Home news Manfaat Minum Teh Hijau

Manfaat Minum Teh Hijau

17
0

Teh hijau telah dikonsumsi di China selama 4.000 tahun karena kualitas kesehatannya yang bermanfaat. Juga dinikmati karena rasanya dan efek rangsangannya, teh hijau terutama dipuji karena manfaat obatnya yang potensial, termasuk mengurangi risiko kanker dan stroke, meningkatkan fungsi otak, dan banyak lagi lainnya. Anda dapat membuat teh menggunakan mesin teh celup.

Meskipun ratusan penelitian telah dilakukan, literatur ilmiah tidak konklusif. Banyak penelitian menunjukkan hubungan positif antara mengonsumsi teh hijau dan manfaat kesehatan potensial, tetapi bukti kuat tidak semuanya ada. Bagaimanapun, secara umum dipercaya bahwa teh hijau mungkin merupakan salah satu hal tersehat yang dapat Anda minum. Ada beberapa teh detoks yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Fungsi otak
Teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak Anda, membuat Anda lebih pintar, dan memungkinkan Anda untuk berpikir lebih cepat. Ini memberikan tubuh Anda dengan asam amino L-theanine, yang dapat mengurangi kecemasan.

Minuman ini mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi tetapi cukup untuk membuat Anda tetap terjaga dan meningkatkan fungsi otak. Orang yang sensitif terhadap kafein mungkin memilih teh hijau tanpa kafein.

Teh hijau dapat melindungi otak Anda yang menua dengan mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer atau Parkinson. Sebuah penelitian laboratorium tahun 2010 menemukan bahwa minuman tersebut dapat melindungi terhadap kematian sel saraf yang terkait dengan demensia dan penyakit Alzheimer.1 Sementara itu, penelitian lain menunjukkan hubungan antara polifenol yang terkandung dalam teh hijau dan regenerasi saraf.2

Metabolisme
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu tubuh Anda membakar lemak dan meningkatkan laju metabolisme Anda.3 Satu studi menunjukkan oksidasi lemak meningkat sebesar 17 persen.4

Kanker
Ada ratusan penelitian yang meninjau efek teh hijau pada kanker, terutama sebagai agen pencegahan. Namun, itu berpotensi digunakan sebagai obat untuk mengobati kanker juga. Banyak penelitian mendukung keyakinan bahwa katekin (antioksidan yang juga dikenal sebagai flavonoid) yang ditemukan dalam teh dapat mencegah pembentukan tumor.5 Penelitian telah dilakukan mengenai jenis kanker tertentu juga:

Kanker perut dan payudara: Teh hijau mungkin menjadi bagian dari pengobatan untuk kanker perut dan payudara. Sebuah studi 2015 menemukan bahwa senyawa dalam minuman, ketika dikombinasikan dengan obat yang disebut Herceptin (trastuzumab), dapat digunakan dalam pengobatan kanker perut dan payudara.6 Selain itu, sebuah meta-analisis studi menemukan wanita yang minum banyak dari teh memiliki risiko 22 persen lebih rendah terkena kanker payudara, kanker paling umum pada wanita
Kanker prostat: Satu penelitian menemukan bahwa pria yang minum banyak teh hijau memiliki peluang 48 persen lebih rendah untuk mengembangkan jenis kanker yang paling umum pada pria — kanker prostat.
Kanker kolorektal: Sebuah penelitian terhadap lebih dari 69.000 wanita di Cina menemukan bahwa peminum teh hijau reguler memiliki risiko 57 persen lebih rendah terkena kanker kolorektal yang dapat terbentuk di usus besar, dubur, atau usus.9
Kolesterol, Diabetes, dan Tekanan Darah
Minum teh hijau dapat membantu menurunkan kolesterol. Sebuah tinjauan dari tahun 2013 yang melibatkan 821 orang menemukan bahwa jika Anda minum teh hijau atau teh hitam setiap hari dapat membantu mengurangi kolesterol Anda dan menurunkan tekanan darah Anda karena katekin dalam teh.

Sebuah studi di Jepang menemukan bahwa mereka yang minum banyak teh hijau memiliki risiko 42 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.11 Penyakit ini, yang mempengaruhi sekitar 300 juta orang, mengakibatkan peningkatan kadar gula darah dan berkurangnya kemampuan untuk menghasilkan insulin alami. Teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah.

Gigi dan Kulit
Teh hijau berpotensi baik untuk gigi Anda. Katekin dalam teh hijau dapat membunuh bakteri dan juga dapat mengurangi kemungkinan tertular virus influenza.

Minum teh ini juga memiliki manfaat kulit. Sifat antioksidan dan anti-inflamasinya dapat membantu mengatasi kerutan dan tanda-tanda penuaan. Penelitian pada manusia menunjukkan teh hijau yang dioleskan dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.12

Umur panjang
Minum lebih banyak teh hijau bahkan dapat memperpanjang hidup Anda. Dalam sebuah penelitian di Jepang, 40.530 orang dewasa yang minum lima atau lebih cangkir teh hijau sehari secara signifikan lebih kecil kemungkinannya meninggal dalam periode 11 tahun.13 Korelasi lebih kuat pada wanita, yang 23 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal. Pria 12 persen lebih kecil kemungkinannya.

Berapa Banyak yang Harus Anda Minum?
Pendapat bervariasi tentang berapa banyak teh hijau yang harus Anda konsumsi setiap hari. Kenyataannya, satu cangkir teh hijau mungkin tidak cukup untuk mempengaruhi kesehatan Anda. Beberapa penelitian menunjukkan dua cangkir teh hijau akan menunjukkan manfaat, sementara yang lain mengatakan lima atau enam adalah yang terbaik.