Ini Profil & Fakta EXO, “Kings of K-Pop”

Profil & Fakta EXO – Popularitas EXO sebagai salah satu grup K-Pop dari label populer SM Entertainment memang tidak bisa dianggap remeh. Dengan lima album yang masing-masing sudah terjual lebih dari 1 juta kopi dan penggemar dari berbagai penjuru dunia, EXO didaulat sebagai “kings of K-Pop” atau rajanya K-Pop.

Grup yang sempat kehilangan tiga dari dua belas anggotanya ini juga terkenal dengan konsep imejnya yang unik dan menarik. Ayo, cari tahu lebih jauh tentang anggota-anggota EXO!

1. Suho

Suho, leader dari grup EXO, lahir dengan nama Kim Jun-myeon pada 22 Mei 1991 di Seoul, Korea Selatan. Suho adalah anak bungsu dari dua bersaudara. Suho mengaku sebagai penganut Buddha.

Ia menjadi trainee di SM Entertainment sejak usia 6 tahun dan anggota kesepuluh yang masuk dalam EXO. Suho direkrut untuk audisi ketika sedang di pinggir jalan.

Suho dipilih sebagai leader dan lead vocalist grup EXO. Di luar EXO, Suho juga berakting dalam beberapa drama seperti Rich Man pada tahun 2018 dan The Universe’s Star pada tahun 2017.

Dia dikenal memiliki karakter penuh sopan-santun dan pandai berbicara di depan publik. Beberapa julukannya antara lain “Sunnouncer” (Suho + announcer), “Esuhort” (Suho + escort), dan “Leader”.

2. Xiumin

Xiumin memiliki nama asli Kim Min-seok dan lahir pada 26 Maret 1990 di Guri, Gyeonggi, Korea Selatan. Ia memiliki seorang adik perempuan yang identitasnya dirahasiakan. Karena memilki mata yang kecil dan pipi cenderung bulat, Xiumin mendapat nama panggilan “Bao Zi” (bakpao) dan “Mandoo” (dumpling).

Xiumin bergabung dengan SM Entertainment di usia 18 tahun. Ia merupakan anggota tertua, lead vocalist, lead dancer, dan rapper EXO. Ia juga merupakan bagian dari sub-unit EXO-CBX. Selain itu, dia membintangi webdrama Falling for Challenge pada tahun 2015 dan film Seondal di tahun berikutnya.

Xiumin menjadi anggota EXO pertama yang melaksanakan wajib militer pada 7 Mei 2019.

3. Lay

Zhang Yixing, alias Lay, saat ini menjadi anggota berkebangsaan Tiongkok satu-satunya di grup EXO. Ia adalah main dancer dan vokalis yang juga suka menulis dan memproduksi lagu sendiri.

Lay lahir pada 7 Oktober 1991 dan berasal dari Changsha, Hunan, Tiongkok. Sejak kecil ia sudah populer sebagai artis lokal di tempat asalnya. Di usia 16 tahun, Lay menjadi trainee di SM Entertainment.

Sejak tahun 2017, Lay tidak bisa berpartisipasi dengan kegiatan promosi grup EXO karena disibukkan dengan kegiatan solo di Tiongkok. Selain meluncurkan album, ia juga aktif bermain film, drama, berbagai program televisi, dan menjadi brand ambassador untuk berbagai merek seperti Valentino dan Huawei Nova.

4. Chen

Chen adalah nama panggung dari Kim Jong-dae yang lahir di tengah keluarga pemusik pada 21 September 1992 di Siheung, Gyeonggi, Korea Selatan. Ia adalah anak bungsu dari dua bersaudara dan memiliki kakak laki-laki.

Terkenal dengan kemampuannya dalam menyanyikan nada-nada tinggi, Chen didaulat menjadi vokalis utama EXO. Chen juga tergabung dalam sub-unit EXO-CBX. Ia menjalani masa trainee sejak tahun 2011 sebelum akhirnya debut dengan EXO pada 8 April 2012.

Sebagai vokalis utama, Chen juga memiliki banyak proyek solo. Ia terkenal sering menyanyikan soundtrack untuk berbagai drama populer, di antaranya Descendants of The Sun, It’s Okay, That’s Love, dan Moon Lovers. Pada 1 April 2019, Chen debut sebagai penyanyi solo dengan lagu Beautiful Goodbye.

5. Chanyeol

Anggota EXO dengan badan paling tinggi, Park Chan-yeol, lahir pada 27 November 1992 di Guri, Gyeonggi, Korea Selatan. Ia memiliki seorang kakak perempuan yang berprofesi sebagai pembaca berita televisi.

Chanyeol menjadi trainee di SM Entertainment setelah memenangkan juara dua Smart Model Contest pada tahun 2008. Ia adalah anggota EXO terakhir yang diperkenalkan pada publik.

