Home bisnis Khasiat Porang | Tanaman Ekspor yang Menyehatkan

Khasiat Porang | Tanaman Ekspor yang Menyehatkan

43
0
Khasiat Porang | Tanaman Ekspor yang Menyehatkan

Khasiat Porang | Tanaman Ekspor yang Menyehatkan – Tanaman porang memiliki nama latin yaitu Amorphophallus oncophyllus muelleri Blume. Tanaman ini termasuk ke dalam golongan tanaman umbi-umbian yang biasanya tumbuh liar di lahan hutan.

Saat ini tanaman porang menjadi salah satu komoditas pertanian yang mulai banyak dibudidayakan oleh para petani. Umbi porang memiliki segudang manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk dijadikan bahan baku industri.

Tak heran umbi porang memiliki nilai jual yang sangat tinggi di pasar ekspor. Permintaan umbi porang saat ini banyak dari negara Jepang, China, Taiwan, Vietnam, Australia, dan Korea Selatan.

Umbi porang kaya akan kandungan zat glukomannan yaitu serat yang mudah larut dalam air, sehingga mudah untuk dicerna. Dengan kandungan ini umbi porang menjadi salah satu bahan makanan alternatif yang menyehatkan karena rendah kalori. Mari simak khasiat porang sebagai salah satu tanaman ekspor yang menyehatkan berikut ini!

1. Menurunkan Berat Badan

Umbi porang sangat cocok dikonsumsi saat menjalani program diet karena khasiatnya yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan zat glucomannan dalam umbi porang sangat berperan untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama serta memperlambat pengosongan perut. Hal ini membuat porsi makan Anda menjadi lebih sedikit dari biasanya.

Dalam sebuah penelitian yang diujikan terhadap 30 pasien obesitas menunjukkan bahwa diet rendah kalori 1.200 kkal selama 60 hari ditambah konsumsi suplemen  glukomanan ternyata cukup efektif dalam penurunan berat badan.

Setelah empat bulan, berat badan berlebih dan tingkat trigliserida yang tinggi pada penderita obesitas bisa menurun secara signifikan. Meski begitu, kandungan zat besi, kalsium, tembaga, dan sengnya tidak berubah.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain berkhasiat untuk menurunkan berat badan, kandungan dalam umbi porang juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Dalam sebuah studi penelitian yang melibatkan 22 penderita diabeter tipe 2, menunjkkkan bahwa pemberian suplemen glukomannan sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Setiap penderita diabetes ini diberikan dosis sebanyak 3,6 gram suplemen glukomanan setiap harinya. Dengan adanya penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah ini tentunya turut menurunkan risiko penyakit pada pembuluh darah seperti serangan jantung maupun stroke.

Selain itu, studi penelitian ini diujikan juga pada tikus lab dengan memberikan serat tepung porang. Pada penelitian ini juga menunjukkan adanya penurunan kadar kolesterol dalam darah.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dalam studi penelian menunjukkan bahwa selian bisa menurunkan kadar kolesterol, kandungan glukomannan juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Tentu khasiat umbi porang yang satu ini dapat menurunkan risiko penyakit diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, serta resistensi insulin.

Zat glukomanan mampu meningkatkan tingkat penyerapan nutrisi dalam usus kecil sehingga sensitivitas insulin pun ikut meningkat. Selain itu, penelitian lain juga membuktikan bahwa suplemen kaya akan serat seperti umbi porang bisa mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol.

Kandungan glikemik dalam darah pun menurun secara bertahap setelah rutin mengonsumsi glukomanan. Oleh karena itu, kadar gula darah menjadi lebih bisa terkontrol.

4. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian yang diujikan terhadap hewan menunjukkan bahwa khasiat glukomannan yang berasal dari tepung konyaku mampu mencegah penyakit kanker paru-paru.

Khasiat porang satu ini tak hanya bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan zat pra kanker, namun juga mencegah risiko terkena kanker. Selain itu, telah dibuktikan bahwa glukomanan juga berkhasiat dalam penurunan tingkat keganasan pada tumor dan kanker.

5. Mengatasi Sembelit

Glukomanan yang terkandung dalam umbi porang ternyata juga dapat membantu mengatasi masalah sembelit kronis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien sembelit yang diberi glukomanan selama 10 hari, frekuensi buang air besarnya bisa kembali normal.

Demikian tadi beberapa khasiat porang untuk kesehatan. Selain menjadi tanaman ekspor yang memiliki nial jual yang tinggi di pasar Internasional, umbi porang juga menyehatkan. Bagi Anda yang memiliki keluhan atau penyakit seperti di atas, maka tak ada salahnya Anda mencoba mengonsumsi porang.

Dapatkan informasi dan update menarik lainnya seputar tanaman porang dengan mengunjungi halaman utama website kami.

Baca Juga :