Home Kesehatan Apakah Hipertensi Pulmonal Dapat Disembuhkan?

Apakah Hipertensi Pulmonal Dapat Disembuhkan?

20
0
apa itu hipertensi pulmonal

Tidak sedikit yang bertanya tentang apa itu hipertensi pulmonal. Ini merupakan penyakit darah tinggi yang bisa menyerang paru-paru dan jantung. Meskipun ini termasuk penyakit langka, namun tetap tidak boleh diabaikan begitu saja.

Apa Itu Hipertensi Pulmonal?

Hipertensi pulmonal adalah sejenis penyakit darah tinggi yang dapat menyerang arteri paru-paru dan organ jantung. Hipertensi pulmonal menjadi salah satu penyakit yang cukup langka di dunia. Bahkan jumlah penderitanya tidak sebanyak jumlah penderita penyakit hipertensi biasa.

Meskipun demikian, kemunculan penyakit ini tetap perlu diwaspadai dengan baik. Sebab, penyakit ini diam-diam bisa menyebabkan kematian. Dimulai dari memicu terjadinya penyakit komplikasi yang juga bisa menyerang wanita hamil.

Apakah Penyakit Hipertensi Pulmonal Dapat Disembuhkan?

Hipertensi pulmonal merupakan penyakit darah tinggi yang berbahaya. Meskipun ada serangkaian pengobatan yang bisa dijalani oleh para penderitanya, akan tetapi sampai saat ini masih belum bisa ditemukan metode yang bisa menyembuhkan penyakit ini.

Jadi, serangkaian pengobatan yang dilakukan hanya dapat meredakan penyakit saja dan bukan menyembuhkan hipertensi pulmonal tersebut. Namun, apabila penyakit hipertensi pulmonal sudah bisa didiagnosis sejak dini, maka akan lebih mudah ditangani.

Bahkan, kerusakan pulmonal bisa dicegah secara permanen. Nantinya, dokter akan memberikan metode pengobatan yang disesuaikan dengan kondisi pasien terkini. Oleh sebab, itu penting sekali mendiagnosis hipertensi pulmonal sejak dini.

Apa Saja Pengobatan Hipertensi Pulmonal?

Terdapat beberapa pengobatan yang bisa dilakukan oleh para penderita hipertensi pulmonal. Akan tetapi, pengobatan ini juga perlu menyesuaikan dengan kondisi pasien. Serangkaian cara pengobatan yang sebaiknya dilakukan, diantaranya:

1. Obat-Obatan Tertentu

Salah satu metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk meredakan hipertensi pulmonal adalah dengan menggunakan obat-obatan tertentu. Beberapa contohnya ialah sildenafil atau tadalafil, antagonis kalsium, antikoagulan, diuretik, digoxin dan vasolidator.

2. Terapi Oksigen  

Pengobatan berikutnya yang dianjurkan bagi penderita hipertensi pulmonal ialah dengan melakukan terapi oksigen. Terapi ini sangat cocok dilakukan, khususnya bagi penderita hipertensi pulmonal yang mengalami sleep apnea.

3. Tindakan Operasi  

Terakhir, operasi. Apabila hipertensi pulmonal yang dialami seseorang sudah semakin parah dan sulit ditolong dengan pemberian obat-obatan tertentu maupun terapi oksigen, maka ada baiknya melakukan tindakan operasi.

Mengetahui tentang apa itu hipertensi pulmonal memang penting dilakukan. Terutama jika ingin mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan lupa untuk bergabung dengan komunitas hipertensi pulmonal untuk mendapatkan info penyakit tersebut lewat klik link ini https://www.hipertensiparu.org/.