Home Kesehatan Manfaat Tape Singkong Untuk Diabetes

Manfaat Tape Singkong Untuk Diabetes

21
0
manfaat tape singkong untuk diabetes

Penderita diabetes harus selektif dalam memilih menu makanan sehari-hari. Kurang cermat dalam memilih menu makanan bisa berakibat buruk pada kadar gula darah mereka. Nah, salah satu camilan yang ternyata baik untuk penderita diabetes adalah tape singkong. Selain rasanya yang lezat, camilan ini juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk penderita diabetes melitus.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam tape singkong

Tape singkong adalah makanan yang berbahan dasar singkong yang diolah dengan proses fermentasi menggunakan ragi. Biasanya, singkong yang digunakan untuk membuat tape adalah singkong yang manis yang berwarna putih atau kuning.

Dari proses fermentasi tersebut, akan membuat singkong memiliki rasa manis dan sedikit asam. Rasa manis dalam tape singkong ini berasal dari ragi yang memecah karbohidrat dalam singkong menjadi gula.

Tape singkong biasanya diolah menjadi berbagai jenis minuman dan camilan. Seperti kolak, es buah, pudding, serta kue.

Meskipun rasanya yang manis, penderita diabetes tidak perlu merawa khawatir jika ingin mengonsumsi tape singkong. Sebab, kandungan nutrisi di dalam tape singkong yang tergolong tinggi.

Bahkan, tape singkong diyakini sebagai makanan yang tidak kalah bergizi jika dibandingkan dengan makanan fermentasi lain seperti tempe, tahu, dan keju.

Manfaat Tape Singkong untuk Penderita Diabetes

Untuk penderita diabetes, tape singkong juga memberikan khasiat tersendiri, terutama dalam menjaga kestabilan kadar gula darah.

Lalu, apa saja kelebihan yang dimiliki oleh tape singkong untuk pengidap diabetes?

Manfaat Tape Singkong untuk Diabetes #1 Memiliki Angka Indeks Glikemik Rendah

Mungkin sebelumnya Anda sudah tahu bahwa angka indeks glikemik suatu makanan merupakan hal yang penting bagi penderita diabetes.

Indeks glikemik merupakan suatu angka yang digunakan untuk mengukur potensi naiknya gula darah dari karbohidrat suatu makanan.

Apabila suatu makanan mengandung indeks glikemik yang tinggi, kadar gula dalam darah akan lebih cepat naik setelah Anda mengonsumsi makanan tersebut.

Oleh sebab itu, pasien diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Kabar baik untuk Anda, bahwa tape singkong ini merupakan makan dengan angka indeks glikemik yang rendah.

Meskipun jumlah karbohidrat di dalamnya cukup tinggi, namun tape singkong ternyata memiliki angka indeks glikemik yang rendah. Dengan mengonsumsi tape singkong, penderita diabetes tidak perlu merasa was-was untuk memikirkan besarnya kadar gula darah yang ada di dalamnya.

Namun, Anda tetap hars memperhatikan berapa banyak tape singkong yang Anda konsumsi. Alangkah baiknya Anda tidak mengonsumsi lebih dari 50 gram sehari.

Manfaat Tape Singkong untuk Diabetes #2 Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain angka glikemik yang tergolong rendah dan aman untuk penderita diabetes, tape singkong juga diyakini bisa membentu mengurangi kadar gula darah Anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan probiotik yang terdapat dalam tape singkong. Probiotik diyakini mampu membantu menurunkan kadar gula darah Anda.

Ditambah lagi, mengonsumsi tape singkong membuat Anda bisa merasa kenyang lebih lama.

Manfaat Tape Singkong untuk Diabetes #3 Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut sebuah penelitian, kandungan di dalam makanan yang difermentasi kaya akan antioksidan yang mampu meningkatkan system kekebalan tubuh. Pengidap diabetes sangat berpotensi tinggi mengalami infeksi serta komplikasi kesehatan lainnya daripada orang yang sehat. Dengan system imun yang kuat, Anda bisa mengurangi risiko terkena berbagai macam komplikasi diabetes.

Tak hanya untuk pengidap diabetes, manfaat dari tape singkong pun juga bisa dirasakan oleh semua oang. Manfaat tersebut antara lain, memperlancar pencernaan hingga mencegah penyakit infeksi. Selain dapat dibuat tape, singkong juga bisa dibuat keripik. Menggunakan mesin keripik singkong bisa mempermudah dan mempecepat proses produksi usaha Anda.