Home news Resep Masak Sayur Bobor daun Kacang Panjang

Resep Masak Sayur Bobor daun Kacang Panjang

73
0

Resep Masak Sayur Bobor daun Kacang Panjang – Siapa sangka ternyata Anda bisa memasak berbagai masakan lezat dan bergizi dari kacang panjang. Kacang panjang sebenarnya bisa dimakan dan mengandung berbagai nutrisi. Daun kacang panjang mengandung vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Kacang panjang juga merupakan sumber vitamin B2 yang sangat baik, yang menurunkan tekanan darah. Daun kacang panjang dikemas dengan kalsium, yang membantu mencegah batu ginjal. Sayu bobor atau daun kacang panjang atau lembayung adalah sayuran khas Jawa Tengah. Sayuran ini memiliki rasa yang sangat khas dan asin. Rasa khasnya berasal dari kencuri dan rasa asin yang dihasilkan berasal dari pelengkap santan.

baca juga : Cara Buat Kue Klepon Tepung Ketan

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Tengah untuk menikmati sayur bobor karena sayur ini bisa dengan mudah disiapkan di rumah. Betapa tidak, proses membuat sayur ini sangat sederhana dan mudah. Anda tidak perlu khawatir meski tidak memilikinya, kecuali bahan dan bumbu yang Anda butuhkan mudah ditemukan.

Resep Masak Sayur Bobor daun Kacang Panjang

Resep Masak Sayur Bobor daun Kacang Panjang - Siapa sangka ternyata Anda bisa memasak berbagai masakan lezat dan bergizi dari kacang panjang.

Sayur  daun kacang Panjang ini akan membuat santapan Anda dan keluarga menjadi istimewa dan istimewa. Penasaran dengan resep dan cara membuat sayur bobor dari daun kacang panjang atau daun ketumbar? Jika iya, Anda bisa langsung melihat resep dan cara membuatnya pada ulasan di bawah ini.

Bahan dan bumbu Sayur terbuat dari kacang-kacangan dan daun-daunan:

  • 250 gram daun lavender
  • 100 gram labu
  • Tambahkan garam secukupnya
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 daun salam
  • 50 gram tempe
  • Gula merah secukupnya
  • 500 ml santan 500 ml air

Bumbu sayur bobor kacang panjang/ungu

  • 1 sendok makan ketumbar
  • 5 butir hazelnut
  • 5 bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas kenkur
  • jika anda membutuhkan mesin pencungkil kelapa 2 mata kunjungi web ini

Cara Membuat Bumbu:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggiling bumbu yang sudah disiapkan seperti yang sudah dijelaskan diatas.
  2. Anda bisa menghaluskannya dengan membersihkan atau menggunakan blender.
  3. Kemudian panggang daun lavender yang sudah disiapkan. Lalu bilas sampai bersih.
  4. Kupas labu siam. Bilas sampai bersih untuk menghilangkan sarinya. Lalu potong dadu.

Cara Melakukan :

  1. Saat bahan sudah siap, tuangkan air yang sudah disiapkan ke dalam panci. Kemudian rebus airnya.
  2. Lalu masukkan bumbu halus, lengkuas dan daun salam. Aduk rata dan masak hingga bumbu harum.
  3. Kemudian tambahkan cukini cincang dan daun lavender. Aduk hingga merata dan tunggu hingga daun labu siam dan lavender melunak.
  4. Saat lunak, tambahkan santan yang sudah disiapkan. Aduk rata. Tambahkan bumbu seperti garam dan sarang madu gula merah.
  5. Aduk rata dan masak hingga semua bahan matang dan bumbu meresap. Jika sudah, angkat dan sajikan di mangkuk saji yang sudah disiapkan.

Sayur Bobor Cowpea Leaves / Lavender Leaves siap disantap. Akan lebih enak jika sayur juga dimakan panas dengan nasi putih panas. Tambahkan juga pelengkap lauk pauk seperti tempe, tahu dan lain-lain.

Inilah resep dan cara membuat kacang panjang atau kucai. Sangat mudah bukan? Semoga koleksi resepnya bertambah\an contoh daun kacang/mallow. dan jangan lupa kunjungi web rumah mesin terimakasi