Home makanan Perbedaan Tepung Tapioka dan Terigu yang Wajib Diketahui

Perbedaan Tepung Tapioka dan Terigu yang Wajib Diketahui

137
0

Perbedaan Tepung Tapioka dan Terigu – Bagi Anda yang masih baru dalam dunia memasak, mungkin belum banyak mengetahui berbagai jenis bahan makanan yang digunakan di dapur. Terkadang saat Anda melihatnya dengan mata, beberapa zat memiliki bentuk, tekstur, dan bau yang sama, sehingga sangat sulit untuk membedakannya.

Bahan baku utama dalam produksi roti, kue dan lainnya adalah tepung. Untuk meningkatkan hasil dan meminimalisir pengeluaaran anda bisa menggunakan Produk mesin penepung diskmill serbaguna untuk memproduksi tepung anda sendiri.

Tentu kita mengenal istilah tepung terigu, tepung tapioka, tepung roti, tepung sagu dan masih banyak lainnya.

Perbedaan jenis tepung ternyata berbeda pada tekstur dan aromanya yang khas, mungkin bagi kita yang jarang memasak sulit untuk membedakan beberapa jenis tepung.

Manfaat dari Tepung Tapioka dan Tepung Terigu

Manfaat Tepung Tapioka

1. Cocok untuk Pengidap Intoleransi Gluten

Perbedaan Tepung Tapioka dan Terigu

Keunggulan tepung tapioka yang pertama adalah sangat cocok untuk penderita intoleransi gluten. Tepung ini juga memiliki rasa yang sedikit manis dan sering digunakan untuk mengentalkan saus dan melapisi makanan yang dipanggang.

2. Kalori yang Lebih Rendah

Tepung tapioka mengandung kalori sedikit lebih sedikit daripada tepung terigu. Setengah cangkir tepung ini mengandung 170-200 kalori. Jumlah tepung terigu yang sama bisa mengandung 204 kalori.

Manfaat Tepung Terigu

1. Mengandung Zat Besi

Tepung terigu mengandung lebih banyak zat besi daripada tepung tapioka. Setengah cangkir tepung terigu mengandung 2 mg zat besi, jauh lebih banyak dari tepung tapioka yang mengandung kurang dari 1 mg untuk jumlah yang sama.

Padahal, zat besi merupakan mineral yang dapat membantu darah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Seseorang yang menderita kekurangan zat besi berpotensi untuk mengembangkan berbagai penyakit, termasuk anemia defisiensi besi.

2. Mengandung Gluten

Berbeda dengan tepung tapioka, tepung terigu banyak mengandung gluten. Zat protein ini dapat menambah tekstur pada berbagai makanan yang dipanggang, termasuk roti dan kue. Namun, tepung jenis ini tidak cocok untuk penderita alergi gluten atau penyakit celiac.

Perbedaan Tepung Terigu dan Tepung Tapioka

Berikut sudah kami rangkum beberapa penerangan dan disparitas antara tepung gandum dan tepung tapioka.

1. Bahan Utama

Salah satu perbedaan utama antara tepung terigu dan tepung tapioka adalah bahan dasarnya atau bahan utamanya. Tepung terigu sendiri terbuat dari beberapa butir gandum yang digiling kemudian dihaluskan menjadi butiran putih. Sedangkan tepung tapioka dibuat dari tepung singkong yang dikeringkan.

2. Tekstur

Perbedaan bahan dasarnya tentu saja tercermin dari struktur kedua tepung tersebut. Tepungnya sendiri cukup kasar dan menempel dengan baik di tangan Anda saat ditangani. Sebaliknya, tepung tapioka sendiri lebih licin dan agak sulit tercampur jika dicampur dengan air bersuhu normal.

3. Warna

Jika diperhatikan, perbedaan lain antara tepung terigu dan tepung tapioka adalah warnanya. Perbedaan warna kedua tepung ini sangat mencolok, tepungnya ringan karena bahan dasarnya adalah bibit gandum. Tepung tapioka berwarna putih seperti gula halus.

4. Perbedaan Jenis

Ada berbagai jenis tepung terigu berdasarkan kandungan proteinnya, misalnya tepung terigu itu sendiri memiliki kandungan protein rendah, sedang dan tinggi. Secara umum, semakin tinggi kandungan protein pada tepung terigu, semakin besar kekenyalannya. Sementara itu, hanya ada satu jenis tepung tapioka.

5. Manfaat dan Penggunaannya

Beberapa perbedaan yang mungkin Anda ketahui antara tepung terigu dan tepung tapioka adalah manfaat atau kegunaannya masing-masing. Anda mungkin tahu bahwa tepung terigu sering digunakan sebagai bahan adonan dalam pembuatan kue dan gorengan.

Saat ini tepung tapioka lebih banyak digunakan untuk membuat masakan seperti cilok, cimol dan bakso. Selain itu, tepung tapioka juga dapat digunakan sebagai pengental makanan atau sebagai pengganti tepung maizena.

 

Ada banyak perbedaan antara tepung tapioka dan tepung terigu itu sendiri yang mungkin Anda perhatikan. Terkadang beberapa perbedaan tersebut menjadi sangat terlihat saat Anda membandingkan keduanya, karena mulai saat ini Anda tidak perlu khawatir dengan perbedaan kedua tepung tersebut.

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.