Home news Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Kesehatan

61
0
Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Kesehatan

Manfaat air kelapa tua – Kelapa muda berwarna hijau. Seiring waktu, kelapa muda berubah warna menjadi kelapa tua. Batok kelapa tua biasanya lebih gelap. Rasa airnya juga tidak semanis kelapa muda. Daging kelapa tua bisa direbus atau dijadikan minyak kelapa.

Semakin tua kelapa, semakin tinggi kandungan lemaknya. Berdasarkan informasi dari Food and Agriculture Organization (FAO), kandungan air kelapa tua per 100 gram terdiri dari:

  • Kalori: 359 kkal.
  • Protein: 3,4 g.
  • Lemak: 34,7 mg.
  • Karbohidrat: 14 g.
  • Kalsium: 21 mg.
  • Fosfor: 2 mg.
  • Besi: 0,0 iu.
  • Vitamin A: 0,1 mg.
  • Thiamin: 2,0 mg.
  • Asam askorbat: 46,9 g.
  • Air: 46,9 g.
  • Bagian yang dapat dimakan: 53 g.

Sebelum air kelapa diminum kelapa harus dikupas dulu menggunakan mesin pengupas kelapa. Manfaat air kelapa tua bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Menurut keterangan dari Puslitbang Perkebunan, air kelapa muda mengandung 5,1% gula (glukosa, sukrosa dan fruktosa), sedangkan air kelapa tua hanya mengandung 3%. Bagi penderita diabetes, konsumsi air kelapa tua dapat menurunkan gula darah.

Air kelapa tua juga mengandung L-arginine dan potasium yang lebih tinggi dari air kelapa muda. L-arginin adalah komponen bioaktif utama yang berguna dalam memerangi diabetes. Zat ini dapat meningkatkan sekresi insulin dan menurunkan hiperglikemia.

2. Menyeimbangkan Suhu Tubuh

Manfaat air kelapa tua dapat digunakan untuk membantu menyeimbangkan suhu tubuh. Menurut buku Diet Sehat Air Kelapa, air kelapa tua memiliki energi dingin dan panas yang seimbang. Kelebihan energi panas dan kelebihan energi dingin dalam tubuh dapat dinetralkan dengan air kelapa tua ini.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat air kelapa tua dalam menurunkan tekanan darah tinggi dibahas dalam West Indian Medical Journal. Studi ini menunjukkan bahwa minum air kelapa tua dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 71%.

Selain itu, kandungan air kelapa tua yang tinggi potasium dan rendah sodium juga berperan penting dalam penyediaan air ini.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain itu, manfaat air kelapa tua baik untuk kesehatan jantung. Air kelapa tidak mengandung lemak dan kolesterol, sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol jahat serta melindungi jantung.

Minum air kelapa tua juga mengurangi risiko penyakit jantung. Air kelapa mengandung sifat antikoagulan dan anti-inflamasi. Dengan kata lain, air kelapa dapat membantu mengurangi penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kaya akan nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin dan asam folat, air kelapa tua memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang dapat membantu menjaga stamina.

6. Mencegah Batu Ginjal

Manfaat air kelapa dalam mencegah batu ginjal telah diulas dalam jurnal BioMed Research International. Air kelapa membantu melarutkan batu ginjal karena mengandung potasium yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

7. Memiliki Kandungan Antioksidan

Kandungan antioksidan pada air kelapa dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan adalah senyawa penting yang melindungi sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Anais da Academia Brasileira de Ciências menunjukkan bahwa air kelapa dapat memberikan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, yaitu atom tidak stabil yang dapat merusak sel, menyebabkan penyakit dan penuaan. Radikal bebas ini bisa berasal dari stresor lingkungan seperti racun, asap, makanan atau stres.

8. Minuman Alami Setelah Berolahraga

Elektrolit alami dalam Air Kelapa Matang menjadikannya minuman pasca-olahraga yang sempurna karena dibuat tanpa tambahan gula, pewarna, atau pemanis buatan.

Studi oleh International Horticultural Society menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu mencegah dehidrasi selama berolahraga dan menggantikan cairan yang hilang.

Peneliti juga merekomendasikan untuk menghindari air kelapa dengan tambahan gula, karena dapat menghambat proses hidrasi dan menambah kalori yang tidak perlu bagi tubuh.

Itulah beberapa khasiat air kelapa tua, Apabila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.