Home news Resep Keripik Jagung Bakar untuk Isi Stoples di Rumah

Resep Keripik Jagung Bakar untuk Isi Stoples di Rumah

76
0
Resep Keripik Jagung Bakar untuk Isi Stoples di Rumah

Resep keripik jagung – Keripik merupakan menu makanan yang paling banyak penggemarnya, dengan kerupuk yang renyah dan lezat. Tidak akan ada yang melewatkan kelezatan keripik ini, apalagi jika keripiknya terbuat dari jagung. Olahan kripik jagung sangat digemari oleh semua kalangan, baik anak kecil maupun orang tua sangat menyukai kripik jagung.

Permintaan emping jagung sangat besar sehingga banyak pengusaha yang tertarik dengan emping jagung tersebut. Ada juga semakin banyak jenis keripik jagung, keripik jagung, keripik jagung, keripik jagung rasa, dll. Keripik jagung populer ini mudah ditemukan di banyak toko serba ada, toko grosir, penjual makanan, dan bahkan mal. Keripik jagung dijual dengan harga yang sangat murah sehingga siapapun bisa membelinya.

Keripik jagung bisa jadi cemilan saat santai bersama teman atau keluarga, suasana kumpul jadi lebih nyaman.Jagung merupakan bahan baku yang selalu dibutuhkan, sehingga hampir semua petani menanam jagung untuk kebutuhan masyarakat.

Selain untuk membuat keripik jagung juga bisa digunakan untuk menyiapkan berbagai macam masakan yang enak. Beberapa contoh makanan yang terbuat dari jagung adalah sup jagung, puding jagung, nasi jagung, keripik jagung, berondong jagung, berondong jagung, dll. Salah satu makanan berbahan dasar jagung yang paling banyak dicari pasti keripik jagung.

Keripik jagung yang renyah ini bikin ketagihan. Banyak orang yang tertarik untuk membuat keripik jagung sendiri dan sebenarnya membuat keripik jagung ini cukup mudah, siapapun bisa membuatnya. Namun untuk pengolahan keripik jagung sebaiknya mengetahui prosesnya dengan baik agar kandungan gizi pada keripik jagung tidak hilang. Sebelum mengetahui proses pembuatan keripik jagung, ada baiknya jika Anda mengetahui manfaat jagung yang baik.

Manfaat Jagung

Jagung kaya nutrisi dan baik untuk tubuh, jadi jangan remehkan banyak manfaat jagung.

Sumber Vitamin

Jagung ini merupakan sumber vitamin yang baik seperti vitamin B terutama niasin dan tiamin, yang penting untuk menjaga fungsi saraf dan kognitif. Jagung baik untuk orang yang kekurangan gizi. Jagung merupakan sumber protein, lemak dan karbohidrat, dan biji jagung juga mengandung vitamin E, yang merupakan antioksidan alami yang penting untuk perlindungan dan pertumbuhan.

Sumber Kalori

Jagung mengandung kalori yang tinggi, sehingga jagung digunakan sebagai makanan pokok, kandungan kalori jagung termasuk dalam biji-bijian besar. Makan jagung membuat Anda cepat gemuk. Sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang ingin menambah berat badan.

Mencegah Anemia

Kandungan vitamin B12 dan asam folat pada jagung dapat mencegah anemia akibat kekurangan vitamin. Jagung kaya akan zat besi dan bisa menjadi salah satu mineral penting yang membantu pembentukan sel darah merah baru. Sehingga jagung ini bisa digunakan untuk mencegah anemia.

Kaya Mineral

Jagung ini kaya akan mineral dan baik untuk tubuh. Mineral pada jagung, seperti selenium, sangat sulit ditemukan pada makanan lain. Mengandung fosfor, magnesium, seng, mangan, tembaga dan besi. Kandungan fosfor jagung penting untuk pengaturan pertumbuhan, kesehatan tulang dan fungsi ginjal yang optimal. Magnesium dibutuhkan untuk menjaga detak jantung normal dan dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Selain manfaat di atas, jagung memiliki banyak manfaat kesehatan penting lainnya. Karena kandungan gizi jagung yang tinggi, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan jagung dengan sebaik-baiknya untuk mencapai hidup sehat.

Resep Keripik Jagung

Cara Membuat Keripik Jagung Renyah dan Enak

Sebelum dibuat keripik jagung harus di mipil dahulu menggunakan alat yang modern yaitu mesin pemipil jagung, berikut cara membuat keripik jagung:

Bahan :

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 30 gram tepung maizena
  • 30 gram keju cheddar parut
  • 75 gram jagung manis pipil rebus yang dihaluskan
  • ½ sendok teh kaldu ayam bubuk
  • ½ sendok teh garam
  • 30 gram margarine 30 gram

Cara Membuat :

1. Keripik jagung ini dibuat dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, keju, jagung manis, kaldu ayam giling, margarin dan garam.
2. Campur semua bahan hingga tercampur rata.
3. Adonan yang sudah jadi kemudian masuk ke penggiling daging. Giling adonan dari gilingan paling tebal dan ulangi gilingan 3 kali. Kemudian ganti gilingan ke angka 3 dan seterusnya hingga adonan kalis dan mencapai angka gilingan 8.
4. Potong emping jagung berbentuk gergaji 10 x 1 ½ cm atau sesuai selera.                                                                 5. Jika sudah, goreng keripik jagung yang sudah dipres dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan. Goreng sampai kecoklatan. Jika Anda memiliki penarikan dan debit.

Itulah beberapa manfaat dan cara membuat keripik jagung, semoga bermanfaat.