Home news Pakan Yang Bagus Untuk Kambing Hamil Dan Cara Perawatannya

Pakan Yang Bagus Untuk Kambing Hamil Dan Cara Perawatannya

9
0
Pakan Yang Bagus Untuk Kambing Hamil

Pakan Yang Bagus Untuk Kambing Hamil-Kambing menjadi mamalia yang memberikan banyak nilai manfaat bagi manusia mulai dari daging, bulu, tulang, kotoran, sampai susunya. Bukan hanya nilai manfaat yang baik, tetapi memelihara kambing pula tidak memerlukan hal perlakuan khusus.

Meskipun begitu, Anda tetap wajib  memperlakukan hewan ternak ini dengan benar terutama ketika masa kehamilan. Perhatian khusus pada kambing bunting merupakan salah satu hal yang harus dilakukan dengan baik dalam peternakan kambing.

Ciri-Ciri Kambing Yang Sedang Bunting?           

Kambing yang telah positif bunting, ciri-cirinya ialah tidak muncul berahi di siklus berikutnya. Di kehamilan di atas dua bulan, nafsu makannya semakin baik. Apabila ambingnya diperah, rona cairannya sebagai bening serta lengket.

Pakan Yang Bagus Untuk Kambing Hamil

Pakan yang diberikan pada domba bunting akan tidak sama dengan domba biasa. Hal ini karena induk tadi mengandung anak di dalam kandungannya. Dalam periode kebuntingan 3 bulan pertama, pertumbuhan janin masih relatif lambat. Oleh sebab itu, jumlah kebutuhan pakan buat keperluan anak di dalam kandungan juga belum banyak. Di periode tiga bulan pertama ini lebih difokuskan buat menjaga kondisi induk agar permanen baik, terutama pada berat badan.

Sehabis 4—6 minggu sebelum melahirkan, barulah pertumbuhan janin berlangsung dengan cepat. Oleh sebab itu, induk yang bunting perlu diberi pakan dengan kandungan protein, vitamin, serta mineral yang cukup. Di waktu itu, bobot tubuh domba seharusnya dapat meningkat 7—12 Kilo Gram. Hal itu dapat dicapai Bila domba diberi pakan secara bebas.

Pakan yang diberikan berupa adonan rumput serta leguminosa serta konsentrat. Anda pula perlu menyampaikan suplemen mirip protein dan  mineral. Jumlah pakan yang diberikan buat induk berbobot 40 Kilo Gram ialah 4,lima—5 Kilo Gram/ekor/hari dan  konsentrat 0,25—0,5 Kilo Gram/ekor/hari.

Anda jua mampu memberikan molases sebanyak 100—200 gram/ekor/hari sebagai pengganti makanan karena mudah dicerna.

Pemberian  pakan yang sahih dapat menghasilkan produksi air susu semakin tinggi, serta kondisi induk dan  anak bertenaga serta sehat.

Kambing Yang Hamil Ditempatkan Di Kandang Khusus

Kambing hamil harus ditempatkan di kandang yang terpisah buat menghindari gangguan dari kambing lain. Harus dijauhkan asal perkelahian agar tidak terkena pukulan atau tandukan kambing lainnya. Sangkar juga harus cukup luas supaya kambing leluasa berkiprah. Selain itu, kandang juga wajib  mendapat sinar matahari yg relatif setiap hari, supaya induk kambing permanen sehat dan  kuat hingga datang saat kelahiran.

Kambing yg hamil perlu sesekali dikeluarkan dari kandang. Tapi, hati-hati waktu mengeluarkannya jangan sampai kambing terjatuh atau meloncat tiba-tiba yang bisa membahayakan kandungannya. Hal ini dibutuhkan agar kambing mampu berolahraga atau berjalan-jalan. Dengan begitu, kambing tidak sebagai terlalu gemuk karena kurang berkiprah serta bisa mengakibatkan peredaran darahnya kurang lancar serta menghasilkan proses kelahirannya sulit. Hindari suasana yg ramai atau bising sebagai akibatnya dapat mengakibatkan kambing tidak nyaman atau stres dan  mampu mengakibatkan keguguran.

Pantangan Pakan Kambing Hamil

Pakan Fermentasi    

Segala hal yang difermentasian tentu akan menyebabkan bakteri tertentu dengan penambahan rasa masam. Sang sebab itu, jenis kuliner fermentasi usahakan dihindarkan terlebih dahulu saat kambing Anda sedang hamil. Pakan yang sudah difermentasi akan berdampak jelek bagi janin serta induknya.

Konsentrat

Konsentrat memang wajib  diberikan di kambing hamil usia 2 sampai tiga bulan kehamilan untuk memenuhi nutrisinya. Tetapi Anda harus memerhatikan porsi konsentrat pada kambing Anda sebab berpotensi membuat janin obesitas. Berikan konsentrat sedikit saja, sebab Jika anak kambing obesitas maka induknya akan mengalami kesulitan ketika melahirkan. Hal ini tentu sangat berisiko baik buat anak maupun buat induknya.

Beras Kencur

Seperti temulawak, beras kencur sebenarnya juga mempunyai manfaat positif pada kambing. Tetapi Anda seharusnya menjauhkan beras kencur waktu binatang tersebut sedang hamil. Beras kencur akan berpotensi menghambat kehamilan serta induk karena bisa menyebabkan gangguan tertentu.

Susu yang tak Dipasteurisasi

Susu memang sumber nutrisi serta kalsium, namun akan berbahaya Jika Anda memberikan susu yg belum dipasteurisasi. Jenis susu yang belum dipasteurisasi mampu mengakibatkan keracunan sehingga bisa merusak kehamilan binatang ternak ini.

Temulawak          

Temulawak memang baik buat menaikkan nafsu makan pada kambing. Akan tetapi, memberikannya di waktu hamil bukanlah pilihan tepat. Hal ini ditimbulkan karena kandungan temulawak nyatanya bisa membahayakan bagi anaknya pada dalam perut.

Bagi anda yang ingin memberikan pakan ke kambing sebaiknya potong dahulu rumput menjadi kecil-kecil agar lebih mudah dicerna. Untuk itu kami menyediakan mesin pencacah rumput yang akan membantu anda dalam memberi pakan.