Home Kesehatan Cara Merawat Bed Rumah Sakit Agar Dapat Awet Digunakan

Cara Merawat Bed Rumah Sakit Agar Dapat Awet Digunakan

29
0
bed rumah sakit

Ranjang merupakan tempat yang kita gunakan untuk beristirahat dan melepas lelah. Semakin nyaman ranjang kita, semakin senang pula kita beristirahat. Begitu pula saat kita sedang sakit, tentunya kita membutuhkan ranjang atau bed rumah sakit yang nyaman karena kita akan menggunakannya hampir di setiap waktu. Selain itu, kondisi kita yang sedang sakit juga membuat kita sulit bergerak seperti biasanya. Dengan menggunakan bed rumah sakit anda dapat menaik turunkan posisi punggung, kepala, dan kaki anda dengan aman dan nyaman.

Bed rumah sakit sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu bed rumah sakit manual dan juga bed rumah sakit elektrik. Salah satu hal yang menjadi pembeda dari kedua jenis bed rumah sakit itu adalah cara mengoperasikannya. Bed rumah sakit manual dioperasikan dengan cara memutar engkelnya searah atau berlawanan arah jarum jam, sedangkan bed rumah sakit elektrik dioperasikan dengan menggunakan remote control. Supaya bed rumah sakit tersebut dapat awet dan digunakan secara terus menerus, tentunya perlu dilakukan perawatan yang tepat. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara – cara yang dapat anda lakukan dalam merawat bed rumah sakit anda agar tetap awet untuk digunakan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

 

Cara Merawat Bed Rumah Sakit

bed rumah sakit

Sama dengan merawat ranjang biasa pada umumnya, bed rumah sakit juga perlu anda rawat dengan benar. Hal ini bertujuan agar bed rumah sakit anda tidak mudah berkarat dan dapat bertahan lama. Selain itu, perawatan bed rumah sakit ini juga bertujuan untuk menghilangkan semua bakteri dan virus, sehingga pasien yang akan menggunakannya dapat terhindar dari bakteri dan virus. Untuk menjaga kebersihan dari bed ini, anda dapat melakukan langkah – langkah berikut :

  • Mengelapnya dengan menggunakan kain kering untuk membersihkan debu – debu dan kotoran yang menempel
  • Membersihkan semua bagian – bagian ranjang (termasuk rodanya) dengan menggunakan kain setengah basah
  • Menyemprotkan cairan desinfektan pada bed rumah sakit

 

Pencucian ranjang juga sangat penting untuk dilakukan, terutama jika pasien yang menggunakan bed rumah sakit sebelumnya memiliki riwayat penyakit parah atau meninggal dunia. Hal ini sangat penting dilakukan untuk membersihkan semua bakteri dan virus yang dikhawatirkan dapat menular pada pasien yang akan menggunakannya. Pencucian ranjang juga perlu dilakukan dengan benar. Berikut ini langkah – langkahnya :

  • Mempersiapkan air bersih dan menyemprotkannya pada bed rumah sakit
  • Menggunakan sabun khusus untuk membuat ranjang menjadi semakin bersih dan wangi
  • Menjemur ranjang hingga kering dan kemudian menyemprotkan cairan desinfektan secara merata

 

Material pembentuk bed rumah sakit juga berbeda dari ranjang – ranjang biasanya. Bed rumah sakit terbentuk dari besi, alumunium, dan juga plastik khusus. Maka dari itu, anda perlu berhati – hati dalam melakukan perawatan ini. Jangan meletakkan ranjang pasien yang masih basah ke tempat yang lembab, karena hal tersebut dapat membuat matras mudah berjamur dan besi ranjang mudah berkarat. Perawatan ranjang ini perlu dilakukan secara rutin setiap minggunya atau saat adanya pergantian pasien. Jadi, dalam sebulan bed rumah sakit perlu anda bersihkan sebanyak 3 sampai 4 kali. Sehingga, bukan hanya kebersihannya yang dapat terjaga, bed rumah sakit akan menjadi awet untuk digunakan.