Home showbiz Profil & Fakta BLACKPINK, Monster Rookie dari YG Entertainment

Profil & Fakta BLACKPINK, Monster Rookie dari YG Entertainment

4
0
Profil & Fakta BLACKPINK, Monster Rookie dari YG Entertainment
Profil & Fakta BLACKPINK, Monster Rookie dari YG Entertainment

Siapa tidak kenal Blackpink? Popularitas grup asal Korea Selatan yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa ini meledak sejak baru muncul di dunia musik negeri ginseng tersebut.

Lewat dua lagu debut yang berjudul “Whistle” dan “Boombayah”, Blackpink yang debut pada 8 Agustus 2016 ini langsung melejit, membuat mereka mendapatkan titel monster rookie karena prestasi debut yang luar biasa.

Karir Blackpink kemudian terus menanjak lewat berbagai hits seperti “Ddu-Du Ddu-Du” dan “Playing With Fire”. Blackpink semakin dikenal di mata dunia musik internasional karena berhasil memasuki Billboard Hot 100 lewat lagu mereka yang berjudul “Kill This Love”.

Ingin mengenal lebih jauh empat anggotanya—Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa? Langsung saja intip profilnya berikut ini!

1. JISOO

Jisoo lahir di Gunpo, Gyeonggi, Korea Selatan pada 3 Januari 1995 dengan nama Kim Ji-soo. Nama panggilannya adalah Chi Choo dan Jichu. Ia memiliki seorang kakak laki-laki, kakak perempuan, dan seekor anjing yang dinamai Dalgom.

Jisoo bergabung dengan agensi YG Entertainment pada tahun 2011 lewat audisi dan menjalani masa trainee selama lima tahun. Sebelum debut sebagai anggota Blackpink, pada tahun 2015 Jisoo tampil sebagai cameo di drama KBS2 “The Producers” bersama rekan satu agensinya, Sandara Park 2NE1 dan Kang Seung-yoon Winner. Ia juga pernah tampil di berbagai iklan seperti Smart Uniform, LG, Nikon, dan Samsonite bersama aktor Lee Minho, serta di video klip HISUHYUN yang berjudul “I’m Different” dan “Spoiler + Happen Ending” dari EPIK High.

Ia debut sebagai anggota Blackpink ketiga yang diungkapkan ke publik. Dengan tinggi badan 162 cm dan berat 45 kg, Jisoo menempati posisi lead vocalist dan visual atau wajah utama grup.

Pada 5 Februari 2017 hingga 4 Februari 2018, Jisoo bersama Got7 Jin-young dan NCT Do-young menjadi pembawa acara atau MC acara musik Inkigayo. Pada September 2018, Jisoo bersama anggota Blackpink lainnya, Rosé, terpilih sebagai model untuk produk kosmetik Kiss Me. Pada 3 Juni 2019, Jisoo dikonfirmasi tampil sebagai cameo di drama fantasi tvN berjudul Arthdal Chronicles bersama Nickhun dari 2PM.

Di bulan April 2019, akun Instagram Jisoo, @sooyaaa__, tercatat memiliki 12,8 juta pengikut. Jisoo menduduki peringkat kesepuluh sebagai artis K-Pop dengan pengikut akun Instagram terbanyak.

Jisoo bisa berbicara dalam bahasa Korea, Jepang, dan Cina dasar. Menurut Jennie, Jisoo malu berbicara dalam bahasa Inggris meski dia bisa memahaminya dengan baik.

Alat musik yang bisa dimainkannya adalah drum dan piano. Selain bermain musik, Jisoo juga memiliki sabuk putih dalam taekwondo.

2. JENNIE

Jennie lahir di Seoul, Korea Selatan pada 16 Januari 1996 dengan nama asli Kim Je-ni. Ia adalah anak tunggal di keluarganya. Karena pipinya tampak seperti ‘mandu’ atau dumpling, ia mendapat julukan Jendeukie atau Mandeukie. Ia memiliki tinggi badan 163 cm dan berat 50 kg.

