Home news Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula dan Cara Membuatnya

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula dan Cara Membuatnya

18
0
manfaat kopi hitam tanpa gula

Anda ingin tahu manfaat kopi hitam tanpa gula, Jika ingin tahumanfaat kopi hitam tanpa gula, yuk simak artikel berikut ini.

Kopi hitam tanpa gula menjadi minuman favorit bagi sebagian orang. Aroma aslinya mampu menghadirkan cita rasa yang khas. Kopi hitam dibuat tanpa bahan tambahan seperti gula, susu, krim atau bahan tambahan lainnya.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Progress in Clinical and Biological Research, kopi hitam mengandung karbohidrat, lipid, senyawa nitrogen, vitamin, mineral, alkaloid, dan senyawa fenolik.

Kandungan kafein dalam kopi hitam bervariasi sesuai dengan bubuk kopi, metode pemanggangan, dan faktor lainnya. Menurut Harvard Health Publishing, satu porsi 8 ons (236,5 ml) kopi hitam mengandung rata-rata 100 miligram kafein.

Kalori dalam kopi hitam juga sangat rendah, sehingga ideal dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Padahal, kopi memiliki beberapa manfaat bagi tubuh.

Berikut Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

manfaat kopi hitam tanpa gula

1.Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula dapat Meningkatkan Daya Ingat

Penuaan dapat merusak daya ingat atau disebut pikun. Kini Anda bisa meningkatkan daya ingat dengan meminum kopi hitam tanpa gula.

2. Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula dapat Meningkatkan Kinerja Fisik

Minum kopi bisa meningkatkan performa fisik hingga 100 persen. Kopi meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik.

Itu juga memecah lemak tubuh yang tersimpan dan melepaskan sel-sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas, yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Meskipun minum kopi hitam secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara, efek ini menghilang seiring waktu.

Minum 1-2 cangkir kopi hitam tanpa gula setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk stroke. Kopi hitam juga mengurangi peradangan pada tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam mampu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen serta dapat membakar lemak di perut. Namun untuk hasil yang maksimal, jangan lupa olahraga dibarengi dengan minum kopi.

5. Membersihkan Racun

Manfaat lain dari kopi bebas gula adalah dapat mengeluarkan racun dan bakteri berbahaya dari dalam tubuh. Orang yang minum kopi tanpa gula sering buang air kecil sehingga menyebabkan racun dikeluarkan dalam bentuk urin.

6. Meningkatkan Kecerdasan

Kopi mengandung stimulan psikoaktif yang dapat bereaksi dengan tubuh dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi, suasana hati, dan fungsi kognitif. Ini akan membuat Anda lebih pintar dari waktu ke waktu.

7. Mengurangi Resiko Diabetes

Minum kopi tanpa gula dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Kopi tidak hanya bebas gula, tetapi juga membantu mengendalikan diabetes dengan meningkatkan produksi insulin.

8. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker merupakan penyakit yang mematikan dan dapat menyerang siapa saja. Untuk menghindari risiko kanker, Anda bisa minum kopi hitam tanpa gula.

Pasalnya, senyawa dalam kopi dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker, antara lain kanker hati, payudara, usus besar, dan dubur. Kopi juga dapat mengurangi peradangan, yang merupakan salah satu alasan utama mengapa tumor berkembang.

9. Mengurangi Stres

Banyak pekerjaan dapat menghilangkan stres dan depresi. Cara menenangkan pikiran dapat dengan meminum kopi hitam tanpa gula. Minum kopi saat stres bisa mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Kopi merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan norepinefrin, neurotransmiter peningkat suasana hati yang penting. Dengan sedikit stres Anda juga lebih muda.

Cara Membuat Kopi Hitam Tanpa Gula

Untuk mendapatkan kopi hitam, biji kopi harus digiling terlebih dahulu. Penggilingan dapat dilakukan dengan tangan atau dengan mesin kopi. Anda juga bisa membeli biji kopi bubuk yang banyak tersedia di pasaran.

Cara mudah minum kopi hitam tanpa gula adalah dengan menggunakan kopi instan. Cukup seduh dengan air panas dan kopi siap diminum. Ada banyak cara lain untuk minum kopi hitam tanpa gula.

Misalnya kopi saring, French press atau mesin espresso. Memahami ketiga proses ini sangat penting, karena setiap metode menghasilkan rasa, waktu seduh, dan kandungan kafein yang berbeda.

Jika Anda tidak terbiasa minum kopi hitam tanpa gula, Anda bisa mulai mengurangi jumlah susu, gula, atau krim. Mulailah dengan mencatat berapa banyak krim atau susu yang biasa Anda tambahkan.

Kemudian kurangi dosisnya dari waktu ke waktu hingga Anda terbiasa dengan rasa kopi hitam tanpa bahan tambahan. Ada banyak varian rasa kopi hitam tergantung dari biji kopinya. Menambahkan krim dan gula dapat mengurangi rasa.

Itulah berbagai manfaat kopi hitam bebas gula dan cara pembuatannya. Rasanya yang khas bisa menjadi minuman yang nikmat dan menyehatkan.