Home news Olahan Dari Sabut Kelapa Yang Harus Anda Tahu

Olahan Dari Sabut Kelapa Yang Harus Anda Tahu

88
0

Olahan Dari Sabut Kelapa Yang Harus Anda Tahu- Semua orang pasti sudah tahu kelapa kan? Kami juga mengkonsumsi atau bahkan sering mengkonsumsi kelapa, air kelapa untuk diminum, daging kelapa untuk dijadikan santan atau bahan makanan, dan kami juga mengambil minyak goreng dari kelapa ini. Namun tahukah Anda, ternyata batok kelapa yang biasa dikenal dengan batok kelapa ini tidak hanya banyak digunakan saat ini untuk membuat berbagai produk dan hal-hal yang berguna dalam kehidupan kita sehari-hari. Apakah Anda ingin tahu apa yang baik untuk mereka? Simak ulasannya di bawah ini.

Olahan Dari Sabut Kelapa

olahan dari sabut kelapa

1. Serat Sabut (Cocofiber)

Serat sabut kelapa, atau dalam perdagangan dunia biasa dikenal sebagai Coco Fiber, Coir fiber, coir yarn, coir mats, dan rugs, merupakan produk hasil pengolahan sabut kelapa. Seperti yang biasa kita ketahui, coco coke hanya digunakan untuk membuat sapu, karpet, tali dan peralatan rumah tangga lainnya.

Perkembangan teknologi, sifat fisika-kimia serat dan kesadaran konsumen untuk kembali ke bahan alami telah menyebabkan penggunaan serat sabut kelapa sebagai bahan baku karpet, jok dan trim kendaraan, kasur, bantal dan industri hardboard. Serabut kelapa juga digunakan untuk memerangi erosi. Serat sabut diolah menjadi lembaran sabut, yang digunakan untuk sarung jok mobil, spring bed dan lainnya.

2. Serbuk Sabut Kelapa (Cocopeat)

Tempurung kelapa atau sabut kelapa memiliki bahan penting dengan efisiensi tinggi yaitu sabut kelapa (coconut fiber) dan serbuk fiber (cocopeat) setelah dipisahkan serabutnya. Cocopeat adalah tempurung kelapa yang diolah menjadi butiran gabus disebut juga kokopito atau inti kelapa. Cocopeat adalah media tanam yang terbuat dari serabut kelapa.

Oleh karena itu, paling mudah ditemukan di negara-negara tropis dan kepulauan, salah satunya Indonesia. Gambut kelapa tahan terhadap genangan air dan pupuk kimia serta dapat menetralkan keasaman tanah. Berkat sifat-sifat tersebut, gambut kelapa dapat digunakan sebagai media tanam yang baik untuk tanaman kebun dan tanaman rumah kaca.

3. Serbuk Kelapa Padat (Cocopeat Brick)

Cocopeat Brick adalah inti yang dipadatkan dengan ukuran yang sesuai untuk digunakan di rumah kaca, tanaman lapangan golf dalam pot, lansekap dan pengendalian erosi. Batu bata cocopeat tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga telah diuji secara ekstensif sebagai tempat berkembang biak tanaman.

4. Cocomesh

Cocomesh adalah jaring yang terbuat dari batok kelapa. Biasanya dibuat seukuran jaring bola voli atau bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan suatu negara. Penggunaan Cocomesh terbukti efektif dalam mencegah longsor atau banjir.

Cocomesh juga berfungsi sebagai tempat berkembang biak tanaman dan sangat cocok untuk renovasi bekas tambang atau pantai. Memasang ujungnya akan menyebarkan kocomesh di tanah tambang sebelumnya. Pemasangan sesuai dengan kondisi tanah. Itu bisa miring atau datar.

5. CocoPot (Pot Sabut Kelapa)

Cocopot adalah platform perbanyakan tanaman yang digunakan terutama di pertambangan untuk membersihkan bekas tambang. Pot kelapa (coconut pot) ini berfungsi sebagai media tumbuh tanaman, sangat cocok untuk tanaman pot, tanpa unsur hara bahkan rekomendasi untuk rehabilitasi bekas tambang.

Bentuk hati kelapa yang berbentuk pot memiliki nilai seni tersendiri dan ramah lingkungan karena berfungsi sebagai makanan jika sudah habis. Coco pot menyerap air, memungkinkan air menyebar lebih merata di sekitar tanaman dan memungkinkan akar tumbuh ke segala arah, memungkinkan tanaman tumbuh lebih sehat.

6. Cocosheet (Lembaran Serat Sabut)

Aplikasi Kelapa Serabut kelapa yang menurut beberapa penelitian diproduksi dalam bentuk daun atau lebih dikenal dengan nama kelapa, mampu mereduksi kebisingan dan menyerap kebisingan terutama pada frekuensi tinggi (2000 Hz). Menggunakan daun sabut dapat bersaing dengan menggunakan wol kaca. Keuntungan lain dari daun kelapa adalah lebih murah. Cocosheet yang direkomendasikan memiliki ketebalan 70 mm. Cocosheet adalah bahan pembuat teko kelapa.

7. Coconut Fiber-Cement Board (CFB)

Serat kelapa dapat diolah menjadi papan serat jenis MDF (Medium Density Board). Keunggulan Coco Fiber Board adalah kualitas dan kekuatannya tidak kalah dengan MDF komersial, tidak memerlukan perekat kimia sehingga sangat ramah lingkungan, daya serap airnya lebih rendah dari MDF komersial, dan lebih ekonomis karena dikembangkan dengan menjadi teknik sederhana.

Bagi anda yang ingin memproduksi sabut kelapa akan lebih mudah menggunakan mesin. kami menyediakan mesin sabut kelapa yang bisa membantu dan mempermudah produksi anda. Semoga bermanfaat.