Home news Resep Membuat Gandos Tepung Ketan

Resep Membuat Gandos Tepung Ketan

134
0
Resep Membuat Gandos Tepung Ketan

Resep membuat gandos tepung ketan – Bagaimana cara membuat sarung tangan tepung lengket yang unik? Cara melakukannya mudah. Jika salah mengolah, hasilnya akan kurang memuaskan bahkan tidak menyenangkan. Membuat gands dari tepung ketan, meskipun bagus gands ketan goreng harus memiliki aroma dan rasa yang dapat menggugah selera kita.

Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa nasi ketan goreng sedikit banyak, pertama dari jenis bahan bakunya, kemudian dari pemilihan bahan bakunya hingga pengolahan dan penyajiannya. Anda tidak perlu khawatir untuk membuat bola-bola ketan goreng yang enak di rumah karena sudah mengetahui triknya, sehingga sajian ini bisa menjadi suguhan yang istimewa. Sebelum kelapa dijiadikan gandos kelapa harus dikupas dulu dari batoknya menggunakan mesin pengupas batok kelapa.

BAHAN UNTUK BIKIN GANDOS KETAN

  • Gunakan 1/2 btr kelapa agak muda
  • Siapkan 100 gr tepung ketan
  • Siapkan 3 sdm gula pasir
  • Ambil Garam
  • Gunakan Vanilli
  • Sediakan secukupnya Air

Mangkuk nasi ketan identik dengan lengketnya, kue Moaci dilapisi bubuk. Bentuk gando sendiri biasanya setengah lingkaran dengan taburan gula di sekelilingnya. Hidangan yang populer di Jawa ini memiliki nama seperti Kue Rangin di Surabaya, Pancong di Jakarta, di Bandung disebut Bandros, Tratak Jaran berarti kue Gandos untuk orang Bojonegoro dan bahkan di Bali disebut Daluma. Cara Membuat Kue Gandosa Kue gandosa merupakan salah satu makanan sejak kecil.

CARA BIKIN GANDOS KETAN :

Resep Membuat Gandos Tepung Ketan

  1. Kupas kulit ari kelapa kemudian parut memanjang
  2. Campur tepung ketan, kelapa parut, gula dan garam. Aduk2 tambahkan udara secukupnya. Jangan terlalu lembek atau keras
  3. Kemudian goreng dengan api sedang. Hingga kecokelatan. Dan matang.
  4. Gando siap di sajikan. Rasanya manis gurih. Lembur di dalam dan renyah luarnya.

Bahan-bahannya sangat mudah didapat dan juga tidak sulit dalam pembuatannya. Lakukan setengah putaran, semua orang bisa melakukan gands. Resep kue bandros bandung simple original enak.

Bandro getar sunda biasanya memiliki rasa asin yang banyak dijual oleh saudara bandro, namun ada juga yang menjual bandro manis atau gurih, campuran antara asin dan manis. Pada artikel kali ini kita akan membahas resep asli bandra yang enak. Terima kasih telah membaca resep tim kami di halaman ini.

Semoga Resep Ketan Goreng Ringan Gandos di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk teman atau menginspirasi keluarga Anda untuk berjualan makanan. Selamat!

APA ITU GANDOS :

Gandos sebenarnya bukan istilah baru. Ini terdiri dari dua suku kata, “se” dan “gandos”. Dalam kehidupan sehari-hari, istilah ini banyak digunakan untuk mengungkapkan perasaan gembira tentang sesuatu.

Misalnya, jika pertanyaannya adalah “Bagaimana rasa makanannya?” Orang yang mendengarnya menjawab “jika” dan mengacungkan jempol. Artinya rasa makanannya enak dan nikmat.

Lantas bagaimana dengan istilah jos gandos, sudah berapa lama populer, dan siapa yang pertama kali mencetuskannya? Dalam berbagai literatur, sejarah asal usulnya tidak pernah tercatat. Tapi setidaknya istilah itu mengacu padanya.

Orang-orang mungkin baru tahu sekarang bahwa artis Soimah menggunakan istilah “jos gandos” ketika dia muncul di sebuah acara TV, tetapi dengan kata yang lebih panjang dan berlebihan “jos gandos kotos-kotos nchang mbledos”. Padahal, istilah itu muncul jauh sebelum Soimah populer.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata se tidak memiliki arti baku. Berbeda dengan Gando yang populer, itu adalah nama jajanan kue yang enak dan populer di sekitar Blitar, Semarang. Padahal, kue ganda ini punya banyak nama lain. Orang Surabaya menyebutnya Kue Rangin, orang Jakarta punya kue pancong, orang Bandung menyebutnya Bandro, orang Bojonegoro menyebutnya Tratak Jaran dan orang Bali.

Sekian ulasan pembahasan resep membuat gandos tepung ketan kelapa yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat.