Home bisnis Kandungan Nutrisi Kacang Mete yang Perlu Anda Ketahui

Kandungan Nutrisi Kacang Mete yang Perlu Anda Ketahui

102
0
Kandungan Nutrisi Kacang Mete

Kandungan Nutrisi Kacang Mete – Kacang mete merupakan makanan ringan yang enak dengan rasa yang gurih, asin, sedikit manis dan renyah. Itu sebabnya banyak orang menyukai kacang mete.

Kacang mete tidak hanya enak sebagai camilan melalui proses pengupasan menggunakan alat pengupas mete, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang tidak membuat Anda bersin. Lihat di bawah secara rinci berbagai bahan dan manfaat kacang mete.

Kandungan Nutrisi Dalam Kacang Mete

Kandungan Nutrisi Kacang Mete

Kacang mete juga populer dengan sebutan kacang mete atau cashew nuts. Kacang mete sebenarnya bukan kacang, melainkan biji dari buah jambu mete. Buah jambu mete dikenal juga dengan nama buah mete yang nama latinnya adalah Anacardium occidentale. Buah ini bukan jambu namun berkerabat dekat dengan mangga.

Kacang mete terlihat seperti lonceng dan berwarna abu-abu. Panjang buah ini sekitar 5 cm dan ujung buahnya berbentuk buncis yang melengkung runcing. Ujung buah yang runcing dan melengkung disebut biji, dan kacang mete sering diolah darinya.

Saat bijinya sudah matang, dipisahkan dari buahnya dan dikeringkan. Setelah itu, Anda bisa menggoreng atau memanggang kacang mete untuk dijadikan aneka cemilan. Kacang mete sering dimakan begitu saja atau dicampur dengan coklat, cake, sambal, dan bahan makanan lainnya. Menurut Informasi Komposisi Pangan Indonesia (DKPI), 100 gram kacang mete memiliki kandungan gizi ganda, mis:

  • Air:4,6 gram
  • Kalori:616 kalori
  • Protein:16,3 gram
  • Gemuk:48,4 gram
  • Karbohidrat:28,7 gram
  • Serat:0,9 gram
  • Kalsium:26 miligram
  • Agen neon:521 miligram
  • Besi:3,8 miligram
  • Natrium:26 miligram
  • Kalium:692 miligram
  • Tembaga:4,7 miligram
  • Seng:4,1 miligram
  • Beta karoten:
  • 5 mikrogram
  • Tiamin (vitamin B1):0,64 miligram
  • Riboflavin (Vitamin B2):0,03 miligram
  • Niasin (Vitamin B3):0,0 miligram

Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan

Kacang mete rendah serat. Kebaikan lain yang dibawa kacang ini adalah kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan vitamin E, K dan B6 serta mineral lainnya seperti tembaga, fosfor, seng, magnesium, besi dan selenium penting untuk menjaga fungsi tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kacang mete mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Kandungan keduanya dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah Anda. Kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang relatif rendah dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan serangan jantung.

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral lain pada kacang mete, seperti potasium, vitamin E, vitamin B6, dan asam folat, dapat membantu tubuh melawan penyakit jantung. Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition juga mendukung manfaat kesehatan jantung dari kacang mete.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang-kacangan – termasuk kacang mete – lebih dari empat kali seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Pengurangan risikonya sekitar 37 persen dibandingkan mereka yang tidak pernah atau jarang makan kacang.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Kacang mete adalah salah satu dari banyak makanan yang kaya akan tembaga. 100 gram kacang mete mengandung 4700 mikrogram tembaga.

Kebutuhan tembaga yang dianjurkan untuk orang dewasa di atas usia 19 tahun adalah 900 mikrogram Permenkes No. 28 Tahun 2019. Artinya, hanya dengan segenggam kacang mete saja Anda sudah bisa memenuhi kebutuhan tembaga harian.

Tembaga sendiri berperan penting dalam mengganti jaringan ikat dan kolagen yang rusak. Tanpa asupan tembaga yang cukup, jaringan tubuh mudah rusak dan Anda lebih rentan mengalami disfungsi sendi. Kekurangan tembaga juga dapat menurunkan kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis.

Kacang mete tidak hanya kaya akan tembaga, tetapi juga mengandung magnesium yang berperan penting dalam pembentukan tulang. Magnesium dapat membantu menyerap kalsium ke dalam tulang, membuat tulang lebih kuat.

 

Selain rendah serat kandungan nutrisi kacang mete yang lainnya adalah kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.