situs web, foto, video, ulasan pelanggan, peringkat bintang, dan banyak lainnya.

Dengan informasi lengkap tersebut, anda dapat langsung mendapatkan apa yang anda butuhkan tanpa Perlu membuka tautan ke situs web lain.

Terdapatpun local SEO ialah usaha mengoptimasi bisnis lokalmu untuk tampil di Local Pack atau Map Pack tersebut.

Cara Kerja Local SEO

Bagaimana dengan cara kerjanya? Cara kerja local SEO ialah anda berfokus untuk memberi tahu Google bahwa bisnismu berterdapat di area tertentu dan ingin ditemukan oleh pelanggan di area tersebut.

Cara paling mudah untuk mengoptimalkan local SEO ialah mempunyai alamat lengkap dan tepat di suatu wilayah atau kota.

Anda dapat membuat landing page lokal dan membantu orang menemukan tokomu dengan plugin atau widget store locator di situs web.

Cara paling mudah lainnya menerapkan local SEO ialah dengan mematuhi pedoman Webmaster Google dan menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa di situs web anda.

Tersebut penting jika anda ingin situs web atau bisnismu mendapat peringkat dalam hasil pencarian organik yang Google telah menentukan terdapat niat lokal untuk pencarian tersebut.

Tetapi, anda dapat muncul di Map Pack bahkan tanpa mempunyai situs web. Hal tersebut karena hasil Map Pack sebagian besar diinformasikan oleh daftar Google Business Profile.

Google juga mempunyai seperangkat pedoman terpisah untuk local SEO. Panduan tersebut penting untuk memaksimalkan visibilitas bisnismu dalam Local Pack atau Map Pack.

Tetapi, untuk mendapatkan peringkat terbaik pterdapat pencarian lokal memang membutuhkan lebih dari sekterdapatr mengoptimalkan situs web.

Lebih lengkapnya baca juga jasa penulisan artikel seo

Usahakan untuk mendapat tautan lokal yang relevan dengan bidang industri yang anda geluti.

Seperti, strategi media sosial lokal, dikutip oleh situs lain, bahkan promosi dari mulut ke mulut berkontribusi pterdapat local SEO.

Panduan Strategi Meningkatkan Ranking Pencarian Lokal

Tersebut anda sudah tahu apa local SEO ialah usaha optimisasi pencarian lokal di mesin pencari semacam Google. Anda juga sudah tahu dasar dasar cara kerja local SEO.

Hal selanjutnya yang perlu anda tahu ialah strategi meningkatkan ranking pencarian lokal. Strategi local SEO ialah sebagai berikut!

1. Gunakan Google Business Profile

Strategi pertama local SEO ialah mendaftarkan bisnismu pterdapat Google Business Profile yang sebelumnya dikenal sebagai Google My Business.

Menggunakan alat tersebut pterdapat dasarnya ialah bagian terpenting dari strategi local SEO. Alat dari Google tersebut memungkinkanmu membuat cantuman bisnis gratis.

Tersebut ialah salah satu faktor teratas yang akan dipertimbangkan Google saat memeringkat bisnis dalam pencarian lokal organik.

Anda dapat lebih mengoptimalkan profil bisnis dengan membagikan pembaruan bisnis dan konten segar secara teratur.

2. Pertimbangkan Penggunaan Smartphone

Kemajuan teknologi smartphone yang semakin luar biasa telah membuat kita sangat bergantung pada perangkat ini untuk mencari informasi, termasuk informasi mengenai bisnis lokal.

Mengutip dari Sprout Social, sebuah penelitian menemukan bahwa 82% respondennya menggunakan smartphone mereka untuk melakukan pencarian “di dekat saya”.

Tersebut membuktikan seberapa banyak orang menggunakan ponsel mereka untuk pencarian lokal.

Jadi, sangat penting bagimu untuk melayani para pencari tersebut dengan mengoptimalkan tampilan mobile situs web.

3. Kumpulkan Banyak Ulasan dari Pelanggan

Strategi selanjutnya local SEO ialah mengumpulkan banyak ulasan dari pelanggan. Jika mempunyai banyak ulasan otentik, terutama yang positif, dapat sangat membantu meningkatkan visibilitas bisnismu dalam pencarian lokal.

Selanjutnya selain mendapatkan ulasan di situs web dan Google Business Profile, anda juga perlu mendapatkan ulasan dari tempat lain. Seperti media sosial atau situs web khusus review.

4. Lakukan Link Building Lokal

Strategi selanjutnya local SEO ialah mendapatkan backlink sebanyak mungkin, terutama dari situs web tepercaya. Oleh karena itu, anda Perlu melakukan link building.

Jadi, seperti halnya SEO biasa, local SEO juga membutuhkan link building untuk meningkatkan peringkat profil bisnis dan situs web anda.

Tetapi perbedaannya dengan SEO biasa, yaitu domain yang menautkan Perlu lebih relevan dengan lokasi targetmu.

Hal tersebut dapat anda lakukan dengan menargetkan situs web lokal, Seperti dengan memasang iklan di portal berita atau informasi lokal.

5. Nama, Alamat, dan Nomor Telepon Perlu Konsisten

Hal penting lainnya untuk mengoptimalkan local SEO ialah konsisten dalam memberikan nama, alamat, dan nomor telepon bisnismu.

Selanjutnya selain pterdapat situs web dan Google Business Profile, pastikan ketiga hal tersebut sama persis disebutkan di situs lain dan media sosial.

Jika anda salah ketik nama bisnismu satu huruf saja, orang akan ragu dan mengira terdapat bisnis lain dengan nama yang sama.

Alamat dan nomor telepon juga krusial. Jika alamat tidak konsisten dan nomor telepon tidak dapat dihubungi, pelanggan tentu tidak dapat menjangkau bisnismu.