Home Tips 5 Rekomendasi Jenis Laptop Untuk Desain Grafis

5 Rekomendasi Jenis Laptop Untuk Desain Grafis

10
0
Rekomendasi Jenis Laptop Untuk Desain Grafis

Ketika Anda ingin membeli laptop jenis ini untuk desain grafis, pastikan Anda mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari RAM dan kapasitas penyimpanan yang besar, resolusi layar yang mampu mendukung tampilan visual, hingga prosesor yang bertenaga dan masih banyak lainnya.

Hal ini tentunya agar program dapat berjalan dengan lancar, cepat dan tanpa kendala. Apa saja pertimbangan lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih laptop untuk mendukung kebutuhan desain grafis Anda?

Pada artikel kali ini kami membantu Anda dengan penjelasan lebih detail mengenai laptop yang cocok untuk kegiatan desain grafis. Tonton di bawah ini dan jangan sampai ketinggalan!

Apa yang harus diperhatikan saat memilih laptop untuk desain grafis?

Saat ingin memilih laptop untuk keperluan grafis, tentunya sangat penting untuk melakukan pertimbangan yang berbeda dibandingkan saat membeli laptop untuk pemakaian normal.

Pasalnya, laptop desain grafis memang sengaja diproduksi dengan mengutamakan daya tahan dan kecepatan.

Oleh karena itu, ada spesifikasi tertentu pada laptop yang penting diperhatikan untuk menunjang kegiatan desain grafis yang dilakukan.

Jika Anda berencana membeli laptop untuk keperluan desain grafis, jangan khawatir dan bingung. Karena SEWA.COM.co siap menjelaskan apa saja yang harus Anda perhatikan saat memilih laptop untuk desain grafis. Jangan lewatkan untuk menyimak artikel di bawah ini!

1. Pilih jenis prosesor

Pertimbangan pertama yang harus diperhatikan saat membeli laptop untuk keperluan desain grafis adalah menentukan jenis prosesor yang digunakan. Hal ini dinilai sangat penting mengingat prosesor itu sendiri merupakan otak dari laptop yang memiliki fungsi memproses berbagai aktivitas.

Jadi, jika tidak memiliki prosesor yang mumpuni, pasti akan kesulitan menjalankan berbagai aplikasi software desain grafis yang seringkali cukup berat saat digunakan. Kemudian, mengingat semua aktivitas desain grafis yang dilakukan di laptop memiliki proses yang terbilang rumit.

Salah satu merek prosesor yang bisa menjadi pilihan tepat Anda adalah Intel. Maka prosesor Intel yang direkomendasikan adalah Intel Core i5 dengan generasi ke-9 atau ke-10 karena masih dilengkapi dengan sistem yang mampu menjalankan beberapa software berat dan terhindar dari lag atau error.

2. Layar

Salah satu hal yang juga harus Anda pertimbangkan saat ingin membeli laptop untuk keperluan multimedia dan desain grafis adalah jenis panel layar yang Anda miliki. Mengapa demikian? Karena hal ini nantinya akan mengorbankan kenyamanan Anda saat menatap layar laptop.

Jadi, sangat disarankan untuk memilih layar laptop berdesain grafis minimal dengan panel IPS, baik untuk layar LCD maupun LED. Menggunakannya akan sangat membantu Anda dalam aktivitas mendesain karena panel mampu menampilkan detail secara jelas dan nyata serta tampilan yang konsisten dari berbagai sudut pandang.

Untuk lebih mendukung desain grafis Anda, Anda juga harus memperhatikan ukuran layar. Resolusi layar yang disarankan adalah 1920 x 1080 (full HD), 2560 x 1440 (quad HD), dan 3840 x 2160 (4K UHD).

3. Dukungan pemrosesan grafis

Pertimbangan selanjutnya yang nantinya akan mempengaruhi tampilan visual pada layar Anda adalah komponen GPU atau graphics processing unit pada laptop. Pasalnya, komponen ini sendiri bisa memaksimalkan kemungkinan visual yang ditampilkan, seperti gambar video atau yang berhubungan dengan objek 3D.

Jika ingin laptop yang mendukung ini, pilihlah laptop dengan VGA yang berada di luar bagian on-board. Sehingga dapat menghindari pembagian performa dengan RAM yang membuatnya macet atau melalui proses yang lama.