Pada usia 9 tahun, Jennie mulai menjalani studi di ACG Parnell College di Auckland, Selandia Baru, sehingga ia bisa berbicara dalam bahasa Korea dan Inggris dengan fasih. Ia sempat muncul di program dokumenter MBC berjudul “English, Must Change to Survive” pada tahun 2006. Jennie kembali ke Korea Selatan pada tahun 2010 dan mengikuti audisi YG Entertainment hingga akhirnya bergabung sebagai trainee.

Pada tahun 2012, Jennie berpartisipasi dengan penyanyi YG lainnya seperti Lee Hi, G-Dragon, dan Seungri. Selain berduet, ia juga menjadi model video klip “That XX” dari G-Dragon.

Jennie debut sebagai rapper utama dan vokalis dalam grup Blackpink pada bulan Agustus 2016. Ia adalah anggota pertama yang diperkenalkan pada publik.

Pada pertengahan Oktober 2018, Jennie membuat debut solo dengan lagu berjudul “Solo”. Video klip “Solo” dilihat lebih dari 300 juta kali dalam enam bulan, menjadikannya video klip artis wanita K-Pop yang paling banyak ditonton sepanjang masa.

Jennie sudah membintangi beberapa iklan seperti Sprite dan CASS Beer. Selain itu, Jennie menjadi anggota Blackpink yang paling sering diundang ke acara fashion show sehingga mendapat predikat sebagai ikon fashion dari grupnya. Ia pun sempat masuk dalam “The 100 Most Beautiful Faces” versi TC Candler pada tahun 2017 dan 2018.

Pada awal tahun 2019, Jennie diberitakan menjalani hubungan asmara dengan anggota grup EXO, Kai, yang berakhir pada 25 Januari 2019.

Seperti Jisoo, Jennie juga memelihara anjing yang dinamai Kai dan Kuma. Alat musik yang bisa dimainkannya yaitu piano dan flute.

Di antara anggota Blackpink lainnya, Jennie dianggap memiliki kemampuan memasak yang paling baik. Namun, ia memiliki kelemahan yaitu mudah mabuk karena gerakan tertentu, seperti mabuk kendaraan.

3. ROSÉ

Rosé lahir pada 11 Februari 1997 di Auckland, Selandia Baru, dengan nama lengkap Roseanne Park. Orangtuanya adalah imigran dari Korea Selatan, sehingga Rosé juga memiliki nama Korea yaitu Park Chae-young. Rosé adalah anak bungsu dari dua bersaudara, dengan seorang kakak perempuan.

Dengan nama panggung Rosé, ia menempati posisi main vocalist dan lead dancer dalam grup Blackpink. Rosé memiliki beberapa nama panggilan seperti Rose, Rosie, dan Pasta. Ia memiliki tinggi badan 168 cm dan berat 45 kg.

Di usia tujuh tahun, Rosé dan keluarganya pindah ke Melbourne, Australia pada tahun 2004. Rosé menjalani pendidikan di Canterbury Girls’ Secondary College di Melbourne dan mulai menyanyi serta mempelajari piano dan gitar. Ia juga tampil sebagai bagian dari paduan suara gereja.

Pada tahun 2012, Rosé mengikuti audisi YG Entertainment di Australia atas saran dari ayahnya dan menempati peringkat satu dari 700 peserta. Dua bulan kemudian Rosé bergabung dengan agensi tersebut dan pindah ke Seoul. Sebelum debut, Rosé mendapat kesempatan untuk berpartisipasi di lagu G-Dragon berjudul “Without You”.

Rosé menjalani masa trainee selama kurang lebih empat tahun. Dia adalah anggota terakhir yag diungkap sebagai bagian dari Blackpink.

Bersama Jisoo, ia terpilih sebagai model produk kosmetik Kiss Me. Rosé juga menjadi artis idola K-Pop kesembilan yang paling banyak memiliki pengikut akun Instagram. Akun instagramnya, @roses_are_rosie, diikuti lebih dari 13 juta pengikut.

