Home Kesehatan Mengenal Lebih Dalam Tentang Alat Kejut Jantung (Defibrillator)

Mengenal Lebih Dalam Tentang Alat Kejut Jantung (Defibrillator)

219
0
mengenal alat kejut jantung

Sebagian dari kita mungkin mengetahui alat ini melalui siaran televisi, namun tidak mengetahui namanya. Ya, apakah yang sedang kita bicarakan ? Sebuah alat yang memiliki fungsi emergency dan memiliki peranan yang sangat vital dalam tindakan pertolongan korban serangan jantung mendadak.

Nama alat ini adalah Defibrillator atau dalam istilah yang mudah dipahami adalah Alat Kejut Jantung. Apa itu defibrillator dan bagaimana cara kerjanya kita akan simak penjelasanya dalam artikel singkat berikut ini. So, jangan beranjak dari ruang baca anda dan silahkan lanjutkan membaca.

Pengertian Defibrillator

Defibrillator dapat disebut sebagai instrument atau perangkat medis elektromedik yang digunakan untuk memberikan stimulus energi listrik dalam jumlah tertentu. Energi listrik tersebut digunakan pada jantung agar kembali berdetak sebagaimana mestinya.

Tentu saja hal ini bukan hanya isapan jempol atau hipotesis belaka. Karena alat ini sudah ditemukan berpuluh – puluh tahun yang lalu. Hingga sekarang ini, telah banyak mengalami perubahan dan penyempurnaan fitur.

Cara Kerja Defibrillator

Bagaimana cara kerja defibrillator sehingga alat ini memiliki peran yang vital bahkan disebut sebagai alat penyelamatan dari serangan jantung. Pada saat serangan jantung terjadi, kondisi pada jantung mengalami fibrilasi dimana jantung hanya bergetar acak tanpa mampu meompa darah.

Studi yang dilakukan pada sekor tikus ternyata sengatan listrik dapat membuat jantung kembali berdetak normal setelah sebelumnya mengalami fibrilasi. Dari sinilah defibrillator ditemukan dan bekerja dengan memberikan stimulus energi listrik melalui elektroda yang ditempelkan di dada pasien.

Bagian – Bagian Defibrillator

Bagian yang cukup penting dari sebuah alat Defibrillator adalah Baterai, Elektroda dan tentu saja unit itu sendiri. Sebagian orang menyangka baterai defib atau AED tidak akan mengalami kadaluarsa. Padalah iya memiliki umur simpan yang kurang lebih mencapai 4 tahun. Di sebagian merk hanya 2 tahun.

Oleh sebab itu, anda perlu memperhatikan bagian ini. Anda bisa pergi ke toko resmi yang jual baterai AED dan defibrillator lengkap seperti di situs berikut :www.jualdefibrillator.com. Pastikan anda mendapatkan sparepart yang original untuk keamanan dan ketahanan dari perangkat anda. Sekian, semoga bermanfaat !