4. Dukungan RAM

Kapasitas RAM pada laptop Anda juga menjadi pertimbangan untuk dipertimbangkan saat memilih laptop untuk desain grafis. Jadi, pastikan Anda memilih RAM dengan kapasitas yang cukup karena RAM ini berperan penting dalam membantu kinerja laptop agar bisa berjalan cepat terutama dalam aktivitas multitasking.

Rekomendasi kapasitas RAM yang bisa Anda gunakan minimal 4 GB dengan pilihan DDR3 atau DDR4. Selain itu, usahakan untuk memilih laptop yang dilengkapi slot RAM lebih dari satu, agar bisa melakukan upgrade jika dirasa kapasitas RAM yang ada masih kurang.

5. Media Penyimpanan

Performa laptop grafis Anda sebagian bergantung pada kapasitas penyimpanan internal yang tersedia. Jadi jangan pertimbangkan satu hal ini saat memilih laptop. Namun sebenarnya bukan hanya soal besaran kapasitas, tetapi Anda juga memilih memori penyimpanan dengan tipe SSD.

Hal ini dikarenakan SSD lebih mumpuni untuk memudahkan Anda membuka banyak program di laptop Anda. Hanya saja harga laptop yang dilengkapi SSD akan lebih mahal dibandingkan penyimpanan HDD berkapasitas lebih kecil.

6. Anggaran

Dari berbagai penjelasan dan pertimbangan yang telah disebutkan di atas, pertimbangan selanjutnya adalah perkiraan budget yang Anda miliki. Padahal, tidak bisa dipungkiri jika Anda memang membutuhkan laptop untuk keperluan desain grafis, Anda memang harus rela merogoh kocek yang cukup dalam.

Namun, harga yang lebih tinggi tentu direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang. Mengingat harganya yang mahal, kekuatan laptop yang dibeli juga memudahkan untuk memenuhi segala kebutuhan.

Sistem operasi laptop apa yang cocok untuk desain grafis?

Setelah mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih laptop untuk kegiatan desain grafis, langkah selanjutnya adalah menentukan sistem operasi seperti apa yang bisa Anda andalkan.

Perlu dicatat bahwa ada tiga sistem operasi di laptop yang umum digunakan, antara lain Windows, MacOS, dan Linux. Tentunya ketiga sistem operasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Seperti misalnya MacOS yang jelas harganya relatif mahal dan mengharuskan Anda memiliki budget yang cukup besar jika memilih menggunakan sistem operasi ini.

Di sisi lain, laptop yang menjalankan sistem MacOS memiliki keunggulan dalam jangka waktu penggunaan yang dapat bertahan lama dan ada aplikasi tertentu yang tidak dimiliki oleh sistem operasi lain.

Sistem operasi berikutnya ini memang bisa menjadi pilihan Anda dengan harga yang tidak terlalu mahal, yaitu Windows. Selain harganya yang terjangkau, laptop dengan sistem operasi ini hadir dalam beragam pilihan dan menariknya, Anda bisa mengkustomisasinya sesuai keinginan.

Jadi jika Anda merasa laptop Anda mengalami proses yang lambat, sangat mungkin untuk mengganti beberapa bagian laptop dengan sistem operasi ini. Tentu saja, Anda tidak dapat melakukan ini jika memilih untuk menggunakan MacOS.

Walaupun sistem operasi yang terakhir ini mungkin belum banyak dikenal dibandingkan dengan dua sistem operasi sebelumnya yang sudah dijelaskan di atas. Linux sangat cocok bagi Anda yang memiliki kegemaran mengutak-atik laptop, karena sistem operasi ini dapat melakukan berbagai perubahan dengan sangat mudah.

Kemudian kelemahan Linux adalah pengoperasiannya yang cukup sulit untuk pemula dan aplikasi yang dimilikinya tidak selengkap MacOS dan Windows.

Apa jenis laptop yang direkomendasikan untuk desain grafis?

Ada berbagai jenis laptop desain grafis di pasaran, jadi apakah Anda tidak yakin harus memilih yang mana? Jangan khawatir, berikut daftar rekomendasi jenis laptop untuk desain grafis yang sudah SEWA.COM.co siapkan untuk Anda. Lihat!

