Home news Jenis Sapi Qurban yang Terkenal di Pasaran Indonesia

Jenis Sapi Qurban yang Terkenal di Pasaran Indonesia

66
0
Jenis Sapi Qurban yang Terkenal di Pasaran Indonesia

Jenis Sapi Qurban yang Terkenal di Pasaran Indonesia menjadi referensi menarik sebelum Anda memutuskan untuk membeli sapi kurban Idul Adha atau Anda berniat untuk mengelolanya di bidang peternakan. Beberapa pedagang Indonesia masih menawarkan berbagai jenis sapi terkenal, salah satunya adalah sapi Limousin.

Harga sapi Limousin saat ini bisa mencapai Rp 100 juta per ekor. Karena kualitas dagingnya yang bagus, sapi jenis ini juga sering dijadikan sebagai hewan kurban.

Jenis Hewan Qurban Termahal dan Terkanal

Jenis Sapi Qurban yang Terkenal di Pasaran Indonesia

 

Selain itu, mudah memelihara dan merawat beberapa ekor sapi. Pembeli harus selalu mengecek kesehatan sapinya sebelum membeli, karena terkadang harga yang mahal tidak menentukan kesehatan ternaknya. Selain Presiden, banyak artis yang kerap menyumbangkan hewan kurban seberat itu.

1. Sapi Simmental

Simmental adalah sapi potong yang berasal dan dibesarkan di Simmental di Swiss. Pertumbuhan ototnya bagus dan lemak di bawah kulitnya rendah, sehingga sangat baik sebagai salah satu bahan baku yang memungkinkan untuk pembelian daging, termasuk untuk sesaji. Berat rata-rata Simmental adalah sekitar 800 kilogram. Ada juga beberapa jenis sapi ini yang beratnya mencapai 1,1 ton bahkan lebih. Bahkan, sapi yang tingginya mencapai lebih dari 1,5 meter ini bisa dijual hingga Rp 100 juta.

2. Sapi Brahman

Jenis sapi lainnya adalah sapi Brahman yang beratnya bisa mencapai 300-350 kg dengan harga Rp 25 juta dan ada juga yang 580 kg dengan harga Rp 37 juta. Sapi Brahman merupakan salah satu jenis sapi yang berasal dari India dan dikembangkan di Amerika Serikat.

Sapi dengan ciri khas punuk besar di moncongnya ini hadir dalam beberapa warna. Seekor sapi Masra Brahman memiliki berat hingga 1,1 ton.

3. Sapi Madura

Lalu ada sapi Madura yang bobotnya bisa mencapai 500 kg. Sapi lokal juga sering diburu untuk diambil dagingnya yang tebal, tulangnya yang kecil, dan kandungan lemaknya yang relatif rendah. Harga sapi ini bisa mencapai Rp 22 juta per ekor.

Kelebihan sapi Madura lainnya adalah dapat hidup dalam kondisi pakan yang terbatas, tahan terhadap iklim panas dan kualitas dagingnya bagus.

4. Sapi Ongole

Sapi ini  merupakan sapi yang berasal dari India dan masih tergolong sapi zebu atau sapi helm. Ciri fisik yang terlihat dari sapi ini adalah warnanya yang putih dan lehernya yang mengkilat.

Dibandingkan dengan sapi Madura, tubuhnya jauh lebih besar. Tingginya bisa mencapai 1,6 meter. Berat rata-ratanya adalah 850 kilogram. Harga jual sapi ini mulai dari Rp 17-60 juta.

5. Sapi Bali

Lalu ada sapi Bali dengan ciri khas yang unik. Tumbuh keras dan tidak terlihat. Warna tubuh sapi itu bata. Bahkan jika polisi itu berkulit hitam. Warna dagingnya merah segar dan kandungan lemaknya rendah.

Bobot sapi Bali juga bervariasi, untuk sapi Bali beratnya bisa mencapai 500 kg. Lembu Bali cocok dan direkomendasikan bagi yang ingin berkorban tapi tidak sesuai budget. Mulai dari 17 juta rupiah hingga 27 juta rupiah kita sudah bisa membawa pulang seekor sapi asli Bali dengan berat sekitar 300 kg.

6. Sapi limosin

Terakhir adalah sapi limosin, sapi potong berotot yang berasal dari daerah Limoges dan Marche di Perancis. Sapi limosin memiliki tubuh yang besar, berbulu halus, dan tubuh yang kuat dan bertulang. Berat rata-rata sapi Limousin betina dewasa sekitar 650 kg, dan jantan dewasa mencapai satu ton.

Jenis Sapi Qurban yang Terkenal di Pasaran Indonesia. Harga sapi limosin di Indonesia dijual dengan harga yang cukup bervariasi. Dari 350 kg beratnya masing-masing Rp 22 juta per satu dengan perkiraan harga Rp 100 juta.

Bila mana anda ingin berternak hewan sapi gunakan Mesin Pencacah Rumput Multifungsi alat sangat di rekomendasikan karna dengan ini pengolahan pakan sapi lebih mudah dan menghmat tempat mesin ini bisa di dapatkan di Rumah Mesin.