Home showbiz Mengenal Komponen Dalam Mobil Yang Membuat AC Mobil Tidak Dingin

Mengenal Komponen Dalam Mobil Yang Membuat AC Mobil Tidak Dingin

85
0

Air Conditioner atau AC adalah salah satu komponen dalam mobil yang sangat mudah untuk rusak, entah hanya keluar hembusan angin biasa saja atau AC mobil tidak dingin. Keduanya merupakan hal yang sangat mengganggu saat dalam perjalanan, baik jarak jauh maupun dekat. Masalah yang sering dialami adalah saat jalanan macet di kota besar.

AC mobil yang tidak dingin membuat penumpang dan pengendara menjadi tidak nyaman berada di dalamnya. Masalah yang kerapkali terjadi pada AC mobil yaitu AC mobil mengeluarkan udara panas, kurang dingin, tidak dingin saat macet, hanya dingin saat pagi hari, hanya menyala saja dan berbagai masalah lainnya. Dapat disimpulkan bahwa AC dengan kondisi yang tidak optimal berarti terdapat komponen di dalamnya yang tidak bekerja dengan baik.

Beberapa Komponen Yang Membuat AC Mobil Menjadi Tidak Dingin

Salah satu komponen yang menjadi masalah besar dalam AC sehingga tidak dapat dingin dengan baik adalah kurangnya Freon. Freon memiliki fungsi yang sangat penting dalam AC yaitu untuk mendinginkan udara yang dihembuskan melalui blower AC. Namun tak perlu khawatir jika kehabisan Freon, karena dapat dilakukan isi ulang Freon mobil.

Namun sebenarnya, komponen Freon yang berada di dalam AC tidak dapat berkurang atau bahkan habis. Jika terjadi kehabisan Freon hal tersebut berarti terjadi kebocoran di sistem AC pada mobil. Maka dari itu, pastikan bahwa Freon AC mobil telah terisi dengan baik sebelum menggunakannya. Terdapat beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi AC yang tidak dingin, yaitu :

Lakukan flushing pada AC mobil

Flushing merupakan suatu cara yang dapat dilakukan untuk menyedot kompresor dalam AC seperti kotoran – kotoran atau debu di dalamnya. Selain itu, cairan Freon dapat disedot dan dilakukan isi ulang dengan menggunakan proses flushing.

Cuci AC mobil

Penyebab AC mobil tidak dingin adalah terhalang oleh angin yang terbawa suhu dingin. Keadaan angin akan terhalang oleh filter AC yang kotor. Maka dari itu, bersihkanlah AC dalam mobill dan filter AC secara rutin.

Hindari kebiasaan buruk penyebab AC tidak dingin

Kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan AC tidak dingin harus segera dihindari karena dapat menyebabkan AC menjadi semakin rusak. Kebiasaan buruk yang harus dihindari adalah lupa mematikan AC dalam mobil, merokok dalam mobil dan memakai spare part palsu.

Untuk melengkapi pencegahan AC tidak dingin pada mobil dapat dilakukan dengan service AC mobil secara rutin.