1.MacBook Pro 2021

Rekomendasi tipe laptop untuk desain grafis yang pertama datang dari produk Apple yaitu Macbook Pro 2021. Nampaknya dengan laptop ini sudah tidak perlu diragukan lagi performanya, terutama untuk aktivitas multimedia dan desain grafis yang mendukung. Selain sarat fitur, laptop ini juga mampu menampilkan gambar yang tajam dan detail dengan warna yang tampak nyata. Semua itu tentunya berkat Retina Display dengan teknologi True Tone.

2.Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED

Asus Zenbook Pro 14 Duo OLED juga layak dipilih sebagai penunjang aktivitas desain Anda, karena laptop ini dibekali fitur teknologi unggulan dan canggih. Menariknya, laptop ini akan memikat Anda dengan layar gandanya.

Adanya layar ScreenPad Plus berarti banyak hal yang bisa Anda lakukan, termasuk memperluas tampilan, grup tugas, dan mengakses panel kontrol. Tak hanya itu, fitur navigator aplikasi di ScreenPad Plus dan layar utama juga memberi Anda lebih banyak kontrol dan kemudahan penggunaan saat mendesain.

3.Dell XPS 15

Salah satu hal yang termasuk kategori penting untuk diperhatikan saat memilih laptop yang dapat mendukung aktivitas desain adalah tampilan layar yang lebar dan kualitas layar yang tajam. Hal itu tentu saja Anda dapatkan pada laptop desain grafis tipe Dell XPS 15 ini.

Laptop ini siap memanjakan Anda dengan layar 15,6 inci beresolusi 4K UHD. Cukup menawan, bukan? Selain itu, Anda tidak perlu meragukannya dari segi performa karena laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Core i7 yang mendukung berbagai aktivitas desain Anda tanpa mengenal kelesuan.

4.HUAWEI MateBook X Pro 2020

Rekomendasi berikut ini cocok untuk Anda yang membutuhkan laptop desain grafis dengan baterai yang awet atau tahan lama, terlihat elegan dan memiliki desain yang tipis. Tentu bukan itu saja, namun ada hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh laptop HUAWEI MateBook X Pro 2020 ini.

Ini adalah sistem on-screen touchscreen yang memungkinkan Anda untuk menggulir dan memperbesar saat mendesain, serta bezel monitor yang didesain sangat tipis untuk membuat layar tampak lebih lebar.

5 . Acer ConceptD 3 Keledai (NX.C5KSN.001)

Rekomendasi terakhir ini benar-benar menawarkan pilihan mode penggunaan yang berbeda untuk membantu Anda mendesain. Keunggulan dari Acer ConceptD 3 Ezel (NX.C5KSN.001) terletak pada dukungan touchscreen dan prosesor yang sangat mumpuni untuk digunakan.

Menariknya, laptop ini bisa digunakan dalam enam mode berbeda, salah satunya adalah mode display yang memungkinkan Anda membuat presentasi. Kemudian mode stand bisa Anda gunakan untuk menggambar. Lalu mode float untuk mendapatkan sudut pandang yang ideal.

Selain itu, Anda dapat mengalihkannya ke mode laptop, berbagi, atau pad kapan saja. Wah, lengkap kan laptop jenis ini? Bagaimana tertarik untuk memilih laptop ini?

Dari penjelasan tersebut apa saja yang harus anda perhatikan saat memilih laptop untuk menunjang pekerjaan grafis anda. Bagaimana, dari rekomendasi yang diberikan, tipe laptop apa yang Anda minati untuk desain grafis? Atau mungkin Anda baru saja memutuskan untuk menyewa karena belum benar-benar ingin membeli?

Jika memang tidak ingin membeli jauh-jauh hari, Anda bisa mengandalkan SEWA.COM.co yang menyediakan jasa sewa laptop, komputer, tablet, dan perangkat multimedia lainnya dengan layanan berpengalaman dan terpercaya. Tentu saja, itu dapat disesuaikan dengan spesifikasi berbeda yang Anda butuhkan. Konsultasikan kebutuhan peralatan Anda dengan tim kami sekarang juga!