Home Kesehatan Pastikan Anda Mengetahui Cara Minum Obat Herbal Yang Benar

Pastikan Anda Mengetahui Cara Minum Obat Herbal Yang Benar

121
0
cara minum obat herbal yang benar

Obat herbal ini memang sering dijadikan pilihan paling aman untuk mengatasi berbagai penyakit, menjaga kesehatan, pencegahan hingga mengobati penyakit fisik maupun mental. Walaupun terbuat dari bahan-bahan alami, mengonsumsi obat herbal juga jangan berlebihan. Anda juga harus memperhatikan cara minum obat herbal yang benar, agar tidak menyebabkan efek samping.

Yuk, simak beberapa ulasan mengenai cara minum obat herbal secara benar, agar lebih aman untuk mengonsumsinya secara berkala.

Mengenal Obat Herbal Tradisional dan Herbal Nontradisional

Obat herbal sendiri terdiri dari dua jenis yaitu obat herbal tradisional dan nontradisional. Obat herbal tradisional ini lebih sering dikenal dengan jamu yang menggunakan bahan-bahan alami yang sudah digunakan secara turun temurun.

Sedangkan obat herbal nontradisional ini berasal dari bahan-bahan yang kurang lazim di Indonesia, namun memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Mengetahui Efektivitas Obat Herbal Secara Klinis

Kebanyakan tanaman herbal ini memiliki efek antioksidan yang dapat memelihara kesehatan dang mengurangi risiko berbagai penyakit. Misalnya kanker, diabetes, demensia dan aterosklerosis. Walaupun banyak orang yang merasakan lebih baik saat mengonsumsi obat herbal, terdapat juga orang yang mengalami efek samping.

Walaupun gejala tersebut jarang, bagi Anda yang mengalami kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat rutin dari dokter, sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu. Memperhatikan cara minum obat herbal yang benar ini sangatlah penting, karena terdapat beberapa obat herbal yang tidak dapat dikonsumsi secara bersamaan dengan obat tertentu. Misalnya obat untuk diabetes, obat pengencer darah, obat penurunan tekanan darah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi efek samping yang serius dan mengurangi efek yang ditimbulkan dari interaksi beberapa obat.

Memastikan Produk Herbal Terdaftar di BPOM RI

Sebelum mengonsumsi obat herbal, pastikan produk herbal tersebut sudah terdaftar di BPOM RI, hal inilah yang akan menunjukkan obat tersebut aman dikonsumsi. Biasanya BPOM RI sudah melakukan rangkaian uji coba ilmiah yang digunakan untuk memastikan jika terdapat kandungan zat-zat bahaya.

Jika minuman herbal yang akan Anda konsumsi sudah terdaftar di BPOM RI ini akan lebih aman. Itulah cara minum obat herbal yang benar dan bisa Anda terapkan langsung. Jika anda sedang mencari berbagai obat herbal anda bisa memesan di Sinar Herba Radix, produsen obat herbal terpercaya.