Home Kesehatan Resep Jamu Beras Kencur Solo dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Resep Jamu Beras Kencur Solo dan Manfaatnya bagi Kesehatan

49
0
resep jamu beras kencur solo

Penasaran bagaimana cara membuat jamu beras kencur? yuk simak resep jamu beras kencur solo berikut ini!

Resep Jamu Beras Kencur Solo

Beras Kencur adalah salah satu jamu tradisional yang sudah banyak dikenal di pulau Jawa khususnya daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Minuman tradisional ini adalah salah satu varian jamu gendong, yang telah dikenal ratusan tahun lalu.

Resep Jamu Beras Kencur Solo

Bahan-bahan:

  • 50 gram beras
  • air secukupnya
  • 100 gram kencur
  • 5 sdm gula pasir
  • 75 gram gula merah
  • 3 ruas jahe, geprek

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih beras lalu rendam selama satu jam.
  2. Setelah itu, panaskan air secukupnya dengan menggunakan panci. Masukkan gula merah, gula pasir dan jahe yang sudah digeprek.
  3. Selanjutnya, siapkan blender. Masukkan beras yang telah direndam bersama dengan kencur dan satu gelas air ke dalam blender. Proses bahan-bahan tersebut hingga halus dan tercampur merata. Setelah dirasa halus, saring ramuan tersebut dan tuang ke dalam wadah. Sisihkan.
  4. Setelah itu, saring juga bahan rebusan air gula tadi, dan Tuangkan ke dalam wadah ramuan beras yang telah dihaluskan tadi. Aduk-aduk agar tercampur merata.
  5. Jamu beras kencur pun siap disajikan.

Manfaat Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit pada tubuh.

Tak heran, minuman tradisional satu ini banyak digemari oleh masyarakat Indoensia karena segudang manfaatnya. Berikut ini kami sampaikan beberapa manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan :

1. Menambah Nafsu Makan

Manfaat jamu beras kencur yang sangat terkenal adalah dapat meningkatkan nafsu makan. Jamu beras kencur merupakan salah satu minuman herbal alami yang sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang memiliki masalah dengan nafsu makan.

Konsumsi jamu beras kencur secara rutin diyakini dapat meningkatkan nafsu makan anak sekaligus menambah stamina tubuh. Rimpang kencur memiliki khasiat dalam membantu penebalan dinding lambung. Manfaat ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah pada penipisan lambung atau penyakit maag.

2. Menyembuhkan Diare

Rimpang kencur sebagai bahan utama pembuatan jamu beras kencur mengandung zat sitotoksik dan anti bakteri yang dapat meringankan diare. Pada umumnya, masalah diare diakibatkan karena adanya infeksi pada saluran pencernaan. Dalam kondisi ini, mikroba yang bertanggungjawab yaitu bakteri, virus ataupun parasit.

Tak hanya itu, rimpang kencur juga memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri sehingga dapat menyembuhkan diare dengan cepat. Mengonsumsi jamu beras kencur saat diare juga dapat bisa bermanfaat untuk mencegah dehidrasi tubuh.

3. Mengobati Infeksi | Manfaat Jamu Beras Kencur Solo

Manfaat jamu beras kencur yang selanjutnya yaitu dapat mengobati infeksi pada tubuh.
Ada berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk meringankan kondisi tersebut, Anda dapat mengonsumsi jamu beras kencur.

Manfaat jamu beras kencur ini bisa Anda rasakan berkat zat-zatĀ  yang terkandung di dalam kencur yang memiliki sifat sebagai anti bakteri. Zat anti bakteri ini cukup efektif dalam melawan infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

4. Menyembuhkan Sariawan

Manfaat jamu beras kencur yang berikutnya yaitu dapat menyembuhkan sariawan. Manfaat jamu beras kencur yang mampu meringankan sariawan ini berkat rasa hangat dan sifat antibakteri yang diberikan oleh rimpang kencur.

Selain itu, rimpang kencur juga mengandung minyak atsiri yang terdisi dari senyawa borneol, kamfer, sineol, etilalkohol yang dapat meluruhkan dahak, membersihkan tenggorokan serta mengatasi masalah pada tenggorokan.

5. Mengatasi Flu

Manfaat jamu beras kencur yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi flu. Manfaat ini dirasakan berkat efek hangat yang diberikan oleh rimpang kencur. Efek hangat dari rimpang kencur ini juga dapat menghilangkan rasa mual yang diakibatkan oleh flu.

Tak hanya itu, jamu beras kencur juga bermanfaat untuk mengatasi batuk. Rasa hangat yang diberikan oleh kencur mampu menetralkan batuk dan rasa pegal-pegal. Sakit kepala pun bisa diredakan dengan mengonsumsi jamu beras kencur. Tahukah Anda? kencur juga bisa digunakan sebagai obat sakit kepala traumatis pada penderita migran.

Intip Juga Cara Membuat Jamu Kunir Asam dan Manfaatnya BAGI Tubuh

6. Mencegah Kanker

Rimpang kencur memiliki kandungan senyawa etil p-metoksisinamat yang bersifat sebagai anti kanker. Kandungan ini bisa menghambat proses proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler sehingga mampu mencegah terjadinya penyakit kanker.

Demikian beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi jamu beras kencur. Agar manfaatjamu beras kencur bisa Anda rasakan, maka sebaiknya minuman tradisional ini dikonsumsi secara teratur.

Meskipun jarang menimbulkan efek samping, namun konsumsi jamu beras kencur juga perlu dibatasi dan tidak boleh secara berlebihan. Untuk informasi dan update menarik lainnya seputar jamu beras kencur, Anda bisa mendapatkannya di F1-Country.