Home Tips Memahami Apa Saja Tugas Administrasi Keuangan

Memahami Apa Saja Tugas Administrasi Keuangan

264
0
Administrasi Keuangan

Memahami Tugas Administrasi Keuangan – Setiap orang tentu ingin memiliki kehidupan yang layak. Kehidupan yang layak biasanya diperoleh dengan memenuhi kebutuhan hidup yang ada. Untuk memenuhi kebutuhan hidup yang ada, ada berbagai cara yang biasanya dilakukan oleh masyarakat.

Sebagian masyarakat ada yang memilih untuk mendirikan usaha sendiri, namun tidak sedikit juga yang berusaha mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Ada berbagai posisi di dunia kerja yang banyak diinginkan oleh mayoritas masyarakat terutama kaum muda. Salah satu posisi tersebut adalah administrasi keuangan.

Administrasi keuangan merupakan salah satu jabatan yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Untuk mendapatkan posisi ini, tentu Anda harus memahami terlebih dahulu tugas administrasi keuangan yang sebenarnya.

Sama seperti posisi lainnya, posisi administrasi keuangan juga harus diisi oleh orang yang mampu bertanggung jawab terhadap setiap pekerjaan yang dimiliki. Lantas apa saja tugas dan tanggung jawab staf keuangan ? berikut ulasannya.

Membuat Perencanaan Keuangan

Tugas pertama yang harus dikuasai oleh staf keuangan adalah merencanakan anggaran keuangan perusahaan. Anggaran yang dibuat oleh staf keuangan tergantung pada ruang lingkup operasional perusahaan yang bersangkutan.

Namun beberapa perencanaan keuangan yang lumrah ada pada setiap perusahaan adalah perencanaan anggaran operasional, perencanaan uang masuk dan uang keluar, pengaturan pembayaran pinjaman, dan pengaturan pengajuan pinjaman. Jika Anda ingin menjadi seorang staf di bagian keuangan, maka sebaiknya Anda segera mempelajari tugas administrasi keuangan tersebut.

Mengurus Arus Kas

Menjadi seorang staf keuangan akan mengharuskan Anda untuk mengatur setiap perputaran uang yang ada. Segala hal yang berkaitan dengan perputaran kas di perusahaan Anda harus diatur oleh staf keuangan.

Mulai dari aktifitas dalam rekening bank, pendaftaran rekening bank baru, penutupan rekening bank, hingga pencatatan pemasukan dan pengeluaran uang dalam perusahaan menjadi tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh staf keuangan.

Memeriksa Efektifitas Anggaran

Staf keuangan bukan hanya bertugas untuk mencatat uang masuk dan uang keluar. Tugas administrasi keuangan lainnya juga berkaitan dengan efektifitas anggaran yang digunakan oleh perusahaan.

Staf keuangan juga harus memastikan setiap anggaran keuangan dalam perusahaan telah berjalan dengan efektif. Untuk memastikan hal ini, staf keuangan harus berkoordinasi dengan divisi lain untuk memastikan anggaran yang dibutuhkan beserta dengan evaluasi penggunaan anggaran tersebut. Jika anggaran yang telah ada dinilai belum sesuai, maka Anda harus segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk merubah anggaran tersebut.

Mengatur Berkas Keuangan

Tugas lainnya yang tidak kalah penting jika Anda menempati posisi staf keuangan adalah mengatur berkas yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Berkas di divisi keuangan biasanya terdiri dari berkas transaksi (faktur pembelian, invoice penjualan, invoice tagihan), surat berharga, dan menyimpan laporan keuangan.

Seluruh tugas administrasi keuangan biasanya akan diperiksa secara berkala. Hasil pekerjaan tersebut harus disimpan di tempat yang aman sehingga tidak tercecer dan mudah dicari saat dibutuhkan. Dan tentu memastikan setiap berkas yang berkaitan dengan bidang keuangan perusahaan aman merupakan tanggung jawab yang besar bagi staf keuangan.

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab staf keuangan yang harus Anda ketahui jika ingin mengisi posisi staf keuangan pada sebuah perusahaan. Tugas-tugas yang tersebut merupakan ringkasan dari tanggung jawab yang Anda miliki di perusahaan nantinya. Saat pelaksanaan, tugas-tugas tersebut hanya bisa selesai setelah Anda melakukan sekian banyak tugas kecil yang berhubungan dengan tugas tersebut.

Maka dari itu, mempelajari tugas administrasi keuangan secara rinci sejak awal merupakan persiapan yang harus Anda lakukan agar Anda mampu bertanggung jawab pada setiap tugas di masa depan. Bertanggung jawab pada tugas dalam posisi pekerjaan Anda akan membawa Anda menuju kehidupan yang layak dan bahagia.

Sumber: https://chokingman.com/tugas-administrasi-keuangan/