Keluarga berdarah asli Korea dan lingkungan hidup di Australia membuat Rosé fasih berbicara dalam bahasa Korea dan Inggris. Ia adalah seorang penganut Kristen taat yang sering mengunjungi gereja.

Seperti anggota Blackpink lainnya, Rosé juga memiliki hewan peliharaan. Ia memelihara seekor ikan bernama Joo-hwang yang berarti ‘oranye’.

Rosé dikenal sangat pandai memainkan gitar dan piano. Ia beberapa kali menyanyi sambil memainkan gitar semasa menjadi trainee.

Penyanyi utama Blackpink ini mengaku tidak menyukai buah alpukat karena “teksturnya lembek dan rasanya aneh”. Namun, ia ternyata memiliki boneka plushie berbentuk alpukat yang didapatkannya dari New York.

4. LISA

Lisa adalah anggota termuda (maknae) dari grup Blackpink. Lisa lahir dengan nama asli Panpriya Manoban pada 27 Maret 1997 di Provinsi Buriram, Thailand. Namanya ini kemudian berubah menjadi Lalisa Manoban. Ia memiliki nama panggilan Lalice, Laliz, dan Pokpak.

Sebagai anak tunggal, Lisa memiliki ayah angkat berkebangsaan Swiss dan bekerja sebagai konsultan restoran dan ahli makanan Thailand di Bangkok, sementara ibunya adalah orang Thailand. Oleh karena itu, Lisa mampu berbahasa Thailand dan Inggris.

Lisa menjalani pendidikan di Praphamontree School 1 dan 2 dan sudah menunjukkan ketertarikan pada industri K-Pop sejak kecil sehingga ingin menjalani karir di dunia K-Pop seperti artis yang dikaguminya, Bigbang dan 2NE1. Lisa kemudian bergabung dalam tim tari Wee Zaa Cool yang terdiri dari sebelas anggota. Salah satu di antaranya adalah anggota grup Got7, Bambam.

Pada tahun 2010, Lisa mengikuti audisi YG Entertainment di Thailand dan menjadi satu-satunya kontestan yang lolos dari 4000 peserta. Terhitung sejak 11 April 2011, ia secara resmi bergabung dan menjadi trainee warna negara asing pertama di agensi tersebut. Sebelum debut sebagai anggota Blackpink, ia sempat muncul di video klip “Ringa Linga” dari Taeyang.

Pada Agustus 2016, Lisa debut sebagai anggota grup Blackpink sekaligus artis non-Korea pertama di bawah naungan YG Entertainment. Dengan tinggi badan 166.5 cm dan berat 44.7 kg, Lisa menempati posisi main dancer, lead rapper, dan sub-vocalist dalam grup Blackpink.

Beberapa merek dan produk yang menggaet Lisa sebagai modelnya antara lain AIS Thailand (operator ponsel GSM terbesar di Thailand), Samsung Galaxy S10 Thailand, dan game online Ragnarok M: Eternal Love. Lisa juga menjadi model pilihan Hedi Slimane, direktur kreatif merek mewah asal Perancis, Celine. Selain itu ia sempat menjadi model utama sampul majalah Harper’s Bazaar Thailand edisi Mei 2019.

Pada April 2019, Lisa menempati peringkat pertama sebagai artis K-Pop dengan pengikut akun Instagram (@lalalalisa_m) terbanyak, yaitu lebih dari 17.4 juta pengikut. Selain Instagram, ia juga memiliki akun Youtube, “Lilifilm Official”, yang berfokus pada gaya hidup dan travelling.

Sebagai warga negara Thailand, Lisa adalah seorang penganut Buddha. Ia tergabung dalam “Thai Line” bersama artis K-Pop Thailand lainnya yaitu NCT Ten, CLC Sorn, dan Got7 Bambam.

Seperti anggota lainnya, Lisa juga memiliki hewan peliharaan. Ia memelihara dua ekor kucing bernama Leo dan Luca. Meski posisinya rapper, Lisa ternyata juga bisa memainkan alat musik ukulele dan gitar.

Itu dia profil dan fakta-fakta menarik dari empat anggota Blackpink: Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa. Nah, siapa anggota favoritmu?