Home news Pahami Berbagai Manfaat Landing Page untuk Bisnis Anda

Pahami Berbagai Manfaat Landing Page untuk Bisnis Anda

28
0
manfaat landing page untuk bisnis

Apakah Anda ingin menggunakan landing page untuk bisnis Anda guna menghasilkan lebih banyak penjualan? Tunggu dulu, pahami dulu apa itu landing page, jenis landing page dan manfaat landing page untuk bisnis.

 

Apa itu Landing Page?

apa itu landing page

Landing page adalah halaman yang dibuat khusus setelah audiens mengklik iklan digital di media sosial, Google Ads, email, atau website suatu brand yang Anda akses.

Landing page itu sendiri mengarahkan Anda untuk mengambil tindakan. Secara obyektif dalam periklanan digital, landing page dibuat dengan fokus pada peningkatan konversi terhadap penjualan.

Tak hanya penjualan, konversi pada landing page bisa berupa registrasi. Misalnya Anda, tidak ada angin, tidak ada hujan, terpapar iklan kelas online belajar Microsoft Excel di Instagram Ads.

Call to action (CTA) adalah tombol untuk mengikuti suatu kelas sehingga ketika Anda mengklik iklan, Anda langsung diarahkan untuk mengisi data diri. Untuk pendaftaran tanpa harus membuka website secara manual di browser yang memakan waktu.

 

Jenis Landing Page Digunakan dalam Dunia Bisnis

Landing page bisa dibuat bervariasi sesuai dengan tujuannya. Oleh karena itu, Shelley Walsh membagi dua jenis landing page sebagai kegiatan pemasaran digital.

1. Lead Generation Landing Page

Pernahkah Anda membuka landing page dengan undangan mengisi email untuk berlangganan buletin atau e-book? Yup, landing page ini termasuk dalam jenis ini untuk meningkatkan lead atau calon konsumen.

Data ini secara otomatis akan dimasukkan ke dalam database yang nantinya dapat digunakan oleh brand untuk pemasaran email.

Landing page penghasil prospek ini biasanya terletak di bagian atas, tengah, atau bawah halaman. Landing page jenis ini juga biasa digunakan oleh e-commerce untuk mendapatkan voucher kupon gratis, gratis ongkos kirim, dan penawaran lainnya.

2. Click-Through Landing Page

Jika Anda dapat menemukan tampilan landing page pembuatan prospek dan mengisi data yang diperlukan secara langsung, ini sangat berbeda dengan click-through landing page.

Saat Anda membuka landing page jenis ini, di halaman pertama Anda akan disuguhkan konten-konten yang menarik dan persuasif.

Konten tersebut dapat berupa desain, foto atau cuplikan video dengan copywriting menarik tentang manfaat dan keunggulan produk.

Setelah itu, Anda harus mengklik salah satu tombol CTA untuk berbelanja, mengisi formulir, berlangganan, atau mendownload e-book gratis.

 

10 Manfaat Landing Page untuk Bisnis Anda

Berikut 10 manfaat landing page untuk bisnis Anda:

1. Tingkatkan konversi

Landing page yang dirancang dengan baik dapat membantu Anda meningkatkan konversi dari pengunjung website menjadi pelanggan atau prospek.

Landing page yang efektif akan fokus pada satu tujuan dan dirancang untuk mendorong pengunjung mengambil tindakan yang diinginkan.

2. Kumpulkan petunjuk

Anda bisa menggunakan landing page untuk mengumpulkan lead, yaitu informasi kontak dari pengunjung website yang tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Selain itu, Anda dapat menggunakan landing page untuk mengumpulkan nama, alamat email, nomor telepon, atau informasi lainnya.

3. Meningkatkan penjualan

Anda dapat menggunakan landing page untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan Anda. Landing page yang efektif akan menampilkan informasi yang relevan dan persuasif untuk mendorong pengunjung membeli.

4. Meningkatkan kesadaran merek

Ingin meningkatkan brand awareness bisnis Anda? Menggunakan landing page adalah salah satu solusinya. Landing page yang efektif akan menampilkan informasi tentang perusahaan Anda, produk atau layanan Anda, dan nilai yang Anda tawarkan.

5. Membantu Meningkatkan SEO

Landing page dapat membantu Anda meningkatkan SEO situs web Anda. Orang yang mencari produk atau jasa yang Anda tawarkan akan lebih mudah menemukan landing page yang dioptimalkan untuk mesin pencari.

6. Menghasilkan Engagement yang Tinggi

Landing page yang interaktif dan menarik dapat mendorong pengunjung untuk menghabiskan waktu lebih lama di website Anda.

7. Media untuk branding

Landing page dapat digunakan untuk meningkatkan branding perusahaan Anda. Landing page yang dirancang dengan baik akan sesuai dengan citra merek perusahaan Anda.

8. Segmentasikan pengunjung

Landing page dapat digunakan untuk mengelompokkan pengunjung situs web Anda. Anda dapat menggunakan landing page untuk menargetkan pengunjung berdasarkan demografi, minat, atau perilaku mereka.

9. Alat untuk mengukur efektivitas pemasaran

Landing page dapat membantu Anda mengukur efektivitas kampanye pemasaran Anda. Anda dapat menggunakan landing page untuk melacak jumlah pengunjung, konversi, dan prospek yang dihasilkan.

10. Meningkatkan ROI

Landing page dapat membantu Anda meningkatkan ROI kampanye pemasaran Anda. Landing page yang efektif akan menghasilkan lebih banyak prospek dan penjualan, yang dapat meningkatkan keuntungan perusahaan Anda.

 

Tips Membuat Landing Page Bisnis yang Efektif

Berikut beberapa tips untuk membuat landing page yang efektif:

  1. Pastikan halaman landing Anda memiliki desain yang menarik dan responsif.
  2. Gunakan bahasa yang jelas dan persuasif pada dekskripsi maupun CTA.
  3. Buat landing page yaang fokus pada satu tujuan.
  4. Buat tombol ajakan bertindak atau Call-To-Action (CTA) yang jelas.
  5. Uji dan ubah landing page Anda secara teratur.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat landing page yang efektif dan membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

Itulah tadi manfaat landing page untuk bisnis beserta tips membuat landing page yang efektif. Namun Anda tidak perlu khawatir, pada masa sekarang banyak sekali penyedia jasa pembuatan landing page yang tentu berpengalaman. Pilih jasa pembuatan landing page profesional yang murah dan terpercaya.