Chenyeol yang menyukai tato ini bisa memainkan berbagai alat musik. Ia juga suka menulis dan memproduksi lagu di waktu luangnya. Chanyeol ikut berpartisipasi dalam pembuatan beberapa lagu EXO dan berkolaborasi dengan berbagai artis dalam negeri maupun mancanegara.

Pada 22 Juli 2019, Chanyeol bersama anggota EXO lainnya, Sehun, debut dalam sub-unit EXO-SC.

6. Baekhyun

Selain Chen, EXO juga memiliki Byun Baek-hyun alias Baekhyun sebagai vokalis utama. Ia lahir di Bucheon, Gyeonggi, Korea Selatan pada 6 Mei 1992 dan memiliki seorang kakak laki-laki. Salah satu nama panggilan Baekhyun yang populer adalah “Bacon”.

Baekhyun adalah salah satu anggota EXO dengan masa trainee tersingkat. Perekrut dari SM menghampirinya di depan gerbang sekolah dan menawarinya untuk audisi. Semasa sekolah, Baekhyun sering bernyanyi dalam grup band dengan teman-temannya.

Ia sempat diberitakan berpacaran dengan seniornya, Taeyeon dari grup Girls’ Generation, pada tahun 2014.
Sebagai penyanyi, Baekhyun sudah berkolaborasi dengan beberapa penyanyi. Ia juga pernah bermain di drama Moon Lovers sebagai lawan main IU dan Lee Junki.

Pada 1 Juli 2018, Baekhyun meluncurkan merek fesyennya sendiri yang bernama Privé by BBH. Tahun 2019, Baekhyun debut sebagai penyanyi solo pada 10 Juli dengan lagu UN Village.

7. D.O.

Do Kyung-soo adalah nama asli dari D.O., lead vocalist dari grup EXO. Ia lahir pada 22 Mei 1991 di Goyang, Gyeonggi, Korea Selatan, merupakan anak bungsu dari dua bersaudara laki-laki.

D.O. bergabung dengan SM Entertainment pada tahun 2010 dan merahasiakan hal ini dari teman-temannya hingga dia debut pada tahun 2012. Selain kemampuan menyanyi, kemampuan aktingnya juga banyak disorot karena selalu mendapat pujian. D.O. sudah bermain di beberapa drama dan film, menjadi lawan main dari aktor-aktor senior seperti Jo Jung-suk, Kim So-hyun, dan Ha Jung-woo.

D.O. menjadi anggota kedua yang melaksanakan wajib militer setelah Xiumin. Terhitung sejak 1 Juli 2019, D.O. berstatus aktif bertugas.

8. Kai

Kai lahir dengan nama Kim Jong-in di Suncheon, Jeolla Selatan, Korea Selatan pada 14 Januari 1994. Ia adalah anak bungsu dan memiliki dua kakak perempuan. SM Entertainment merekrutnya setelah ia menjuarai Youth Best Contest pada tahun 2007.

Sebagai penari utama EXO, kemampuan menarinya sudah banyak dikagumi oleh sesama artis K-Pop. Tari balet dan jazz yang dipelajarinya sejak kecil banyak memengaruhi gerakan tariannya hingga saat ini.
Kai diberitakan pernah berpacaran dengan Krystal f(x) pada Mei 2016 dan dengan Jennie Blackpink pada Januari 2019.

Selain menari, Kai juga membintangi beberapa drama di Korea Selatan dan Jepang. Di antara anggota lainnya, Kai muncul di video teaser predebut terbanyak, yaitu 13 video.

9. Sehun

Oh Se-hun adalah anggota termuda atau maknae dari grup EXO. Ia lahir di Seoul, Korea Selatan pada 12 April 1994 dan memiliki seorang kakak laki-laki. Ketika berusia 14 tahun, Sehun bergabung dengan SM Entertainment sebagai trainee setelah melalui 4 audisi dalam kurun waktu 2 tahun.

Sehun memegang posisi lead dancer dan lead rapper dalam grup EXO. Anggota yang paling dekat dengannya adalah Suho. Pada tahun 2018, Sehun tampil sebagai tokoh utama dalam web film berjudul Dokgo Rewind. Pada 22 Juli 2019, Sehun dan Chanyeol debut sebagai satu sub unit, EXO-SC.

Meski kehilangan tiga anggota, EXO justru semakin bersinar dengan mendapatkan predikat Quintuple Million Seller karena berkali-kali album mereka terjual lebih dari satu juta kopi. Prestasi ini tentu tidak lepas dari dukungan penggemar mereka, EXO-L.

Apakah kamu bagian dari EXO-L yang juga selalu mendukung mereka?