Home news Cocopeat Untuk Tanaman Hias: Manfaat,Metode Penanaman

Cocopeat Untuk Tanaman Hias: Manfaat,Metode Penanaman

70
0

Cocopeat Untuk Tanaman Hias: Manfaat,Metode penanaman- Saat menanam tanaman, tidak hanya tanah biasa yang digunakan sebagai media tanam. Masih banyak media tanam lainnya, Cocopea salah satunya. Cocopeat termasuk dalam media tanam hidroponik yang merupakan pupuk organik karena terbuat dari serbuk sabut kelapa. Coircoir sering dijumpai di rumah kita, sehingga tidak jarang melihat penanaman ini di setiap rumah.

Karena bubuk kelapa adalah bubuk kelapa, maka keberadaannya dapat dibuat dengan terlebih dahulu menggunakan bubuk kelapa yang ditumbuk halus. Salah satu keuntungan menggunakan cocopeat sebagai media tanam hidroponik adalah kandungan airnya yang tinggi dan mengandung unsur kimia yang cukup sedikit sehingga cocok untuk media tanam.

Kelebihan Cocopeat

cocopeat untuk tanaman hias

1. Bentuk dan Teksturnya Menyerupai Tanah

Keunggulan media tanam cocopeat yang pertama adalah bentuk dan komposisinya mirip dengan tanah. Sehingga tanaman yang menggunakan media tanam ini beradaptasi dengan baik saat ditanam di tanah. Namun berbeda dengan tanah, media tanam ayam ini tidak mengandung unsur hara. Oleh karena itu, tanaman membutuhkan nutrisi tambahan untuk tumbuh subur jika menggunakan media tanam Cocopeat.

2. Memiliki Daya Serap Air Yang Tinggi

Ini adalah keunggulan lain dari media tanam Cocopeat. Cocopeat memiliki kapasitas air yang cukup besar dan dapat menampung air lebih banyak dibandingkan tanah. Manfaat nampan tanaman gambut tunggal baik untuk tanaman air. Dengan substrat tanaman Cocopeat, kandungan air tanaman terjaga dengan baik, sehingga akar tanaman tidak cepat kering karena terhidrasi dengan baik.

3. Tahan Terhadap Hama

Salah satu keunggulan budidaya kelapa gambut adalah ketahanannya terhadap hama. Beberapa hama tanah tidak suka berada di pohon kelapa. Dengan demikian, tanaman kelapa terlindungi dari hama.

4. Ramah Lingkungan

Keunggulan media tanam cocopeat selanjutnya adalah ramah lingkungan. Karena planter terbuat dari bahan organik dan mudah terurai di dalam tanah saat tidak digunakan. Selain itu, bahan tanaman cocopeat dapat didaur ulang menjadi bahan tanaman baru setelah proses tertentu.

Kekurangan Cocopeat

1. Tidak Mengandung Nutrisi

Kerugian pertama dari cocopeat adalah tidak mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Jadi ketika anda menggunakan kelapa sebagai media tanam, anda perlu memberikan nutrisi lain pada tanaman agar tanaman dapat tumbuh subur.

2. Tidak Cocok Untuk Akar Tanaman Yang Tidak Menyukai Kelembapan

Selain tidak mengandung unsur hara, kekurangan cocopeat lainnya adalah tidak cocok untuk menanam tanaman yang akarnya tidak menyukai kelembapan. Karena Cocopea ini bisa tahan air lebih lama.

3. Tidak Steril Dari Patogen

Kerugian lain dari cocopeat adalah tidak steril terhadap patogen. Jadi jika ingin digunakan sebagai media tanam, harus dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu agar lebih steril.

Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman Hias

Saat menanam tanaman, tidak hanya tanah biasa yang digunakan sebagai media tanam. Masih banyak media tanam lainnya, Cocopea salah satunya. Cocopeat termasuk dalam media tanam hidroponik yang merupakan pupuk organik karena terbuat dari serbuk sabut kelapa. Coircoir sering dijumpai di rumah kita, sehingga tidak jarang melihat penanaman ini di setiap rumah.

Karena bubuk kelapa adalah bubuk kelapa, maka keberadaannya dapat dibuat dengan terlebih dahulu menggunakan bubuk kelapa yang ditumbuk halus. Salah satu keuntungan menggunakan cocopeat sebagai media tanam hidroponik adalah kandungan airnya yang tinggi dan mengandung unsur kimia yang cukup sedikit sehingga cocok untuk media tanam.

Menanam Anggrek dengan Cocopeat:

  • Siapkan wadah, media dan bibit tanaman.
  • Taruh/tempatkan batu bara di dasar wadah.
  • Bungkus kelapa di sekitar akar bibit, kemudian masukkan bibit ke dalam wadah.
  • Tempatkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari
  • Sirami tanaman Anggrek Bugga sebanyak 3 kali selama minimal 1 minggu

Metode Penanaman Anggrek

Logikanya, perawatan menanam anggrek dalam kepompong tidak jauh berbeda dengan menanam anggrek dalam wadah. Mungkin banyak dari kita yang sudah mengetahui cara menanam bunga anggrek, ternyata kelapa merupakan bahan baku yang memiliki nilai ekonomi yang besar. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki potensi budidaya kelapa yang besar, namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

Salah satu limbah sabut yang dihasilkan adalah sabut. Namun sayangnya pemanfaatan sabut kelapa di masyarakat masih belum optimal karena pengolahannya masih banyak dilakukan sebagai sabut kering untuk dijadikan beberapa produk seperti sapu, cacing atau kerajinan tangan seperti yang sering kita lihat di pasaran.

Bagi anda yang ingin membuat cocopeat anda bisa menggunakan mesin pres cocopeat yang bisa anda temukan di pabrik terpercaya untuk membantu proses pembuatannya. Semoga bermanfaat.